Iklan_1

Education & Financial Konsulting

Education & Financial Konsulting
Education & Financial Konsulting

Agrobisnis & Pariwisata

Agrobisnis & Pariwisata
Agrobisnis & Pariwisata

Digital & Network Development

Digital & Network Development
Digital & Network Development
Proposal Usaha Butik Oleh: Memey

Yogi Iskandar

1/02/2016

KATA PENGANTAR           Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi t...

Proposal Usaha Butik Oleh: Memey




KATA PENGANTAR
          Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang member hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya saya dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik.
            Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang di berikan oleh guru pada mata pelajaran kewirausahaan.
            Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat danya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat saya harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan saya semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi pembaca lain pada umumnya.
                                                                                                      
                                                                                    Selajambe, Desember 2015

                                                                                                Penulis   









DAFTAR ISI
Kata  Pengantar
Daftar Isi
   BAB I PENDAHULUAN………………………………………………
A.    Latar Belakang……………………………………………………...
B.     Ruang Lingkup……………………………………………………...
C.     Manfaat Ekonomi…………………………………………………...
D.    Manfaat Sosial……………………………………………………....
E.     Visi dan Misi………………………………………………………..
F.      Pemasaran…………………………………………………………
BAB II ANALISIS INDUSTRI………………………………………...
A.    Prespektif Masa Depan Usaha……………………………………....
B.     Analisis Persaingan…………………………………………………
C.     Analisis Kompetensi SDM………………………………………….
D.    Analisis Kebutuhan dan Rencana Pengembangan SDM……………
E.     Analisis SWOT……………………………………………………..
F.      Segmentasi Pasar yang akan dimasuki……………………………...
BAB III PENGORGANISASIAN…………………………………….
A.    Struktur Organisasi Usaha…………………………………………..
BAB IV DESKRIPSI USAHA………………………………………...
A.    Produk yang dihasilkan……………………………………………..
B.     Ruang Lingkup Usaha………………………………………………
BAB V RENCANA PEMASARAN…………………………………..
A.    Penetapan Harga…………………………………………………….
B.     Pelaksanaan Distribusi……………………………………………...
C.     Strategi Promosi yang akan dilakukan……………………………...
BAB VI RENCANA PERMODALAN………………………………..
A.    Sumber-sumber Permodalan………………………………………..
B.     Neraca Permulaan Perusahaan……………………………………...
C.     Proyeksi Aliran Kas………………………………………………...
D.    Perencanaan Laba Rugi……………………………………………..
BAB VII PENUTUP…………………………………………………...
  Lampiran-lampiran




3
3
3
4
4
4
4
6
6
6
6
6
7
8
9
9
11
11
11
12
12
12
12
13
13
13
13
14
15







BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha butik yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Selajambe merupakan desa yang mayoritas masyarakatnya adalah masyarakat yang mempunyai pola piker yang sudah maju dan modern. Mereka sering kali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to date.
Daerah selajambe ini sangat tepat untuk membuka usaha butik, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh di katakana belum ada tempat yang member pelayanan kebutuhanfashion di sekitar.
Perusahaan Bisnis Butik ini terdiri atas kerjasama serta keinginan anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain. Butik MELISA FASHION ini di dirikan untuk mempelopori kecintaan pemudi dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak dan cirri khas Indonesia.
B.     Ruang Lingkup
Dalam proposal ini terdapat empat aspek penting, yaitu :
1.      Aspek organisasi/manajemen, berkaitan dengan nama perusahaan, bidang usaha, nama pemilik/pimpinan, jumlah karyawan, serta organisasi.
2.      Aspek pemasaran, berkaitan dengan perkembangan pasar saat ini, prospek pasar dan pemasran, sasaran pemasaran, dan rencana penjualan pertahun dari produk yang akan di pasarkan.
3.      Aspek produksi/operasi, berkaitan dengan rencana pendirian, perluasan, dan pengoperasian.
4.      Aspek keuangan, berkaitan dengan masalah kebutuhan dana untuk investasi dan modal kerja, penggunaan dana, kalkulasi biaya, proyeksi pendapatan, dan jadwal pengambilan pinjaman dan laporan keuangan.
C.     Manfaat Ekonomi
Usaha ini dapat memberdayakan kami sebagai pengusaha demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi beban orang tua dalam membiayai hidup kami.
D.    Manfaat Sosial
Tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan kami setiap tahunnya ada cabang baru yang kami dirikan. Hal ini jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di wilayah kuningan.
E.     VISI dan MISI
1.      Visi
“Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan”.
2.      Misi
“Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan pelanggan”.
F.      Pemasaran
1.      Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan lokasi yang strategis karena lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
a.       Ruang/Tempat yang di butuhkan
Ruang/Tempat yang di butuhkan pada awal membuka usaha butik ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 9m x 11m.

2.      Konsep Promosi
Menyediakan brosur promosi, selain itu kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis butik akan lebih mudahdan cepat dikenal oleh masyarakat.
3.      Target Pelanggan
Target pelanggan butik ini adalah : Pemudi yang sedang terpengaruholeh fashion-fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju yang memiliki cirri khas tertentu.






















BAB II
ANALISIS INDUSTRI
A.      Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan. Khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar desa selajambe pada saat ini sangat besar.
B.       Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha butik ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang aman dan nyaman.
C.       Analisis Kompetensi SDM
1.    Tim kami memiliki SDM yang mampu menjalankan bisnis ini, karena kami memiliki jaringan atau link kepada vendor, serta pengalaman berwirausaha sebelumnya yang pernah kami lakukan.
2.    Tim kami memiliki SDM yang menjalankan bisnis secara e-commerce atau melalui internet marketing, karena kami memiliki skill dan mendesign dan tahu bahasa PHP dan  HTML untuk mengolah situs e-commerce kami yaitu www.xm.distro
3.    Tim kami memiliki prospek cerah dalam memperluas wilayah pemasaran.
D.  Analisis Kebutuhan dan Rencana Pengembangan SDM
1.        Kami akan merekrut karyawan baru, karena yang sekarang ini masih rangkap jabatan.
2.        Kami akan mentraining karyawan baru untuk ditempatkan pada cabang baru nantinya.
3.        Kami akan saling berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan system penjualan melalui internet marketing dan mendapatkan strategi pemasaran kami.


E.   Analisis SWOT
1.    Strength (Kekuatan)
Strength (Kekuatan) merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang di analisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau bisnis itu sendiri. Yang menjadi kekuatan usaha Butik Melisa Fashion ini adalah :
·           Pengorganisasian pada butik ini sudah tersususn dengan rapih.
·           Lokasi usaha yang terletak di kawasan/daerah yang padat penduduknya, yakni daerah pasar tradisional
·           Berdasarkan table proyeksi usaha butik yakni pada bulan ke-12 menyerap sekitar 175% peluang dalam mendapat keuntungan
·           Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga keberlangsungan took ini dapat terjamin.
2.    Weakness (Kelemahan)
Weakness (Kelemahan) adalah kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. Yang menjadi kelemahan usaha Butik Melisa Fashion ini adalah :
·      Modal yang kurang untuk melengkapi fasilitas yang belum ada pada usaha took baju. Seperti kamar pas dan patung model.
·      Ada beberapa pesaing yang terlebih dahulu berdiri sehimgga menurut inovatif dan kreatif bagi pengusaha yang ingin membuka usaha dalam bidang yang sama.
3.    Opportunity (Kesempatan)
Opportunity (Kesempatan) merupakan kondisi peluang yang berkembang dimasa datang yang akan terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi. Proyek atau bisnis itu sendiri. Misalnya : competitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar. Yang menjadi peluang usaha Butik Melisa Fashion ini adalah :
·      Persaingan yang masih sedikit. Pada pasar tersebut baru ada 1 toko yang menjual sepatu sekaligus baju, sedangkan kios disana kecil, sehingga jemis sepatu dan baju yang dijual hanya sedikit macamnya.
·      Dengan daya inovatif dan kreatif ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar.
4.    Threast (Ancaman)
Threast (Ancaman) merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi. Proyek atau bisnis itu sendiri. Yang menjadi ancaman usaha Butik Melisa Fashion ini adalah:
·      Golongan ekonomi yang menjadi pelanggan toko ini adalah menengah kebawah.
·      Cara pembayaran pelanggan yang menggunakan system kredit, dan beresiko kredit macet.
F.        Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Melisa fashion membidik pasar kelas menengah kebawah, dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dengan senan tiasa kembali ketempat kami. Karena segmen pasar usaha butik ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha butik lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapan dipenuhi dari butik, akan tetapi dangan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan butik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong ka mi untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.




BAB III
PENGORGANISASIAN
A.    Struktur Organisasi Usaha
Text Box: PEMILIK
Memey Melisa









 






Keterangan
1.      Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Perusahaan              : Melisa Fashion Butik
Jenis Produk/Jasa              : Pakaian terupdate dan Aksesoris
Alamat Perusahaan           : Jl. Raya Selajambe
No. Telp                            : 087723958725
Email                                 : melisafashionbutik@Gmail.com
2.      Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik                    : Memey Melisa
Jabatan                              : Manajer
Alamat pemilik                  : Dusun Ciawi
Agama                               : Islam
Jenis Kelamin                    : Perempuan
No. Telp                            : 082217122958
Email                                 : memeymelisa@Gmail.com
3.      Nama dan Alamat Bagian Persediaan
Nama                                 : Nansy Achyati Leonita
Jabatan                              : Bagian Persediaan
Alamat                              : Desa selajambe
Agama                               : Islam
Jenis Kelamin                    : Perempuan
No. Telp                            : 08896543271
Email                                 : NansyAchyatiLeonita@Gmail.com
4.      Nama dan Alamat Bagian Pelayanan
Nama                                 : Anisa Rahma
Jabatan                              : Bagian Pelayanan
Alamat                              : Desa selajambe
Agama                               : Islam
Jenis Kelamin                    : Perempuan
No. Telp                            : 0822965432712
Email                                 : Anisarahma@Gmail.com
5.      Nama dan Alamat Bendahara
Nama                                 : Adelia Pramesta
Jabatan                              : Bendahara
Alamat                              : Desa ciberung
Agama                               : Islam
Jenis Kelamin                    : Perempuan
No. Telp                            : 081321453778
Email                                 : Adeliapramesta@Gmail.com
6.      Nama dan Alamat Sekretaris
Nama                                 : Niken Tyagita
Jabatan                              : Sekretaris
Alamat                              : Desa Selajambe
Agama                               : Islam
Jenis Kelamin                    : Perempuan
No. Telp                            : 082217122967
                   Email                                : NikenTyagita@Gmail.com






BAB IV
DESKRIPSI USAHA
A.      Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai tiga lusi pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak di gunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan, berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen, bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate, hasil sablon sangat rapid an tidak mudah luntur walaupun beberapa kali cuci.
Kegunaan produk sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat. Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya : harga terjangkau oleh kemampuan konsumen, kualitas produk terjamin sesuai dengan selera masyarakat.
B.       Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha butik ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memmberikan sesuatu yang terbaikuntuk konsumen.
Melisa Fashion Butik terletak di desa selajambe. Butik ini sudah memenuhi persyaratan, karena lokasi tersebut tidak jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi butik sudah lancar.
      
 






BAB V
RENCANA PEMASARAN
A.      Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yng diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah table harga jasa produk yang ditawarkan. Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Harga
1.
Kemeja
>Rp. 120.000,- s/d Rp. 300.000,-
2.
Kaos
>Rp. 65.000,- s/d Rp. 200.000,-
3.
Jeans
>Rp. 200.000,- s/d Rp. 350.000,-
4.
Gaun
>Rp. 300.000,- s/d Rp. 450.000,-
5.
Kerudung
>Rp. 35.000,- s/d Rp. 90.000,-
6.
Rok
>Rp. 135.000,- s/d Rp. 250.000,-
7.
Jaket
>Rp. 300.000,-
8.
Aksesoris
>Rp. 24.500,- s/d Rp. 78.900,-

B.       Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan di butik kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam  menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
C.       Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada butik ini antara lain :
·      Membuat pemflet-pamflet berisi praduk-produk baru yang akan di temple tiap bulannya.
·      Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring social maupun forum
·      Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di Butik.
BAB VI
PERENCANAAN PERMODALAN
A.      Sumber-sumber Permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian melisa fashion butik yaitu dari pemilik butik sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.
B.       Neraca Permulaan Perusahaan
Biaya produksi per tahun terdiri dari :
Modal Awal Produksi
1.
Renovasi awal dan desain interior
Rp. 90.0000.000,-
2.
Kulakan baju grosir
Rp. 500.000.000,-
3.
Biaya soft dan promosi awal
Rp. 7.000.000,-
4.
Biaya gaji karyawan tahun pertama
Rp. 55.000.000,-
5.
Jumlah modal produksi
Rp. 652.000.000,-
Biaya Lain-lain :
1.
Listrik
Rp. 14.000.000,-
2.
Asuransi
Rp. 10.000.000,-
3.
Transportasi
Rp. 7.500.000,-
4.
Administrasi
Rp. 4.500.000,-
5.
Pajak
Rp. 2.750.000,-
6.
Pemeliharaan gedung dan lain-lain
Rp. 5.000.000,-
7.
Jumlah biaya lain-lain
Rp. 43.750.000,-
Total seluruh biaya produksi
Jumlah modal produksi           : Rp. 700.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain : Rp. 50.750.000,-
Total                                        : Rp. 750.750.000,-
C.       Proyeksi Aliran Kas
Untuk butik kami proyeksi keuntungan kator adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk butik kami ini, akan mampu menjual sekitar 970 juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250-300 juta pertahun.
Sehingga pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke-3, ke-4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi di luar daerah.
D.      Perencanaan Laba Rugi
No.
Investasi
Jumlah (Rp)
1.
Penyusutan gedung dan peralatan
Rp. 7.000.000,-
2.
Gaji pegawai
Rp. 70.000.000,-
Jumlah                                                             : Rp. 77.000.000,-
Biaya variable/produksi kulakan baju grosir   : Rp. 500.000.000,-
Biaya lain-lain :
1.
Listrik
Rp. 14.000.000,-
2.
Asuransi
Rp. 10.000.000,-
3.
Transportasi
Rp. 7.500.000,-
4.
Administrasi
Rp. 4.500.000,-
5.
Pajak
Rp. 2.700.000,-
Total modal produksi                                      : Rp. 43.750.000,-
Total Modal (Pengeluaran)                              : Rp. 750.750.000,-
Pendapatan penjualan aneka pakaian              : Rp. 970.000.000,-
Total Pendapatan                                            : Rp. 970.000.000,-
Proyeksi Laba/Rugi (Keuntungan)                  : Rp. 970.000.000,-
Total Modal/Pengeluaran                                : Rp. 750.750.000,-
Total Keuntungan Bersih                                : Rp. 219.250.000,-










BAB VII
  PENUTUP
Demikian proposal yang saya buat, menurt saya pribadi dalam membuat proposal tidak ada yang namanya kesempurnaan karena kesempurnaan hanyalah milik Yang Maha Kuasa, yang ada hanyalah kekurangan dan kelebihan, jika ada kekurangan dan kelebihan proposal yang saya buat mohon masukan saran dan kritikannya. Semoga langkah ini dapat memberikan kemajuan dan perkembangan usaha kami dan memajukan ekonomi Indonesia.
Terimakasih.





Share Post:

Yogi Iskandar


Yogi Iskandar

Yogi Iskandar

Sponsor By:

SUBSCRIBER


SUBSCRIBER

Iklan_Foot