MODUL PEMBELAJARAN
BLOK ISIKAN NAMA BLOK
TIM
PENYUSUN
Isikan nama coordinator Blok dan Kontributor Blok
PROGRAM
STUDI XXXXXXXXXXXXXXXXX
FAKULTAS KEDOKTERAN DAN
ILMU KESEHATAN
UIN MAULANA MALIK
IBRAHIM XXXXXXXXXXXXXXXXX
2018 (isi tahun yang sesuai
KATA PENGANTAR
Assalammualaikum Wr. Wb
Puji syukur kita panjatkan
kehadirat Allah SWT, karena hanya dengan ridha-Nya kita selalu mendapatkan
kebahagiaan, kedamaian, serta ketentraman yang senantiasa menyertai kita.
Shalawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad, beserta
sahabat dan keluarganya.
Selamat datang di Program Studi XXXXXXXXXXXXXXXXX
Universitas XXXXXXXXXXXXXXXXX. Prodi XXXXXXXXXXXXXXXXX UIN XXXXXXXXXXXXXXXXX
memiliki visi menjadi Program Studi XXXXXXXXXXXXXXXXX yang terkemuka untuk
menghasilkan dokter yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak,
keluasan ilmu dan kematangan profesional serta memiliki keunggulan dalam
mengelola kesehatan haji.
Kurikulum serta metode pembelajaran
yang digunakan dan dikembangkan PSPD XXXXXXXXXXXXXXXXX telah sesuai dengan
Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Standar Kompetensi Dokter
Indonesia (SKDI) 2012. Modul pembelajaran merupakan salah satu instrumen ajar
yang diciptakan sebagai panduan mahasiswa dalam menjalankan kegiatan akademik
dengan sistem blok di PSPD XXXXXXXXXXXXXXXXX. Berbagai saran dan masukan sangat
diharapkan untuk dapat membantu pengembangan modul ini, agar nantinya dapat
lebih bermanfaat dengan kualitas yang lebih baik.
Wassalammualaikum Warrohmatullahi
Wabarokatuh
XXXXXXXXXXXXXXXXX, 2 Juli 2018
Tim Penyusun
VISI, MISI DAN TUJUAN
PROGRAM STUDI XXXXXXXXXXXXXXXXX
FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA
MALIK IBRAHIM XXXXXXXXXXXXXXXXX
Visi
Pada Tahun 2030, menjadi
Program Studi terkemuka dalam menghasilkan Sarjana Kedokteran yang memiliki
kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan
profesional, serta unggul dalam kedokteran wisata khususnya haji.
Misi
1.
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang
bermutu.
2.
Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat di
bidang kedokteran yang hasilnya bermanfaat dan memberikan solusi dalam
memecahkan masalah kesehatan di masyarakat.
3.
Menyelenggarakan tatakelola Program Studi XXXXXXXXXXXXXXXXX
yang bermutu.
Tujuan
1.
Dihasilkannya Sarjana Kedokteran yang memiliki
kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional
serta unggul dalam kedokteran wisata khususnya haji.
2.
Terwujudnya luaran hasil penelitian di bidang IPTEK
Kedokteran yang bermanfaat dan memberikan solusi dalam memecahkan masalah
kesehatan di masyarakat.
3.
Terwujudnya diseminasi IPTEK Kedokteran sebagai
bentuk pengabdian yang menunjang pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.
4.
Terwujudnya Program Studi XXXXXXXXXXXXXXXXX yang
terakreditasi Nasional.
PEMETAAN KURIKULUM
TAHAP AKADEMIK (SARJANA KEDOKTERAN)
SEM. |
MINGGU |
SKS |
|||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
17 |
18 |
||
I |
Budaya
Ilmiah dan Konsep Dokter Muslim (4
SKS) |
Biomedik
I (4
SKS) |
Biomedik
II (6
SKS) |
R E M I D I |
O S C E |
18 |
|||||||||||||
CSL I
(2 SKS); Bahasa Arab (2 SKS), Course PPBA 1 |
|||||||||||||||||||
II |
Etika
Kedokteran dan Humaniora (4
SKS) |
Mekanisme
Dasar Penyakit (4
SKS) |
Hematoimunologi (6
SKS) |
20 |
|||||||||||||||
CSL II
(2 SKS); Bahasa Arab (2 SKS); Pancasila (1 SKS);
Kewarganegaraan (1 SKS),
Course PPBA 2 |
|||||||||||||||||||
III |
Endokrin,
Metabolisme dan Nutrisi (5
SKS) |
MuskuloskeletaL (5
SKS) |
Neuropsikiatri (6
SKS) |
22 |
|||||||||||||||
CSL
III (3 SKS); Bahasa Inggris (2 SKS); Bahasa
Indonesia
I (1 SKS) |
|||||||||||||||||||
IV |
Kardiovaskuler (5
SKS) |
Respirasi (5
SKS) |
Digestif (6
SKS) |
20 |
|||||||||||||||
CSL IV
(3 SKS); Filsafat Ilmu (1 SKS), Course PPBI
1 |
|||||||||||||||||||
V |
Integumen (5
SKS) |
Urogenetalia (5
SKS) |
Reproduksi (6
SKS) |
20 |
|||||||||||||||
CSL V
(3 SKS); Studi Al-Quran dan Al-Hadits (1 SKS) |
|||||||||||||||||||
VI |
Penginderaan (5
SKS) |
Pediatri (4
SKS) |
Traumatologi
dan Kegawatdaruratan Medik (6
SKS) |
21 |
|||||||||||||||
CSL VI
(3 SKS); Teosofi (1 SKS); Metodologi Penelitian
Kesehatan (2 SKS) |
|||||||||||||||||||
VII |
Geriatri (4
SKS) |
Elektif
(2 SKS) 1. TABM 2. Kedokteran Komplementer 3. Manajemen
Pelayanan Kesehatan |
Kedokteran
Komunitas (6
SKS) |
19 |
|||||||||||||||
CSL
VII (3 SKS); Sejarah Peradaban Islam (1 SKS);
SKRIPSI (3 SKS), Course PPBI 2 |
|||||||||||||||||||
VIII |
Kedokteran
Wisata (5
SKS) |
Kedokteran
Haji (5
SKS) |
|
18 |
|||||||||||||||
CSL VIII
(2 SKS); Studi
Fiqh
(1 SKS), SKRIPSI (3 SKS), PKLI
(2 SKS) |
|||||||||||||||||||
TOTAL SKS |
158 |
DAFTAR ISI
Halaman
Judul .............................................................................................................................................................. i
Kata Pengantar ............................................................................................................................................................. ii
Visi Misi dan Tujuan Penyelenggaraan
Pendidikan
........................................................................................... iii
Pemetaan
Kurikulum Pendidikan Tahap Akademik
....................................................iv
Daftar
Isi ......................................................................................................................................................................... v
1.
PENDAHULUAN
.............................................................................................................................................. 1
1.1.
DESKRIPSI
BLOK ............................................................................................................................................ 1
1.2.
INTEGRASI
VERTIKAL ................................................................................................................................. 1
1.3.
INTEGRASI
HORIZONTAL ……………………………………………………………………………………
2.
GARIS-GARIS
BESAR RANCANGAN PEMBELAJARAN BLOK ........................................................ 2
2.1.
TUJUAN
PEMBELAJARAN BLOK .............................................................................................................. 2
2.2.
RANCANGAN
PEMBELAJARAN BLOK .................................................................................................... 3
2.3.
POHON TOPIK .................................................................................................................................................. 10
3.
METODE
KEGIATAN PEMBELAJARAN .................................................................................................. 11
3.1.
TUTORIAL
DAN SEVEN JUMPS .................................................................................................................. 11
3.2.
PRAKTIKUM ..................................................................................................................................................... 13
3.3.
KULIAH
PENUNJANG BLOK ....................................................................................................................... 14
3.4.
PLENO ................................................................................................................................................................. 14
3.5.
SEMINAR
ILMIAH ......................................................................................................................................... 15
4.
ATURAN
BLOK ................................................................................................................................................ 16
4.1.
TINGKAT
KEHADIRAN ................................................................................................................................. 16
4.2.
TINGKAT
DISIPLIN WAKTU ....................................................................................................................... 16
5.
PENILAIAN ....................................................................................................................................................... 17
5.1.
MACAM-MACAM
PENILAIAN ................................................................................................................... 17
5.2.
PENILAIAN
FORMATIF ................................................................................................................................ 17
5.3.
PENILAIAN
SUMATIF ................................................................................................................................... 17
5.4.
BOBOT
NILAI AKHIR BLOK ....................................................................................................................... 24
5.5.
BLUE PRINT SOAL UAB
.........................................................
6.
DESAIN
PEMBELAJARAN BLOK ............................................................................................................... 25
6.1.
MINGGU 1 - TEMA 1: “isikan tema mingguan yang telah dirumuskan” ............................................ 25
6.1.1.
TUJUAN
PEMBELAJARAN TEMA 1 ......................................................................................................... 25
6.1.2.
TUTORIAL
SKENARIO 1 “jika ada”.......................................................................................................... 25
6.1.3.
KULIAH
PENUNJANG BLOK ...................................................................................................................... 26
6.1.4.
PRAKTIKUM .................................................................................................................................................... 26
6.1.5.
TUGAS
TERSTRUKTUR................................................................................................................................
6.2.
MINGGU 2 - TEMA 2 : “isikan
tema mingguan yang telah dirumuskan”............................................ 27
6.2.1.
TUJUAN
PEMBELAJARAN TEMA 2 .......................................................................................................... 27
6.2.2.
TUTORIAL
SKENARIO 2 ............................................................................................................................... 27
6.2.3.
KULIAH
PENUNJANG BLOK ....................................................................................................................... 28
6.2.4.
PRAKTIKUM ..................................................................................................................................................... 28
6.3.
MINGGU 3 - TEMA 3 : “isikan
tema mingguan yang telah dirumuskan”............................................ 29
6.3.1.
TUJUAN
PEMBELAJARAN TEMA 3 .......................................................................................................... 29
6.3.2.
TUTORIAL
SKENARIO 3................................................................................................................................ 29
6.3.3.
KULIAH
PENUNJANG BLOK ....................................................................................................................... 30
6.3.4.
PRAKTIKUM .....................................................................................................................................................
6.3.5.
TUGAS
TERSTRUKTUR ................................................................................................................................
6.4.
MINGGU 4 - TEMA 4 : “isikan
tema mingguan yang telah dirumuskan”............................................ 31
6.4.1.
TUJUAN
PEMBELAJARAN TEMA 4 .......................................................................................................... 31
6.4.2.
TUTORIAL
SKENARIO 4................................................................................................................................ 31
6.4.3.
KULIAH
PENUNJANG BLOK ....................................................................................................................... 32
6.4.4.
PRAKTIKUM ..................................................................................................................................................... 32
7.
JADWAL BLOK ................................................................................................................................................ 34
7.1
JADWAL TUTOR...................................................................................................................................................
7.2
JADWAL KEGIATAN BLOK...............................................................................................................................
8.
REFERENSI ....................................................................................................................................................... 36
PENDAHULUAN
1.1 Deskripsi
Blok (sesuaikan dengan Blue Print/RPS)
Blok
Endokrin, metabolisme dan nutrisi (EMN) merupakan
blok ke-7 yang memiliki bobot sebesar 5 sks. Blok Endokrin,
metabolisme dan nutrisi (EMN) akan dijalankan selama 5 minggu dengan perincian 4
minggu fase pembelajaran aktif serta 1 minggu fase ujian. Dalam blok ini,
Mahasiswa PSPD UIN Malik XXXXXXXXXXXXXXXXX akan mempelajari prinsip-prinsip
ilmu klinik penyakit dalam di bidang endokrinologi, metabolism dan nutrisi
secara integratif, holistik dan komprehensif sebagai dasar dalam mengelola
masalah kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan primer.
1.2 Integrasi vertical (sesuaikan dengan Blue Print/RPS)
Dalam proses pembelajaran
Blok Endokrin, metabolisme dan nutrisi (EMN) penting untuk kita merecall dan
memahami kembali materi-materi ilmu kedokteran dasar dalam blok:
-
Biomedik 1 utamanya pada topic metabolism baik karbohidrat, protein
maupun lipid; jenis sel dan fisiologi system endokrin
-
Mekanisme Dasar Penyakit topic klasifikasi tidak penyakit menular, stress
oksidatif dan inflamasi.
Penguasaan materi Blok
Endokrin, metabolisme dan nutrisi (EMN) menjadi dasar dalam pembelajaran dalam
Blok:
-
Reproduksi
-
Kedokteran wisata,
-
kedokteran Haji,
-
Geriatri
-
Pediatri
-
IKM
Penguasaan ilmu klinis
penyakit endokrin, metabolisme dan nutrisi dalam blok ini menggunakan prinsip
integrasi vertikal dimana materi fisiologi, biokimia, patologi anatomi,
patologi klinik akan dipelajari secara komprehensif dengan ilmu-ilmu klinis.
1.3 Integrasi horizontal (sesuaikan dengan Blue Print/RPS)
Blok Endokrin, Metabolisme dan Nutrisi (EMN) merupakan
integrasi pembelajaran bidang Ilmu Penyakit Dalam, Psikiatri, Gizi Klinik, IKM
dan Ilmu Kesehatan Anak.
GARIS-GARIS
BESAR RANCANGAN PEMBELAJARAN BLOK
2.1 Tujuan
Pembelajaran Blok
Sesuai
dengan PERMENRISTEKDIKTI No. 44 tahun 2015 tentang standar nasional perguruan
tinggi, perguruan tinggi wajib menjadikan standar nasional pendidikan tinggi
(SNPT) sebagai dasar penyusunan kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran pada
program studi. Standar nasional pendidikan mewajibkan program studi untuk
menentukan standar kompetensi lulusan yang dinyatakan dalam rumusan tujuan
pembelajaran. Selanjutnya, tujuan pembelajaran digunakan sebagai acuan dalam
penyusunan kegiatan pembelajaran.
Standar
kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan
lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan
dalam rumusan capaian pembelajaran. Mengacu pada Peraturan Konsil Kedokteran
Indonesia No. 10 tahun 2012, kurikulum program studi XXXXXXXXXXXXXXXXX harus
terdiri atas muatan yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Dokter
Indonesia (SKDI). Sehingga dapat dikatakan SKDI adalah kualifikasi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan lulusan sarjana kedokteran dan profesi dokter
yang diamanatkan pada SNPT. Pencapaian SKDI diwujudkan menggunakan kurikulum
berbasis kompetensi menggunakan model pendekatan tematik Blok. Penamaan Blok
PSPD UIN Maulana Malik Ibrahim XXXXXXXXXXXXXXXXX sesuai dengan tema yang
diusung, dimana dalam pelaksanaannya kegiatan pembelajaran akan dikelompokkan
dalam sub-subtema yang sesuai.
Tabel 1. Pemetaan Kompetensi
Inti Dokter dan
Perumusan Tujuan
Pembelajaran Blok
Area kompetensi dan Kompetensi inti |
Tujuan Pembelajaran
Blok (sesuaikan dengan Blue Print/RPS) |
Area
1 Profesionalitas yang luhur Mampu
melaksanakan praktik kedokteran
yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhanan, moral luhur, etika,
disiplin, hukum,dan sosial budaya Area 2 Mawas
Diri dan Pengembangan diri. Mampu melakukan praktik kedokteran dengan
menyadari keterbatasan,
mengatasi masalah personal,
mengembangkan diri, mengikuti penyegaran
dan peningkatan
pengetahuan secara berkesinambungan
serta mengembangkan pengetahuan demi keselamatan pasien Area 4 Pengelolaan
Informasi Mampu
memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan dalam
praktik kedokteran Area 5 Landasan
Ilmiah Ilmu Kedokteran Mampu
menyelesaikan masalah kesehatan
berdasarkan landasan ilmiah
ilmu kedokteran dan kesehatan
yang mutakhir untuk mendapat
hasil yang optimum. |
1. Mahasiswa
mampu menjelaskan mengenai produksi, sekresi, mekanisme kerja, efek dan
pengaturan hormone sebagai dasar dalam memahami kasus-kasus di bidang endokrin, metabolism, dan nutrisi 2. Mahasiswa
mampu menjelaskan epidemiologi, etiologi, faktor resiko, diagnosis banding,
kriteria diagnosis yang meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan
penunjang dan tatalaksana, penyakit sistem endokrin, metabolisme dan nutrisi
(EMN) sesuai level SKDI. 3. Mahasiswa
memahami ayat Al-Quran dan Hadits yang
berkaitan dengan sistem endokrin, metabolisme dan nutrisi dan menjadikannya sebagai dasar dalam
menambah keimanan dan melakukan
pelayananan kesehatan. |
2.2 Rancangan
Pembelajaran Blok
Penyusunan rancangan pembelajaran
Blok PSPD UIN menggunakan langkah-langkah sesuai panduan Kerangka Kualifikasi
Nasional Indonesia. Tujuan Pembelajaran Blok
dipecah dalam tujuan pembelajaran tema mingguan yang kemudian akan
dikerucutkan menjadi tujuan pembelajaran
kuliah, skenario, praktikum dan seminar ilmiah. Penentuan bahan kajian,
kedalaman, keluasan materi keilmuan dikonsep secara integratif dalam metode
kegiatan pembelajaran yang variatif untuk memastikan pencapaian tujuan
pembelajaran dan disajikan dalam matriks di bawah ini:
Tabel 2. Matriks
Pembelajaran Blok Endokrin, Metabolisme, dan Nutrisi
TEMA MINGGU |
TUJUAN PEMBELAJARAN (sesuaikan dengan Blue Print/RPS) |
DAFTAR PENYAKIT (LEVEL
SKDI) |
DAFTAR MASALAH |
METODE KEGIATAN PEMBELAJARAN |
|||
TUTORIAL |
KULIAH |
PRAKTIKUM/ FIELD LAB |
TUGAS TERSTRUKTUR |
||||
Minggu 1: Gangguan
Nutrisi |
-
Mahasiswa mampu menguasai
sumber asupan makanan dan proses metabolismenya -
Mahasiswa mampu menguasai
penyakit terkait defisiensi atau overnutrisi -
Mahasiswa mampu menguasai
jenis-jenis terapi nutrisi |
-
Malnutrisi energi-protein (4A) -
Defisiensi vitamin (4A)
-
Defisiensi mineral (4A) -
Obesitas (4A)
-
Anoreksia nervosa (2)
-
Bulimia (2)
-
Pica (2) |
-
Nafsu makan hilang -
Gangguan gizi (gizi buruk, kurang,
berlebih) -
Gangguan pertumbuhan -
Berat bayi lahir rendah |
Skenario 1 |
1.
Makronutrien dan
mikronutrien 2.
Metabolisme Karbohidrat 3.
Metabolisme vitamin,
mineral dan xenobiotik 4.
Obesitas 5.
Penyakit defisiensi
vitamin dan mineral 6.
Gangguan perilaku makan |
Biokimia:
Metabolisme Karbohidrat |
|
Minggu 2: Gangguan Metabolisme |
-
Mahasiswa mampu menguasai intisari
proses metabolisme tubuh sebagai dasar dalam memahami penyakit-penyakit
metabolisme -
Mahasiswa mampu menguasai etiologi,
faktor resiko, kriteria diagnosis meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik dan
pemeriksaan penunjang, diagnosis banding, tatalaksana, komplikasi, pencegahan
penyakit metabolisme sesuai level SKDI |
-
Porfiria (1)
-
Hiperurisemia (4A) -
Dislipidemia (4A) -
Sindrom metabolik (3B) |
-
Gangguan gizi (gizi buruk, kurang,
berlebih) - Gangguan
otot, nyeri otot, kaku otot |
Skenario
2 |
1.
Metabolisme Lipid 2.
Metabolisme Kolesterol 3.
Metabolisme Protein 4.
Sindroma metabolik 5.
Gangguan metabolisme
protein |
1.
Biokimia: Vitamin 2.
Biokimia: Metabolisme
Protein |
|
Minggu 3 Gangguan Endokrinologi Pankreas dan
Adrenal |
-
Mahasiswa mampu menjelaskan fisiologi
hormone yang dihasilkan oleh kelenjar pancreas dan adrenal sebagai dasar
dalam memahami kasus-kasus klinis yang berhubungan dengan gangguan hormone
kelenjar pancreas dan kelenjar adrenal. -
Mahasiswa mampu menguasai etiologi,
faktor resiko, kriteria diagnosis meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik dan
pemeriksaan penunjang, diagnosis banding, tatalaksana, komplikasi, pencegahan
penyakit diabetes mellitus sesuai level SKDI. -
Mahasiswa mampu menguasai etiologi,
faktor resiko, kriteria diagnosis meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik dan
pemeriksaan penunjang, diagnosis banding, tatalaksana, komplikasi, pencegahan
penyakit yang berkaitan dengan hormone
korteks dan medulla adrenal sesuai level SKDI. |
-
Diabetes melitus tipe 1 (4A) -
Diabetes melitus tipe 2 (4A) -
Diabetes melitus tipe lain
(intoleransi glukosa akibat penyakit lain atau obat-obatan) (3A) - Hipoglikemia
ringan (4A) - Diabetes
insipidus (1) - Diabetes
gestasional (2) -
Cushing's disease (3B)
-
Krisis adrenal (3B)
- Addison's
disease (1) |
-
Polifagi, polidipsi, dan polyuria -
Bengkak/ edema
-
Lemah/ letih/ lesu |
Skenario 3 |
1.
Fisiologi hormon kelenjar
adrenal 2.
Fisiologi hormon kelenjar
pankreas 3.
Penyakit hormon adrenal 4.
Diabetes Mellitus 5.
Farmakologi obat sistem
endokrin 6.
Farmakologi Antidiabet,
Hiperlipidemia dan Hiperuricemia |
Biokimia: Metabolisme
Lipid |
|
Minggu 4 Gangguan Hormon Tiroid dan Pertumbuhan |
-
Mahasiswa mampu menjelaskan fisiologi
hormone yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid sebagai dasar dalam memahami
kasus-kasus klinis yang berhubungan dengan gangguan hormone kelenjar tiroid. -
Mahasiswa mampu menjelaskan fisiologi
hormone pertumbuhan sebagai dasar dalam memahami kasus-kasus klinis yang
berhubungan dengan gangguan hormone pertumbuhan -
Mahasiswa mampu menguasai etiologi,
faktor resiko, kriteria diagnosis meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik dan
pemeriksaan penunjang, diagnosis banding, tatalaksana, komplikasi, pencegahan
penyakit hormone tiroid sesuai level SKDI. -
Mahasiswa mampu menguasai etiologi,
faktor resiko, kriteria diagnosis meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik dan
pemeriksaan penunjang, diagnosis banding, tatalaksana, komplikasi, pencegahan
penyakit yang berkaitan dengan hormone
pertumbuhan sesuai level SKDI. |
-
Akromegali (1) -
Gigantisme (1) -
Defisiensi Hormon Pertumbuhan (1) -
Hipertiroid (3a) -
Hipotiroid (2) -
Hipoparatiroid (3A) -
Hiperparatiroid (1) -
Goiter (3a) -
Tiroiditis (2) -
Adenoma Tiroid (2) -
Karsinoma Tiroid (2) |
-
Gangguan pertumbuhan -
Berat badan menurun -
Lemah, letih, lesu -
Tremor |
Skenario 4 |
1.
Fisiologi hormon tiroid
dan paratiroid 2.
Fisiologi hormon
pertumbuhan 3.
Penyakit dan Keganasan tiroid 4.
Penyakit hormon
pertumbuhan 5.
Penyakit tulang akibat
gangguan hormon paratiroid dan vitamin D 6.
Patologi penyakit
endokrin, metabolisme dan nutrisi |
PA
Endokrin |
|
2.3
POHON TOPIK
Gambar
1.
Pohon topik Blok Endokrin, Metabolisme
dan Nutrisi
METODE
KEGIATAN PEMBELAJARAN BLOK
Luaran
proses pendidikan adalah pemenuhan kompetensi inti yang dicapai melalui
penetapan tujuan pembelajaran. Tujuan
pembelajaran merupakan wujud capaian ilmu pengetahuan baik teoritik, praktis, keterampilan
dan afeksi yang dilaksanakan menggunakan beberapa metode kegiatan.
3.1
Tutorial
Tutorial merupakan kegiatan diskusi dalam kelompok
kecil yang dibimbing oleh seorang tutor. Mahasiswa mendiskusikan kasus dalam
skenario sebagai pencetus belajar sesuai tujuan pembelajaran yang telah
ditentukan. Tujuan pembelajaran tutorial merupakan bagian dari tujuan pembelajaran blok
yang dilakukan dalam proses tutorial melaui skenario.
Pembahasan satu skenario memerlukan dua kali sesi
tutorial yang masing-masing berlangsung 2x50 menit. Tutorial dijalankan
menggunakan metode seven jumps dimana
langkah 1-5 akan dijalankan pada tutorial pertama sementara sesi kedua tutorial
merupakan langkah ke 7. Tutorial 1 mahasiswa tidak diperkenankan untuk
membawa sumber pustaka apapun. Dari tutorial 1 mahasiwa diharapkan dapat menggunakan prior
knowledge dalam merumuskan tujuan
pembelajaran. Pada tutorial ke-2 mahasiswa baru diperkenankan untuk membawa
sumber referensi berupa textbook, jurnal maupun buku ajar, namun tidak berarti pada langkah ini mahasiswa
selalu membaca referensi tersebut. Mahasiswa dianjurkan untuk menyampaikan
hasil belajarnya di depan kelompok. Hal ini didasarkan dari tujuan tutorial itu sendiri
dimana tutorial tidak hanya digunakan
sebagai sarana penguasaan keilmuan , namun juga melatih mahasiswa untuk berpikir secara integratif, mengasah
kemampuan berbicara dan membangun kepercayaan diri mahasiswa.
Sebelum
sesi tutorial pertama dimulai,
kelompok melakukan pemilihan ketua,
sekretaris 1 dan 2. Ketua bertugas untuk memimpin jalannya proses tutorial dan menjamin
pemerataan anggota kelompok dalam berpendapat. Ketua
memulai sesi tutorial 1 dengan membuka forum, mengenalkan anggota kelompok dan
membacakan skenario. Pada tutorial kedua,
ketua menjelaskan secara ringkas peta masalah dan tujuan pembelajaran
setelah membuka diskusi tutorial. Di setiap akhir tutorial, ketua bertugas
menyimpulkan dan menutup forum. Sekretaris
1 memiliki peran menulis setiap pendapat anggota kelompok dalam proses tutorial
di papan tulis. Sekretaris 2 menyalin tulisan dari sekretaris 1 dalam laporan
sementara tutorial.
Seven
jumps merupakan metode yang
dikembangkan dalam proses tutorial agar tutorial dapat berjalan efektif dan
mencapai tujuan. Adapan penjabaran seven jumps adalah sebagai berikut :
Langkah
1: membaca skenario dan mengklarifikasi kata sulit (5-10 menit)
Klarifikasi
bukan mendefinisikan istilah. Tak semua kata asing perlu diklarifikasi, hanya
yang tidak diketahui .
Jika tidak ada kata yang belum dipahami bisa langsung menuju langkah
selanjutnya. Jika terdapat kata sulit yang tidak dapat dijawab dengan prior knowledge, maka mahasiswa dapat
mendiskusikannya pada langkah selanjutnya jika dirasa kata tersebut berhubungan
dengan pemecahan skenario. Langkah
ini dimulai dengan melakukan pendataan kata sulit yang kemudian dilanjutkan
dengan mendefinisikan kata tersebut.
Langkah
2 : merumuskan permasalahan (± 15-20 menit)
Permasalahan
dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya. Permasalahan harus berkaitan dengan
skenario.
Langkah
3 : melakukan curah pendapat dan membuat pernyataan sementara mengenai
permasalahan (dalam langkah 2) (± 60 menit)
Langkah
ini dikenal juga dengan nama Brainstorming. Langkah ini dimulai dengan menjawab pertanyaan pada langkah kedua.
Biasanya jawaban-jawaban dari langkah kedua berupa kemungkinan-kemungkinan.
Langkah selanjutnya dalam sesi ini adalah:
-
mencoba
mengidentifikasi adanya keterkaitan antara pertanyaan satu dengan pertanyaan
lainnya dilangkah kedua yang diwujudkan dalam bentuk pertanyaan turunan
-
mencoba
menemukan adanya hubungan antara jawaban masalah satu dengan yang lainnya yang
diwujudkan dalam bentuk pertanyaan turunan.
Pada langkah 3 ini mahasiswa
bisa saja dapat menjawab salah satu tujuan pembelajaran dari tutorial jika
proses brainstorming sangat spesifik
dan prior knowledge memadai.
Langkah
4 : Merestrukturisasi
hasil brainstorming 3 (±10-15 menit)
Hasil dari brainstorming dapat diumpamakan sebagai
puzzle yang masih terserak, maka fungsi dari langkah 4 adalah mencoba
menyusunnya menjadi sesuatu yang utuh.
Langkah ini merupakan mapping dari inventarisasi
permasalahan dalam scenario, hasil dari brainstorming dalam sebuah
bagan yang dapat dierucutkan menjadi konsep-konsep
apa yang dipelajari dari scenario yang sedang didiskusikan. Diagram maupun bagan tersebut disebut dengan
problem tree/ peta masalah skenario. Diagram TIDAK
BERANGKAT DARI DIAGNOSIS, namun BERANGKAT DARI MASALAH yang diungkapkan dalam
skenario.
Dari problem tree yang telah disusun, mahasiswa dapat
melakukan pengkajian materi-materi apa yang harus dikuasai dari scenario,
materi apa yang sudah berhasil dipahami, materi apa yang belum didiskusikan.
Pada tahap ini mahasiswa masih diberikan ruang untuk melakukan diskusi
materi-materi jika memang sudah dipersiapkan sebelumnya.
Langkah
5 : merumuskan tujuan pembelajaran(± 5-10menit)
Pada
langkah ini, mahasiswa menetapkan seluruh tujuan pembelajaran yang tercermin
dari hasil diskusi di
langkah 4 dengan patokan problem tree/ peta masalah.
Langkah 6: mengumpulkan informasi baru
dengan belajar mandiri (Student centered
Learning)
Langkah
7: melaporkan, membahas dan menata kembali informasi baru yang diperoleh.
Pada
awal langkah 7 sebelum tutor datang, mahasiswa menulis kembali peta
masalah dan tujuan pembelajaran yang
telah dirumuskan pada papan yang telah disediakan. Pembahasan dimulai dengan
menjelaskan kembali dengan singkat materi yang sudah dibahas pada pertemuan I.
Diskusi
tentang aspek pada peta masalah yang direncanakan dibahas pada langkah ke-7
bisa dikaitkan kembali skenario yang dilanjutkan dengan penjelasan semua tujuan
pembelajaran oleh mahasiswa. Ketua kelompok melakukan cross-check terhadap
seluruh tujuan pembelajaran skenario. Diakhir langkah 7 mahasiswa diminta
menyusun peta konsep yang
menggambarkan kemampuan sintesis dan analisis berdasarkan literatur yang telah
didapat. Pada blok system
peta konsep adalah alur patofisiologi penyakit yang dapat dijadikan petunjuk:
-
jawaban
munculnya gejala dan tanda,
-
menjelaskan
alasan pemilihan pemeriksaan penunjang
-
menjelaskan
diagnosis banding yang ditetapkan
-
menjelaskan
rasionalisasi pemilihan terapi baik farmakologis maupun nonfarmakologis
Peta
konsep bukan membuat bagan yang memuat pokok-pokok bahasan sesuai bidang ilmu!.
Instrumen
yang digunakan dalam kegiatan tutorial adalah buku modul pembelajaran. Pada
setiap akhir tutorial, sekretaris 2 diminta untuk menunjukkan laporan sementara
tutorial kepada tutor untuk diberikan umpan balik dan tandatangan yang kemudian
dikembalikan ke kelompok sebagai bahan penyusunan laporan tutorial.
Untuk blok sistem selain peta konsep kelompok tutorial
diwajibkan juga membuat alur pengelolaan pasien dalam scenario dan berdasar
diagnosis hasil diskusi tutorial sesi 1 dan 2. Penyusunan alur ini digunakan
untuk mengkonstruksikan kerangka berpikir seorang dokter umum di lapangan.
Bentuk alur pengelolaan pasien disajikan dalam bagan sebagai berikut :
Tabel
3. Alur Pengelolaan Pasien
S = Subjective |
Isikan dengan kumpulan
gejala yang dikeluhkan pasien yang menunjang ke arah diagnosis dimulai dari
keluhan utama, riwayat penyakit sekarang, dan riwayat lain2. Data di table
ini didapat dari skrining gejala pada scenario dan bisa ditambah dari hasil
diskusi berupa gejala2 khas yang tidak muncul di scenario. Mohon untuk membedakan
warna antara gejala khas di scenario atau gejala khas tapi tidak ada
diskenario namun muncul di hasil didiskusi. Keluhan utama : berupa kata/frase kata yang dikeluhkan pasien Riwayat Penyakit sekarang
: Isikan dengan deskripsi mengenai keluhan utama
pasien dan keluhan penyertanya yang terdapat di scenario dan menunjang kea
rah diagnosis Riwayat lain2 : isikan dengan data yang terdapat di diagnosis yang
menunjang diagnosis |
O = Objective |
Isikan dengan hasil
pengamatan dan pemeriksaan fisik yang terdapat di scenario dan menunjang ke
arah penegakan diagnosis. Usahakan sistematis mulai dari tanda vital dan
pemeriksaan head to toe. Data di table ini didapat dari skrining pengamatan
dan pemeriksaan fisik pada scenario dan bisa ditambah dari hasil diskusi
berupa tanda khas lain yang tidak muncul di scenario. Mohon untuk membedakan
warna antara tanda khas di scenario atau tanda khas tapi tidak ada diskenario
namun muncul di hasil didiskusi. |
A1 = Initial Assessment |
Isikan dengan kesimpulan
awal dari hasil data subjective dan objective. Bisa dimunculkan DD pada tahap
ini. |
P1= Planning diagnostic |
Isikan dengan pemeriksaan
penunjang yang digunakan untuk menegakkan diagnosis dan menyingkirkan
diagnosis banding. Hasil pemeriksaan penunjang yang positif mendukung
penegakan diagnosis dimasukkan di sini, dan jika ada pemeriksaan penunjang
lain yang tidak ada di scenario tapi penting untuk menegakkan diagnosis,
dimasukkan dalam table ini. |
A2= Assessment |
Isikan dengan diagnosis
dan level SKDI-nya |
P2= Plan |
Isikan dengan tatalaksana
pasien berdasar diagnosis yang telah ditegakkan. Tabel ini diisi dengan
tatalaksana farmakologis, tatalaksana nonfarmakologis. Mohon untuk
ditambahkan dengan KIE jika penyakit merupakan level 4 |
3.2
Praktikum
Praktikum adalah kegiatan belajar mengajar dengan cara
tatap muka antara dosen dan mahasiswa yang menekankan pada aspek psikomotorik
(keterampilan), kognitif (pengetahuan) dan afektif (sikap) dengan menggunakan
peralatan didalam laboratorium atau rumah sakit yang terjadwal. Selain dosen
ada peran laboran yaitu tenaga fungsional yang berdasarkan persyaratan
pendidikan dan keahliannya memfasilitasi dosen dalam kegiatan praktikum.
Penentuan tujuan pembelajaran praktikum merupakan cabang-cabang dari tujuan pembelajaran
blok yang dimanifestasikan dalam bentuk topik praktikum.
Instrumen kegiatan praktikum terdiri dari buku petunjuk
praktikum dan laporan kegiatan praktikum. Pelaksanaan
praktikum terdiri dari dua sesi. Sesi pertama dimulai dengan kegiatan pretest yang
diikuti dengan penjelasan dosen mengenai topik terkait
dan dilanjutkan dengan kegiatan
praktikum. Sesi kedua praktikum
adalah asistensi atau pendalaman topic praktikum..
3.3
Kuliah
Penunjang Blok
Kuliah
penunjang blok adalah proses belajar mengajar yang terstruktur dan terjadwal
dipimpin oleh seorang dosen yang ditempuh selama 2
x 50 menit. Fungsi dari kuliah penujang blok adalah penstrukturan materi, penjelasan
subjek yang dirasa sulit, memberikan pandangan ilmu multidisiplin,
mengintegrasikan pengetahuan yang semuanya disesuaikan dengan tujuan
pembelajaran blok. Materi presentasi dosen dapat diunduh di e-learning PSPD UIN Maulana Malik Ibrahim XXXXXXXXXXXXXXXXX atau
buku ajar dosen bidang ilmu terkait.
3.4
Pleno
Pleno
merupakan kegiatan ilmiah dalam bentuk seminar untuk menyajikan hasil tutorial.
Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin pencapaian tujuan pembelajaran tutorial secara merata antar kelompok.
Kegiatan ini diawali dengan presentasi oleh kelompok terpilih yang dilanjutkan
dengan sesi diskusi persamaan /perbedaab pencapaian LO, diskusi persamaan
perbedaan pemahaman materi LO dan klarifikasi oleh penyusun scenario yang
dibahas.
3.5
Tugas
Terstruktur
Tugas terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang
bertujuan untuk mengasah keterampilan mahasiswa dalam menyusun suatu karya
ilmiah. Bentuk karya ilmiah bisa berupa literature review, journal reading,
critical appraisal, pembuatan video. Bentuk tugas terstruktur ditentukan oleh
koordinator blok sebelum blok berjalan. Pembagian kelompok tugas terstruktur
dilakukan oleh coordinator blok dengan jumla mahasiswa tiap kelompok 10-13
orang. Satu sesi tugas terstruktur : dua kelompok presentasi.
Ketentuan umum tugas terstruktur :
1.
Harus ada sesi
konsultasi dengan dosen yang mengampu tugas terstruktur
2.
Tema tugas terstruktur
harus sesuai dengan tema blok
3.
Tidak dalam
rangka mencapai LO
4.
Harus ada bukti
tertulis
ATURAN
BLOK
4.1 Kehadiran
Kehadiran mahasiswa PSPD UIN Maulana Malik Ibrahim XXXXXXXXXXXXXXXXX
harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
1. Kehadiran dalam kegiatan Kuliah,
Tutorial, Pleno, Praktikum dan Tugas Terstruktur minimal 80%
2. Ketidakhadiran dalam kegiatan tutorial maksimal 2x pada skenario
yang berbeda
Ketidakhadiran mahasiswa dalam kegiatan belajar bisa
diterima jika masuk dalam salah satu kriteria force major sebagai
berikut:
1. Keadaan
daurat militer atau sipil seperti perang,
krisis, kekerasaan, pemberontakan,
sabotase, revolusi, kekacauan
2. Penawanan
atau penahanan oleh penguasa
3. Perampasan,
penyitaan, perampokan, pencurian
4. Bencana
alam
5. Sakit dan Kecelakaan (Rawat Jalan maksimal 3 hari, Rawat Inap maksimal 5
hari)
6. Kematian
keluarga dekat (maksimal 3
hari)
7. Peserta
didik menikah (maksimal 3 hari)
8. Peserta
didik melahirkan (maksimal 5
hari)
Ketidakhadiran di luar force major, dibolehkan melalui
persetujuan Pimpinan Prodi pada Form Ijin Meninggalkan Kegiatan akademik.
Ketidak hadiran tanpa keterangan (Alasan) yang dapat ditoleransi maksimal 10%. Rekapitulasi
presensi akan diumumkan di akhir kegiatan pembelajaran Blok. Sanksi bagi
mahasiswa yang tidak mengikuti aturan tersebut adalah tidak diperbolehkan
mengikuti Ujian Akhir Blok dan Responsi Praktikum.
4.2 Kedisiplinan
Toleransi keterlambatan mahasiswa untuk setiap
kegiatan pembelajaran adalah 10 menit. Sanksi jika mahasiwa melanggar ketentuan
ini adalah pengurangan nilai sesuai kegiatan yang ditempuh.
PENILAIAN
5.1 Macam-macam Penilaian
Sistem penilaian
blok terdiri dari penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif adalah
kegiatan penilaian yang dilakukan di tengah proses belajar mengajar dengan
tujuan memperbaiki atau meningkatkan pengetahuan atau keterampilan mahasiswa.
Penilaian sumatif adalah penilaian yang dilakukan untuk menentukan tingkat
pencapaian mahasiswa terhadap penguasaan bahan pelajaran. Penilaian sumatif
akan dikonversikan menjadi nilai untuk membuat keputusan lulus atau tidak
lulus.
a.
Penilaian
Formatif
Penilaian
formatif diaktualisasikan dalam bentuk pemberian
feedback yang dikuantitatifkan pada kegiatan tutorial dan tugas terstruktur.
b.
Penilaian
Sumatif
1.
Tutorial
Penilaian tutorial meliputi :
1.
penilaian
diskusi tutorial dan
2.
penilaian
laporan tutorial.
Bobot untuk masing-masing parameter penilaian tutorial
adalah 50% dari penilaian tutorial. Penilaian tutorial merupakan salah satu
komponen dalam penilaian blok dan menyumbang porsi sebesar 5% dari total nilai
akhir blok.
a.
Diskusi tutorial
Kemampuan
menghargai orang lain
1. Hadir tepat waktu
2. Selalu
mendebat orang lain, tidak memberikan kesempatan bicara pada orang lain
3. Sering
bicara sendiri, sering tidak memberikan perhatian ketika orang lain berbicara,
tidak menyerang pendapat orang lain tetapi sering hanya mengiyakan pendapat
orang lain
4. Secara
umum mendengarkan pendapat orang lain, menggunakan bahasa yang tepat dan sopan,
menunjukkan usaha untuk memahami/mengerti pendapat orang lain
5. Selalu
mendengarkan pendapat orang lain dan menghargai pendapat orang lain.
Menunjukkan usaha untuk memahami/mengerti pendapat orang lain. Tampak berusaha
membantu orang lain agr dapat mengungkapkan pendapatnya. Tampak berusaha agar
kelompoknya dapat mencapai suatu kesepakatan bersama
Keaktifan/kontribusi
dalam kelompok
1. Tidak
pernah memberikan informasi/pendapat walaupun sudah diberi dorongan
2. Ikut
memberikan informasi/pendapat tapi hanya saat diberi dorongan
3. Kadang-kadang
ikut memberikan informasi/pendapat tanpa harus diberi dorongan
4. Selalu
memberikan informasi/pendapat tanpa harus diberi dorongan
Kualitas informasi
1. Memberikan
informasi yang tidak ada hubungannya dengan topik yang sedang dibicarakan atau
hannya menyebutkan kembali topik utama yang sedang dibicarakan
2. Memberikan
informasi yang sedikit hubungannya dengan topik yang sedang dibicarakan
3. Memberikan
informasi yang jelas hubungannya dengan topk yang sedang dibicarakan
4. Memberikan
informasi yang sangat jelas hubungannya dengan topik yang sedang dibicarakan
dan mampu menambahkan konsep baru atau informasi baru
Kemampuan untuk mendefinisikan/menyebutkan
permasalahan
1. Belum
mampu mendeskripsikan apa yang menjadi permasalahan
2. Sudah
mampu mendeskripsikan apa yang menjadi permasalahan, namun hanya sebagian
3. Mampu
mendeskripsikan secara akurat apa yang menjadi permasalahan
4. Mampu
mendeskripsikan secara akurat apa yang menjadi permasalahan dan sudah mampu
membuat pertanyaan untuk memperoleh informasi yang diperlukan
Kemampuan membuat hubungan dari berbagai data atau
fakta
1. Tidak
mampu membangun suatu konsep baru. Tidak mampu mengenali hubungan dari berbagai
data yang ada.
2. Mampu
membuat konsep baru walaupun masih sedikit/jarang, mampu mengenali hubungan
dari berbagai data yang ada namun hanya dalam jumlah sedikit
3. Mampu
membuat konsep baru, mampu mengenali hubungan dari berbagai data yang ada
4. Mampu
membuat konsep baru dengan sangat jelas, mampu mengenali hubungan dari berbagai
data yang ada dengan sangat baik
b. Laporan
tutorial
Laporan
tutorial dikumpulkan kepada admin prodi pada hari Jumat dalam minggu yang sama
selambat-lambatnya pukul 13.00 wib. Laporan yang dikumpulkan melebihi batas
waktu tidak akan diterima/tidak diberi nilai.
Laporan
tutorial dibuat secara berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok tutorial.
Penulisan laporan tutorial adalah dengan cara diketik menggunakan font Times
New Roman 14 untuk setiap judul Bab atau halaman Judul dan font 11 untuk setiap
isi bab. Margin kiri laporan tutorial adalah 3 sementara atas bawah kanan
adalah 2,5 cm dan spasi 1,5. Laporan tutorial dicetak menggunakan kertas A4
berat 70 gram dan menggunakan cover bewarna hijau dengan jilid softcover.
Berikut ini adalah sistematika penulisan laporan tutorial:
1. Halaman
judul
Memuat:
-
Judul skenario
-
Logo FKIK UIN
-
Nama kelompok
-
Nama tutor
-
Ketua kelompok
-
Sekretaris Kelompok
-
Anggota kelompok
-
Keterangan PSPD UIN dan
tahun (format dapat di download di
website prodi)
2.
Halaman daftar isi
Memuat
:
-
Skenario
-
Bab
1. Kata Sulit
-
Bab
2. Daftar masalah
-
Bab
3. Brainstorming
-
Bab
4. Peta Masalah
-
Bab
5. Tujuan Pembelajaran
-
Bab
6. Tinjauan Pustaka
-
Bab
7. Peta Konsep
-
Bab
8. Daftar pustaka
3.
Halaman skenario
4. Kata
Sulit
Mahasiswa
menulis kata-kata sulit yang teridentifikasi pada langkah 1 tutorial
5.
Daftar masalah
Mahasiswa
diminta untuk mengiventarisir daftar masalah yang telah didapat pada langkah 2
tutorial.
6.
Brainstorming
Mahasiswa
menuliskan daftar masalah yang telah terjawab pada langkah 3 tutorial beserta
pertanyaan-pertanyaan tambahan dan jawabannya yang muncul pada saat langkah 3
berlangsung.
7.
Peta Masalah
Mahasiswa
diminta untuk membuat diagram yang memuat peta masalah
8.
Tujuan Pembelajaran
(LO)
Mahasiswa
diminta menuliskan kembali tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan pada
langkah 5.
9.
Pembahasan tujuan
pembelajaran, Peta Konsep dan
Alur Pengelolaan Pasien
Mahasiswa diminta menjelaskan tujuan pembelajaran dan menyertakan referensi
menggunakan teknik Hardvard.
Contoh
:
………………….
(Buller dan Hoggart, 2014).
Selanjutnya
mahasiswa diminta membuat peta konsep beserta narasi penjelasannya yang
menggambarkan analisis terhadap hubungan antar tujuan pembelajaran dalam
scenario yg dipelajari berdasar studi literatur.
10.
Daftar
pustaka
Mahasiswa
diminta untuk membuat referensi/daftar pustakamenggunakan teknik Harvard.
Contoh
: Buller, H. and Hoggart, K. 2014. New
drugs for acute respiratory distress syndrome. New England J Med 337(6): 435-439.
2.
Praktikum
Penilaian
praktikum meliputi penilaian pretest, laporan praktikum dan responsi. Pretest
dilakukan sebelum mahasiswa melaksanakan praktikum untuk mengetahui
kesiapan mahasiswa secara kognitif.
Laporan praktikum dikumpulkan pada saat sesi kedua praktikum atau sesi
asistensi, sebagai bahan penilaian capaian mahasiswa setelah praktikum.
Responsi dilaksanakan pada akhir blok yaitu pada minggu ujian blok dengan
tujuan untuk menilai kognitif, afektif dan psikomotor mahasiswa. Rumus nilai
akhir praktikum adalah 25% pretes + 25% laporan praktikum + 50% responsi.
3.
Ujian
akhir blok
Ujian akhir blok diselenggarakan oleh Koordinator blok
pada minggu terakhir blok. Materi yang diujikan sesuai dengan materi-materi
untuk mencapai tujuan pembelajaran tutorial, kuliah
dan tugas terstruktur. Ujian akhir
blok dalam bentuk MCQ dengan distribusi jumlah soal ditentukan oleh Koordinator
Blok dan dapat dilihat pada Blue Print
soal.
4.
Tugas
terstruktur
Tugas terstruktur merupakan kegiatan yang terdiri dari
pembuatan makalah/artikel ilmiah/jurnal reading dan dipresentasikan kepada
dosen pengampu tugas terstruktur. Adapun komponen penilaian tugas terstruktur
adalah 50% makalah dan 50% presentasi.
Tugas terstruktur dibuat secara berkelompok dimana pembagian kelompok
dilakukan oleh Koordinator Blok. Mahasiswa akan dibagi menjadi empat kelompok
per kelas, dimana satu kelompok dari tiap kelas maju setiap minggunya secara
bergiliran. Makalah dikumpulkan 1 hari sebelum presentasi kepada dosen
pengampu. Penulisan makalah tugas terstruktur adalah dengan cara diketik menggunakan
font Times New Roman 14 untuk setiap judul Bab atau halaman Judul dan font 12
untuk setiap isi bab. Margin kiri laporan tutorial adalah 3 sementara atas
bawah kanan adalah 2,5 cm dan spasi 1,5. Makalah dicetak menggunakan kertas A4
berat 70 gram dan dijilid menggunakan soft cover warna putih bening.
Sistematika Penulisan Laporan
Tugas Terstuktur:
a.
Journal Reading
1. Halaman
Sampul
-
Judul tugas terstruktur
-
Logo
FKIK UIN
-
Nama masing-masing kelompok
-
Keterangan PSPD UIN dan
tahun
2. Daftar
isi
3. Bab
1. Membaca Pendahuluan
-
Masalah penelitian
-
Tujuan penelitian
-
Hipotesis penelitian
4. Bab
2. Membaca Metodologi
Penelitian
-
Desain penelitian
-
Populasi
-
Kriteria inklusi dan
eksklusi sampel
-
Teknik Mengambil Sampel
-
Besar sampel
-
Parameter penelitian
-
Analisis statistic yang digunakan
5. Bab
3. Membaca Hasil
Penelitian
-
Hasil penelitian
-
Kesimpulan penelitian
-
Lampiran : Bahan Jurnal
b. Literature Review
1. Halaman
Sampul
-
Judul tugas terstruktur
-
Logo
FKIK UIN
-
Nama masing-masing kelompok
-
Keterangan PSPD UIN dan
tahun
2. Daftar
isi
3. Judul
dan Abstrak
4. Pendahuluan
5. Pokok
Bahasan dan Uraiannya
6. Kesimpulan
7. Limitasi
dan peluang penelitian lanjutan
8. Daftar
pustaka
c.
Critical Appraisal
1. Halaman
Sampul
-
Judul tugas terstruktur
-
Logo
FKIK UIN
-
Nama masing-masing kelompok
-
Keterangan PSPD UIN dan
tahun
2. Daftar
isi
3. Bab
1 : Membaca Pendahuluan
-
Masalah penelitian
-
Tujuan penelitian
-
Hipotesis penelitian
4. Bab
2 : Membaca Metodologi Penelitian
-
Rancangan penelitian
-
Desain penelitian
-
Populasi
-
Kriteria inklusi dan
eksklusi sampel
-
Teknik Mengambil Sampel
-
Besar sampel
-
Parameter penelitian
-
Analisis statistic yang digunakan
5. Bab
3 : Membaca Hasil Penelitian
-
Hasil penelitian
-
Kesimpulan penelitian
6. Bab
4 : Membaca Diskusi
7. Bab
5 : Validitas penelitian
-
Validitas internal
nonkausal : validitas seleksi, validitas informasi, validitas pengontrolan
perancu, validitas analisis
-
Validat internal kausal
: temporality, degree of association, konsistensi, koherensi, spesifikasi dan
biological plausibility
-
Validitas eksternal :
Besar sampel, participation rate, logis akademis
8. Bab
6 : Kepentingan hasil penelitian
9. Bab
7 : Aplikasi penelitian
10. Bab
8 : Saran dan masukan
d.
AVA
1. Halaman
Sampul
-
Judul tugas terstruktur
-
Logo
FKIK UIN
-
Nama masing-masing kelompok
-
Keterangan PSPD UIN dan
tahun
2. Daftar
isi
3. Bab
1 : Pendahuluan
4. Bab
2 : Tinjauan Pustaka
5. Bab
3 : Kesimpulan
6. Bab
4 : Daftar pustaka
5.2
Bobot Nilai Akhir Blok
1. Tutorial
(10%)
Nilai tutorial =
(Diskusi tutorial + Laporan tutorial) / 2
2. Praktikum
(15%)
Nilai
praktikum = ( Pretest + Laporan praktikum +
2 x Responsi) /4
3. Tugas
terstruktur (5%)
Nilai tugas terstruktur = (makalah
+ presentasi)
/2
4. Ujian
Akhir Blok (70%)
5.3 Rumus Nilai Akhir Blok
NA Blok = 70% UAB + 10% Tutorial + 5% Tugas Terstruktur + 15%
Praktikum
DESAIN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
6.1 Tema Minggu 1: Gangguan Nutrisi (sesuaikan
dengan Blue Print/RPS)
6.1.1
Tujuan Pembelajaran (sesuaikan dengan Blue Print/RPS)
a.
Mahasiswa mampu menguasai
sumber asupan makanan dan proses metabolismenya
b.
Mahasiswa mampu menguasai
penyakit terkait defisiensi atau overnutrisi
c.
Mahasiswa mampu menguasai
jenis-jenis terapi nutrisi
6.1.2
Skenario
1
Judul: |
|
6.1.3
Kuliah Penunjang Blok
No |
Topik |
Pokok Bahasan |
Dosen |
1 |
Gizi: Makronutrien dan mikronutrien |
-
Karakteristik dan klasifikasi
makronutrien -
Karakteristik dan klasifikasi
mikronutrien -
Nutrien esensial dan non esensial -
Kebutuhan dasar nutrisi |
KIS |
2 |
Biokimia: Metabolisme Karbohidrat |
-
Glikolisis -
Siklus krebs -
Fosforilasi oksidatif -
Fruktosa -
Pentosa fosfat |
LIA |
3 |
Biokimia: Metabolisme vitamin, mineral dan xenobiotik |
-
Macam vitamin dan mineral -
Pembagian vitamin berdasar
kelarutannya -
Fungsi vitamin -
Fungsi mineral -
Metabolisme vitamin dan mineral -
Metabolisme xenobiotik |
LIA |
4 |
IKA: Obesitas |
Epidemiologi,
etiologi, faktor resiko, klasifikasi, diagnosis
banding, kriteria diagnosis (anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan
penunjang), tatalaksana, pencegahan, prognosis dan komplikasi
dari Obesitas |
LIN |
5 |
IPD: Penyakit defisiensi
vitamin dan mineral |
Epidemiologi,
etiologi, faktor resiko, klasifikasi, diagnosis
banding, kriteria diagnosis (anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan
penunjang), tatalaksana, pencegahan, prognosis dan komplikasi
dari penyakit: -
Defisiensi vit A (xerophtalmia) dan
hipervitaminosis vitamin A -
Defisiensi vitamin B (beri-beri,
pellagra, anemia pernisiosa (defisiensi vit
B12)) -
Defisiensi vitamin C: scurvy -
Defisiensi vitamin D -
Defisiensi vitamin E -
Defisiensi vitamin K |
DYH |
6 |
Psikiatri: Gangguan
perilaku makan |
Epidemiologi,
etiologi, faktor resiko, klasifikasi, diagnosis
banding, kriteria diagnosis (anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan
penunjang), tatalaksana, pencegahan, prognosis dan komplikasi
dari penyakit: -
Anoreksia
nervosa -
Bulimia -
Pica |
RST |
7. Praktikum
No |
Topik |
Pokok Bahasan |
Dosen |
1 |
Biokimia: Metabolisme Karbohidrat |
-
Mahasiswa mampu mendeteksi karbohidrat
menggunakan metode manual (Benedict test) dan menggunakan spektrofotometri -
Mahasiswa mampu melakukan interpretasi hasil pada
kondisi normal maupun kasus-kasus patologis |
LIA |
6.2 Tema Minggu 2: Gangguan
Metabolisme
6.2.1
Tujuan Pembelajaran
a. Mahasiswa
mampu menguasai intisari proses metabolisme tubuh sebagai dasar dalam memahami
penyakit-penyakit metabolisme
b. Mahasiswa
mampu menguasai etiologi, faktor resiko, kriteria diagnosis meliputi anamnesis,
pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, diagnosis banding, tatalaksana,
komplikasi, pencegahan penyakit metabolisme sesuai level SKDI
6.2.2
Skenario
2
Judul: |
|
6.2.3
Kuliah Penunjang Blok
No |
Topik |
Pokok Bahasan |
Dosen |
1 |
Biokimia: Metabolisme Lipid |
-
Katabolisme Lipid
menghasilkan Energi -
Biosintesis Lipid |
LIA |
2 |
Biokimia: Metabolisme Kolesterol |
-
Metabolisme Kolesterol -
Pengangkutan dan Penyimpanan Lipid |
LIA |
3 |
Biokimia: Metabolisme Protein dan Asam Amino |
-
Kebutuhan Asam Amino pada manusia -
Biosintesis Asam Amino Nonesensial -
Katabolisme nitrogen dari Asam Amino -
Katabolisme rangka karbon -
Biosintesis Urea |
LIA |
4 |
IPD: Sindroma metabolik |
Epidemiologi,
etiologi, faktor resiko, klasifikasi, diagnosis
banding, kriteria diagnosis (anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan
penunjang), tatalaksana, pencegahan, prognosis dan komplikasi
dari Sindroma metabolik |
DJ |
5 |
IPD: Gangguan metabolisme protein |
Epidemiologi,
etiologi, faktor resiko, klasifikasi, diagnosis
banding, kriteria diagnosis (anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan
penunjang), tatalaksana, pencegahan, prognosis dan komplikasi
dari: -
Gangguan metabolisme
purin -
Gangguan metabolisme
pirimidin -
Hiperuricemia -
Porfiria |
DYH |
6.2.4
Praktikum
No |
Topik |
Pokok Bahasan |
Dosen |
1 |
Metabolisme
Vitamin |
-
Mahasiswa mampu mendeteksi kandungan
Vitamin B1, B2,
B6, dan Vitamin C dengan metode kuantatif
dan kualitatif -
Mahasiswa mampu melakukan interpretasi hasil pada
kondisi normal maupun kasus-kasus patologis |
LIA |
2 |
Metabolisme
Protein |
-
Mahasiswa mampu mendeteksi protein urine
menggunakan metode manual dan
menggunakan spektrofotometri -
Mahasiswa mampu melakukan interpretasi hasil pada
kondisi normal maupun kasus-kasus patologis |
LIA |
6.2.5
Tugas
terstruktur: Makalah
Kelompok |
Topik |
Pokok Bahasan |
Dosen |
1 |
Ketofastosis |
BAB 1
Pendahuluan: latar belakang, tujuan, manfaat BAB 2
Tinjauan Pustaka -
Definisi -
Sejarah -
Karakteristik -
Tujuan Diet -
Tata cara Diet BAB 3 Pembahasan -
Pandangan medis -
Mekanisme kerja Diet -
Aspek keamanan Diet BAB 4 Penutup: kesimpulan, saran BAB 5 Daftar Pustaka |
SAN |
3 |
OCD (Obsesive Corbuser
Diet) |
1.4 Tema Minggu 3: Gangguan Endokrin Pankreas dan Adrenal (sesuaikan dengan Blue Print/RPS)
1. Tujuan
Pembelajaran
a. Mahasiswa
mampu menjelaskan fisiologi hormone yang dihasilkan oleh kelenjar pancreas dan
adrenal sebagai dasar dalam memahami kasus-kasus klinis yang berhubungan dengan
gangguan hormone kelenjar pancreas dan kelenjar adrenal.
b. Mahasiswa
mampu menguasai etiologi, faktor resiko, kriteria diagnosis meliputi anamnesis,
pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, diagnosis banding, tatalaksana,
komplikasi, pencegahan penyakit diabetes mellitus sesuai level SKDI.
c.
Mahasiswa mampu menguasai etiologi,
faktor resiko, kriteria diagnosis meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik dan
pemeriksaan penunjang, diagnosis banding, tatalaksana, komplikasi, pencegahan
penyakit yang berkaitan dengan hormone
korteks dan medulla adrenal sesuai level SKDI.
2. Skenario 3
Judul: |
|
3. Kuliah
Penunjang Blok
No |
Topik |
Pokok Bahasan |
Dosen |
1 |
Fisiologi: hormon kelenjar adrenal |
-
Macam-macam Hormon korteks adrenal dan
medulla adrenal -
Produksi dan sekresi hormone korteks
adrenal dan medulla adrenal -
Mekanisme kerja hormon korteks adrenal
dan medulla adrenal -
Efek hormone korteks adrenal dan
medulla adrenal -
Pengaturan hormone korteks adrenal -
Metabolisme dan ekskresi hormone
korteks dan medulla adrenal |
ER |
2 |
Fisiologi: hormon kelenjar pankreas |
-
Macam-macam Hormon yang dihasilkan
pankreas -
Produksi dan sekresi hormone insulin
dan glukagon -
Mekanisme kerja hormon insulin dan
glukagon -
Efek hormone insulin dan glucagon -
Pengaturan hormone insulin dan
glukagon -
Metabolisme dan ekskresi hormone
insulin dan glucagon -
Pengaturan gula darah dalam kondisi
normal -
Pengaturan gula darah dalam kondisi
puasa -
Pengaturan gula darah dalam kondisi
kelaparan -
Faktor-faktor yang mempengaruhi kadar
gula darah |
ER |
3 |
IPD: Penyakit hormon adrenal |
Epidemiologi,
etiologi, faktor resiko, klasifikasi, diagnosis
banding, kriteria diagnosis (anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan
penunjang), tatalaksana, pencegahan, prognosis dan komplikasi
dari: -
Hiperadrenalisme (Sindrom Cushing): Adenoma
hipofisis anterior, adenoma korteks adrenal, disfungsi hipotalamus-hipofisis,
pemberian glukokortikoid kronis -
Hipoadrenalisme (Penyakit Addison) |
DYH |
4 |
IPD: Diabetes Mellitus |
Epidemiologi,
etiologi, faktor resiko, klasifikasi, diagnosis
banding, kriteria diagnosis (anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan
penunjang), tatalaksana, pencegahan, prognosis dan komplikasi
dari: -
DM tipe 1 -
DM tipe 2 -
DM tipe lain -
Diabetes gestasional |
DYH |
5 |
Farmakologi: obat sistem endokrin |
-
Obat Hipotiroid dan Hipertiroid -
Obat adrenokortikotropin,
adrenokortikosteroid dan antagonisnya |
SAN |
6 |
Farmakologi: Antidiabet, Hiperlipidemia dan Hiperuricemia |
-
Obat Antidiabetes Oral dan Insulin -
Obat Antihiperlipidemia -
Obat Antihiperuricemia |
SAN |
4. Praktikum
No |
Topik |
Pokok Bahasan |
Dosen |
1 |
Metabolisme
Lipid |
-
Mahasiswa mampu melakukan pengukuran kadar lipid
menggunakan spektrofotometri -
Mahasiswa mampu mempelajari faktor-faktor yang
mempengaruhi kerja enzim -
Mahasiswa mampu melakukan interpretasi hasil pada
kondisi normal maupun kasus-kasus patologis |
LIA |
5. Tugas terstruktur: Makalah
Kelompok |
Topik |
Pokok Bahasan |
Dosen |
2 |
Diet Mayo |
BAB 1
Pendahuluan: latar belakang, tujuan, manfaat BAB 2
Tinjauan Pustaka -
Definisi -
Sejarah -
Karakteristik -
Tujuan Diet -
Tata cara Diet BAB 3 Pembahasan -
Pandangan medis -
Mekanisme kerja Diet -
Aspek keamanan Diet BAB 4 Penutup: kesimpulan, saran BAB 5 Daftar Pustaka |
SAN |
4 |
Diet GM (General Motors) |
6.1 Tema Minggu 4: Gangguan
Hormon
Tiroid dan Pertumbuhan
1. Tujuan
Pembelajaran
a. Mahasiswa
mampu menjelaskan fisiologi hormone yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid
sebagai dasar dalam memahami kasus-kasus klinis yang berhubungan dengan
gangguan hormone kelenjar tiroid.
b. Mahasiswa
mampu menjelaskan fisiologi hormone pertumbuhan sebagai dasar dalam memahami
kasus-kasus klinis yang berhubungan dengan gangguan hormone pertumbuhan
c.
Mahasiswa mampu menguasai etiologi,
faktor resiko, kriteria diagnosis meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik dan
pemeriksaan penunjang, diagnosis banding, tatalaksana, komplikasi, pencegahan
penyakit hormone tiroid sesuai level SKDI.
d. Mahasiswa
mampu menguasai etiologi, faktor resiko, kriteria diagnosis meliputi anamnesis,
pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, diagnosis banding, tatalaksana,
komplikasi, pencegahan penyakit yang
berkaitan dengan hormone pertumbuhan sesuai level SKDI.
2. Skenario 4
Judul: |
|
3. Kuliah
Penunjang Blok
No |
Topik |
Pokok Bahasan |
Dosen |
1 |
Fisiologi hormon tiroid dan paratiroid |
-
Produksi dan sekresi hormone tiroid -
Mekanisme kerja hormon tiroid -
Efek hormone tiroid -
Pengaturan hormone tiroid -
Metabolisme dan ekskresi hormone
tiroid -
Produksi dan sekresi soal hormone
paratiroid -
Mekanisme kerja hormone paratiroid -
Efek hormone paratiroid -
Pengaturan hormone paratiroid -
Metabolisme dan ekskresi hormone
paratiroid |
RIS |
2 |
Fisiologi hormon pertumbuhan |
-
Produksi dan sekresi hormone pertumbuhan -
Mekanisme kerja hormon pertumbuhan -
Efek hormone pertumbuhan -
Pengaturan hormone pertumbuhan -
Metabolisme dan ekskresi hormone pertumbuhan |
ANA |
3 |
IPD: Penyakit dan Keganasan tiroid |
Epidemiologi,
etiologi, faktor resiko, klasifikasi, diagnosis
banding, kriteria diagnosis (anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan
penunjang), tatalaksana, pencegahan, prognosis dan komplikasi
dari: -
Hipotiroid -
Tiroiditis -
Adenoma tiroid -
Karsinoma tiroid |
DYH |
4 |
IPD: Penyakit hormon pertumbuhan |
Epidemiologi,
etiologi, faktor resiko, klasifikasi, diagnosis
banding, kriteria diagnosis (anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan
penunjang), tatalaksana, pencegahan, prognosis dan komplikasi
dari: -
Akromegali -
Gigantisme -
Defisiensi hormone
pertumbuhan |
TRIO |
5 |
IPD: Penyakit tulang akibat gangguan hormon paratiroid dan vitamin D |
Epidemiologi,
etiologi, faktor resiko, klasifikasi, diagnosis
banding, kriteria diagnosis (anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan
penunjang), tatalaksana, pencegahan, prognosis dan komplikasi
dari: -
Osteomalasia -
Rakitis -
Hiperparatiroid -
Hipoparatiroid |
TRIO |
6 |
Patologi penyakit endokrin, metabolisme dan nutrisi |
Gambaran patologis dari
penyakit-penyakit dibidang endokrin, metabolism dan nutrisi |
AMA |
4. Praktikum
No |
Topik |
Pokok Bahasan |
Dosen |
1 |
PA
Endokrin |
-
Patologi Anatomi sistem
Endokrin |
AMA |
REFERENSI
1.
Fisiologi:
-
Guyton and Hall, 2008. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Edisi 11
-
Sherwood, 2012. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem Edisi 6
2.
Biokimia:
Muray, Graner, dan Rodwell,
2009. Biokimia Harper Edisi 27
3.
Farmakologi:
-
Goodman and Gilman. 2015. Dasar Farmakologi Terapi
-
Katzung, et al. 2015. Farmakologi Dasar dan Klinik
-
Olson, James. 2000. Clinical Pharmacology
4.
IPD:
Fauci A et al, 2016.
Harrison’s Principles of Internal Medicine Edisi 17
5.
IKA:
Nelson et al, 2010. Buku
Ajar Ilmu Kesehatan Anak Nelson Edisi 15
6.
Psikiatri:
Kaplan dan Sadock, 2010.
Sinopsis Psikiatri
7.
PA
Kumar, Cotran, dan Robbins,
2013. Buku Ajar Patologi Edisi 9
JADWAL KEGIATAN
PEMBELAJARAN
DAFTAR TUTOR
No |
Materi |
Kel 1 |
Kel 2 |
Kel 3 |
Kel 4 |
Kel 5 |
1 |
Skenario 1 |
SAN |
ANA |
|
|
|
2 |
Skenario 2 |
|
SAN |
ANA |
|
|
3 |
Skenario 3 |
|
|
SAN |
ANA |
|
4 |
Skenario 4 |
|
|
|
SAN |
ANA |
MINGGU 1 |
|||||
WAKTU |
SENIN (20/8) |
SELASA (21/8) |
RABU (22/8) |
KAMIS (23/8) |
JUMAT (24/8) |
08.00-09.40 |
Kuliah Perdana (Prodi) |
Tutorial 1 Skenario 1 |
LIBUR |
Tutorial 2 Skenario 1 |
Penyakit defisiensi vitamin dan mineral |
09.50-11.30 |
Bahasa Indonesia |
Metabolisme Karbohidrat |
Metabolisme vitamin, mineral dan xenobiotik |
Pleno |
|
11.30-12.20 |
ISHOMA |
|
|||
12.20-14.00 |
Kul Kontrak Blok |
Kul Pengantar CSL 3 Topik 1 |
Makronutrien dan Mikronutrien |
Praktikum Metabolisme Karbohidrat |
|
14.10-15.50 |
Kul Kontrak CSL 3 |
CSL 3 Terbimbing Topik 1 |
Obesitas |
MINGGU 2 |
|||||
WAKTU |
SENIN (27/8) |
SELASA (28/8) |
RABU (29/8) |
KAMIS (30/8) |
JUMAT (31/8) |
08.00-09.40 |
Tahsin |
Tutorial 1 Skenario 2 |
Bahasa Inggris |
Tutorial 2 Skenario 2 |
Tahsin |
09.50-11.30 |
Bahasa Indonesia |
Metabolisme Lipid |
Metabolisme Kolesterol |
Gangguan metabolisme protein |
Pleno |
11.30-12.20 |
ISHOMA |
||||
12.20-14.00 |
TT |
Sindroma metabolik |
CSL 3 Responsi Topik 1 |
Praktikum Vitamin |
Praktikum Metabolisme Protein |
14.10-15.50 |
Gangguan perilaku makan |
Metabolisme Protein |
MINGGU 3 |
|||||
WAKTU |
SENIN (3/9) |
SELASA (4/9) |
RABU (5/9) |
KAMIS (6/9) |
JUMAT (7/9) |
08.00-09.40 |
Tahsin |
Tutorial 1 Skenario 3 |
Bahasa Inggris |
Tutorial 2 Skenario 3 |
Tahsin |
09.50-11.30 |
Bahasa Indonesia |
Penyakit hormon adrenal |
Diabetes Mellitus |
Farmakologi Antidiabet, Hiperlipidemia dan Hiperuricemia |
Pleno |
11.30-12.20 |
ISHOMA |
||||
12.20-14.00 |
Kul Pengantar CSL 3 Topik 2 |
Fisiologi hormon kelenjar pankreas |
CSL 3 Terbimbing Topik 2 |
Praktikum Metabolisme Lipid |
Fisiologi hormon tiroid dan paratiroid |
14.10-15.50 |
Fisiologi hormon kelenjar adrenal |
Farmakologi obat sistem endokrin |
TT |
MINGGU 4 |
|||||
WAKTU |
SENIN (10/9) |
SELASA (11/9) |
RABU (12/9) |
KAMIS (13/9) |
JUMAT (14/9) |
08.00-09.40 |
Tahsin |
LIBUR |
Bahasa Inggris |
Tutorial 2 |
Tahsin |
09.50-11.30 |
Bahasa Indonesia |
Penyakit dan Keganasan tiroid |
Patologi penyakit endokrin, metabolisme dan nutrisi |
Pleno |
|
11.30-12.20 |
ISHOMA |
ISHOMA |
|||
12.20-14.00 |
Tutorial 1 |
CSL 3 Responsi Topik 2 |
Penyakit hormon pertumbuhan |
Praktikum |
|
14.10-15.50 |
Fisiologi hormon pertumbuhan |
Penyakit tulang akibat gangguan hormon paratiroid
dan vitamin D |
MINGGU 5 (UJIAN BLOK DAN RESPONSI) |
|||||
WAKTU |
SENIN (17/9) |
SELASA (18/9) |
RABU (19/9) |
KAMIS (20/9) |
JUMAT (21/9) |
08.00-09.40 |
Tahsin |
Bahasa Inggris |
Tahsin |
||
09.50-11.30 |
Bahasa Indonesia |
|
|
||
11.30-12.20 |
ISHOMA |
||||
12.20-14.00 |
|
|
|
|
|
14.10-15.50 |