Proposal Usaha
Kuliner
Oleh: Aisyah
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Keadaan
perekonomian yang tidak pasti di Negara berkembang seperti Indonesia ini
membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat
untuk lebih kreatif lagi dalam membuka lapangan usaha atau membuka usaha
sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga pengangguran tidak terlalu
meningkat. Berbeda dengan di Negara-negara maju dimana masyarakat seperti
kurang waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Kesibukan aktivitas yang
begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk berfikir lebih jernih
dan tenang. Sehingga diperlukan temap-tempat yang begitu tenang dan nyaman
untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Sehingga muncullah
sebuah ide saya untuk mendirikan sebuah CAFFE seperti apa yang didinginkan
pelanggan. Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik
dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara klasik dan modern
diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan
untk menikmati suasana caffe tersebut.
Selain itu,
cafee ini tidak hanya untuk kalangan remaja saja tetapi untuk semua tingkatan
masyarakat umum. Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung, menu-menu yang
variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian yang variatif dan
unik. Dengan berbagai jenis minuman yang unik diantaranya seperti Es Tissiu, Es
Spiritus, Es Kasus, Es Kolor Ijo dan Es Black Magic yang menjadi menu special
caffe ini. Namun minuman yang menjadi andalannya sebuah caffe biasanya adalah
aneka macam minuman coffe, seperti Cofee Latte, Cappucino, mochaccino dan lain
sebagainya. Istimewanya minuman berbahan koi ini terletak pada kopinya. Karena
kopi yang dipilih adalah kopi Arabica dan Robusta yang masih berbentuk butiran
dan akan ditumbuk dengan menggunakan mesin khusus sebelum kopi disajikan
sebagai minuman.
Tidak hanya itu
caffe ini tidak tidak hanya menyediakan minuman tetapi juga menyediakan
berbagai jenis makanan ringan dan juga Ice Cream. Jenis makanannya antara lain
Steak, Beaf Sosis, Pizza dan sebagainya. Caffe ini juga menerima pesan antar
Paket Meeting Gathering, Seminar dan paket yang lain sesuai dnegan kebutuhan
pribadi. Dengan berbagai kelebihan caffe ini, tentu tidak perlu ragu lagi untuk
dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan hidangan yang lezat.
Kemudian tata
ruang caffe ini dibangun dengan gaya kuno dengan perpaduan beberapa sudut
modern. Di Caffe ini terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking,
jadi pengunjung dapat memilihnya. Desain yang minimalis, tampak dari sofa dan
beberapa bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisional
modern.
B.
Ringkasan Usaha
1.
Biodata
Pemilik
Nama Pemilik :
Aisyah
Alamat
|
: Desa Jamberama Kecamatan Selajambe
Kabupaten Kuningan
|
Jenis Kelamin : Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir : Kuningan, 07 Maret 1999
Agama :
Islam
No. Telepon : 082320653974
Pendidikan Terakhir : SMK
2.
Manajemen
Nama perusahaan :
Nama pemilik : Aisyah
Bidang Usaha : Bidang Makanan
C.
Tujuan
1.
Akan
melayani segmen pasar masyarakat melalui makanan dan minuman yang disajikan dengan kualitas baik,
higenis dan sehat yang memiliki gizi standar dan makanan kesehatan yang
dibutuhkan oleh setiap orang pada umumnya serta kebersihan sesuai dengan
perusahaan berorientasi konsumen.
2.
Pembukaan
lapang kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama dikalagn ibu rumah
tangga, dan diantara mahasiswa atau siswa yang membutuhkan pekerjaan sampingan
untuk melanjutkan studi.
3.
Sebagai
sarana pengelolaan modal sumber daya yang bertujuan untuk membuat keuntungan.
4.
Berlahan-lahan
untuk membangun citra konsumen tentang pentingnya diet yang sehat.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pemilihan Lokasi
Usaha
Pemilihan lokasi
usaha caffe dipilih tempat yang begitu strategis dimana dekat dengan jalan
raya, di dalam moll sehingga dengan begitu dapat memudahkan pengunjung untuk
datang.
B.
Perizinan
Hal pertama yang
harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP). Selanjutnya,
lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha
(SITU), untuk diajukan ke dinas perizinan baik di kecamatan, kabupaten maupun
provinsi.
C.
Produk
Semua produk
makanan dan minuman yang tersedia di caffe ini memprioritaskan kesehatan.
Dimana semuannya terbuat dari buah-buahan, sayuran dan coklat yang masih segar.
Antioksidan dan nutrisi serta vitamin yang terkandung dalambuah-buahan dan
sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan tidak perlu lagi disanksikan. Dan
coklat juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi risiko
penyakit jantung, megurangi stress dan lain-lain.
Dibawah ini
berbagai produk yang disediakan diantaranya:
1.
Minuman
a.
Kopi
(coffe) yang diolah dalam berbagai jenis minuman seperti:
1)
Black
kopi yaitu kopi berwarna hitam, biasanya kopi ini sedikit lebih pahit.
2)
Cappuccino
ekpreso yaitu kopi yang dicampur susu, krim dan ditaburi oleh kismis, yang bisa
disajikan dalam keadaan dingin atau panas.
3)
Coffe
late yaitu kopi yang penyjiannya lebih banyak susu dari pada kopinya.
4)
Coffe
mocha yatu cara penyajian kopi dengan susu dan coklat
5)
Tradisional
drink yaitu minuman yang berbahan dasar buah yang dicampur dengan soda water.
6)
Avocado
float yaitu minuman dengan bahan dasar alpukat, krim dan coklat.
7)
Milk
shake ginjer yaitu perpaduan antara susu, coklat dan rempah-rempah seperti
jahe, kayu manis.
8)
Es
seperti es tissue, es psiritus, es kasus es kolor ijo dan es black magic.
9)
Jus
buah yaitu berbagai macam jenis jus buah segar yang disajikan dalam bentuk yang
unik.
10)
Jus
sayuran yaitu berbagai jenis jus sayuran yang banyak mengandung vitamin dan
baik untuk kesehatan.
11)
Ice
crean dengan berbgai jenis ice cream dengan rasa yang unik.
2.
Makanan
1)
Coklat
buah steamboat yaitu perpaduan antara coklat dan berbagai macam buah.
2)
Fruit
salad yaitu perpaduan antara buah-buahan dan sayuran.
3)
Sandwich
yaitu roti tawar dengan isi sayuran, daging, susu, keju.
4)
Beff
sosis yaitu roti yang di dalamnya terdapat sayuran, cincangan daging, sosis,
mayones, saus cabe dan saus tomat.
5)
Pizza
6)
Stek
kentang dan steak daging, dan lain-lain.
Kemudian Caffe
ini menyediakan fasilitas seperti:
a.
Jaringan
internet (WiFi)
b.
Televisi
c.
Ruang
bebas rokok dan ruang merokok
d.
Music
e.
Toilet
D.
Stategi
Pemasaran
Strategi
pemasaran dari caffe ini yaitu menggabungkan dua generasi yang berbeda dengan
konsep classic dan modern. Jadi konsumen yang dituju tidak hanya orang remaja
saja tetapi juga untuk semua kalangan masyarakat umum sehingga tidak spesifik
untuk orang-orang tertentu baik tua maupun muda, pekerja dan mahasiswa,
penduduk setempt maupun penduduk asing.
E.
Promosi
Cara mengetahui
produk ini mealui famlet-famlet, spanduk-spanduk yang ditempel didepan caffe
dan tempat-tempat yang umum dan rame. Iklan di media elektronik seperti tv,
radio, di media masa seperti Koran, majalah dan media sosial. Mempromosikan
kepada teman-teman untuk datang dan mempromosikan kepada keluarga dan
teman-temannya yang lain. Dan juga penyebaran melaui brosur di mall, perumahan
dan tentu saja tidak lupa melalui internet. Selain penghematan biaya juga
memiliki kesempatan luas untuk memperomosikan produk. Dengan kualitas produk
yang terjamin, lokasi yang strategis, kualitas pelayanan, harga produk yang
bersaing.
F.
Perhitungan
Harga dan Cara Pembayaran
1.
Perhitungan
Harga Jual untuk Produk
Minuman :
Black Kopi : Rp. 15.000,00
Cappuccino : Rp. 19.000,00
Coffe Mocha : Rp. 18.000,00
Coffe Late : Rp. 17.000,00
Tropical Drink : Rp. 22.000,00
Jus Buah : Rp. 12.000,00
Jus Sayuran : Rp.
10.000,00
Ice Cream : Rp. 15.000,00
Milk Shake Ginjer : Rp. 17.000,00
Avocado Float : Rp. 20.000,00
Es : Rp. 15.000,00
Makanan:
Coklat Buah Steamboat : Rp. 25.000,00
Fruit Salad : Rp.
19.000,00
Sandwich : Rp. 21.000,00
Beff Sosis : Rp. 15.000,00
Pizza : Rp. 30.000,00
Stek Kentang : Rp. 18.000,00
Steak daging : Rp. 30.000,00
2.
Cara (system)
Pembayaran
Pengunjung dapat membayar dengan
uang tunai ataupun dengan kartu kredit. Jika terjadi pembelian secara
besar-besaran misalkan untuk sebuah acara seperti pesta, caffe ini memberikan
discount kepada pembeli tersebut karena caffe ini juga menerima pesan antar,
dengan begitu perputaran uang akan lebih cepat dan mudah mendapatkan
keuntungan.
BAB
III
ANALISIS
SWOT
1.
Strength
(kekuatan)
a.
Caffe
dengan menu yang harganya sesia kantong mahasiswa/pelajar.
b.
Menghadirkan
menu kucingan dengan tempat caffe yang klasik dan modern tapi nyaman.
c.
Dilengkapi
dengan fasilitas WiFi, music serta TV.
d.
Banyak
variasi menu sehingga pelanggan dapat memilih selera masing-masing.
e.
Dekat
dengan supplier
2.
Weaknesses
(kelemahan)
a.
Dana
yang dibutuhkan untuk pengadaan sarana dan prasarana cukup besar.
b.
Pada
awal pembukaan perlu promosi exstra.
c.
Banyak
pesaing.
d.
Produk
belum dikenal masyarakat luas.
3.
Opportunity
(peluang)
a.
Sasaran
yang luas dari berbagai kalangan luas.
b.
Life
style atau gaya hidup suka makan diluar dan kongkow bersama teman.
c.
Harga
yang lumayan murah dan sesuai dengan kantong mahasiswa/pelajar.
4.
Threat (ancaman)
a.
Kebanyakan
masyarakat mengaggap caffe adalah tempat mahal.
b.
Adanya
pesaing
c.
Kenaikan
harga bahan pokok dan bumbu masak
d.
Kelangkaan
bahan bakar (LPG).
Sedangkan Analisa Matriknya:
1.
Bagaimana
S mampu mengambil keuntungan dari O
-
Maslah
produk yang belum dikenal, saya akan gencar mempromosikannya via jejaring
sosial dan juga menikuti event yang ada seperti pasar malam atau pameran.
2.
Bagaimana
cran mengatasi W yang mencegah
keuntungan dari O
-
Adanya
discount
-
Memberikan
paket murah di akhir pekan
3.
Bagaimana
S mampu menghadapi T
-
Dilengkapi
dengan WiFi sehingga pelanggan merasa betah dan nyaman
-
Memberikan
inovasi pada produk sehingga walaupun produk sama tetapi ada yang berbeda
dengan pesaing
4.
Bagaimana
cara mwngatasi W yang mampu membuat T menjadi nyata atau menciptakan sebuah
ancaman baru
-
Membuat
kartu kecil yang berisi testimony pelanggan, sehingga kita mendapat masukan dan
tahu akan kekurangan.
BAB
IV
PENGORGANISASIAN
|
MANAGER
OPERASIONAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
WAITER
|
|
COUREER
|
|
KOKI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Operasional
Manager
Adalah seseorang yang ditunjuk
sebagai kepala dalam operasional caffe tugas-tugas dari seorang manager, yaitu:
a.
Mengawasi
jalannya proses operasional caffe
b.
Bertanggungjawab
terhadap jalannya operasional caffe
c.
Mengkoordinasi
bahan-bahan operasional caffe
d.
Mengkoordinasi
pegawai yang sedang bertugas
e.
Melakukan
prediksi dan ide-ide dalam mempromosikan caffe
f.
Mengetahui
hasil dari operasional caffe
g.
Mengawasi
segala kebutuhan operasional caffe
h.
Menentukan
jumlah operasional caffe
i.
Bertanggungjawab
terhadap proses produksi operasional caffe
j.
Memberikan
training kepada pegawai
k.
Purchasing
l.
Accounting
2.
Waiter dan
Coureer
Waiter atau waitress adalah
sekelompok orang yang bertugas untuk melayani kebutuhan tamu caffe. Tugas-tugas
mereka antara lain:
a.
Melayani
tamu secara operasional
b.
Memperhatikan
kebutuhan tamu
c.
Mengetahui
produk yang dijual
d.
Bertanggungjawab
terhadap opersional caffe
e.
Menerima
pesanan dari tamu
f.
Membuatkan
makanan dan minuman tamu
g.
Menyiapkan
makanan dan minuman tamu
h.
Membersihkan
peralatan yang kotor
i.
Bertanggungjawab
dalam proses produksi
3.
Koki
a.
Memasak
makanan untuk tamu caffe
b.
Menyiapkan
pesanan dari tamu
c.
Memberikan
pelayanan kepada tamu caffe
d.
Bertanggungjawab
terhadap produksi operasional caffe
e.
Membantu
waiter atau wairess
f.
Membantu
dalam memberikan pelayanan kepada tamu caffe
BAB V
RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)
Biaya tanah dan bangunan : Rp. 350.000.000
Biaya produksi : Rp. 100.000.000/bulan
Biaya peralatan : Rp. 100.000.000
Gaji karyawan (2 koki dan 4 pelayan) : Rp. 21.000.000/bulan
Biaya lain-lain : Rp. 10.000.000/bulan
Rp.
Pinjaman ke Bank = Rp.
550.000.000
Bunga 2.2% x 685.000.000 = Rp. 15.070.000
Setoran perbulan selama 3 tahun = Rp. 34.100.000
Setoran perhari =
Rp. 1.150.000
Pengeluaran
perbulan:
Setoran =
Rp. 34.100.000/bulan
Gaji Karyawan =
Rp. 25.000.000/bulan
Biaya Produksi =
Rp. 150.000.000/bulan
Biaya lain-lain = Rp. 5.000.000/bulan
Rp. 214.100.000/bulan
Pendapatan perbulan :
Pendapatan Perhari = Pendapatan perhari-pengeluaran perhari
= Rp.
7.400.000 – Rp. 7.150.000
= Rp.
250.000/hari
Pendapatan Perbulan = Rp. 250.000 X 30
= Rp. 7.500.000/bulan
BAB VI
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas bahwa sebuah
caffe harus memiliki keunggulan produk yang baik seperti:
1.
Citra
rasa produk yang dihasilkan, kualitas, mutu produk, kebersihan.
2.
Cara
penyajian yang lebih unik dan istimewa agar lebih menarik.
3.
Fasilitas
ruang caffe yang begitu nyaman dan dilengkapi dengan jaringan internet dan
music.
Demikianlah proposal usaha ini penulis buat.
Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua, tidak
lupa penulis mengucap syukur kepada Allah Swt karena atas segala rahmat dan
hidayah-Nya kami menyelesaikan proposal usaha ini..
Semoga proposal ini dapat diterima oleh
semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha
Caffe ini. Dengan selesainya proposal usaha ini, kami berharap dapat segera
mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun
sangatlah saya harapkan dari semua pihak, karena saya menyadari bahan atau
proposal ini masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga
dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih
baik lagi. Atas segala perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
Proposal Usaha
Butik
Oleh: Cucu Riska Diyanti
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Nama dan Alamat
Perusahaan
Nama
Perusahaan Butik
|
: Butik Azizah
|
Alamat
Perusahaan
|
: Jl.
Siliwangi, No.88 - Kuningan
|
No. Telp
|
: (021)8401767
|
E-mail
|
|
B.
Nama dan Alamat
Pemilik
Nama
Pemilik
|
:
Cucu Riska Diyanti
|
Usia
|
:
18 tahun
|
Jenis
Kelamin
|
:
Perempuan
|
Pekerjaan
|
:
Wirausaha
|
Alamat
Pemilik
|
:Rt/rw
15/04 dusun Karangtengan, Desa
Kutawaringin, Kec. Selajambe-Kuningan 45566
|
No.
Telp
|
:
082318585696
|
C.
Nama dan Alamat Penanggung
Jawab
Nama
|
:
Erizka Puri Anindia
|
Alamat
|
:
Cikadu RT/01 RW/04, Bogor
|
No.
Telp
|
:
082321354364
|
D.
Nama dan Alamat
Sekretaris
Nama
|
: Niken Kayla
|
Alamat
|
: RTM No.56,
Kelapa Dua-Depok
|
No. Telp
|
: 081324657876
|
E.
Informasi
Tentang Bisnis yang Dilaksanakan
Perusahaan kami
bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka baju serta fashion
muslimah yang pastinya up to date dan cocok dengan selera masyarakat Kuningan,
khususnya untuk kaum remaja dan dewasa.
Sebelum kami
menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka harus mempunyai modal
usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan
mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang
mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan
perusahaan ini, yaitu :
1)
Berperan
aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan;
2)
Menyediakan
kebutuhan fashion bagi masyarakat;
3)
Mengurangi
tingkat pengangguran;
4)
Menjalin
persahabatan antara pelanggan; dan
5)
Mendapatkan
keuntungan atau laba.
BAB II
RANGKUMAN
EKSEKUTIF
A.
Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan
semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan
dengan kebutuhan fashion, maka saya berinisiatif untuk membuka suatu usaha
“Butik” yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Perusahaan bisnis butik ini berdiri
atsa kerjasama serta keinginan anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang
sama dalam bidang fashion dan desain, generasi muda ini mencetuskan mendirikan
sebuah usaha distro yang dinamkan “BUTIK AZIZAH” yang berdiri di Kuningan,
lingkungan yang memiliki tingkat pendidikan pengetahuan tentang mode, tapi
masih minim dalam mempromosikan pentingnnya kebutuhan fashion yang baik dan
berkualitas bagi masyarakat.
“BUTIK AZIZAH” didirikan untuk
memplopori kecintaan pemudi dalam bidang fashion yang up to date tanpa
melupakan corak dan cirri khas Indonesia.
B. Visi dan Misi
-
Visi
Mitra dan solusi
bbagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion
yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
-
Misi
Memberikan dan menerapkan pelayanan yang
baik dan berkualitas demi kepuasan pelanggan.
C. Lokasi
Lokasi yang
dipilih merupakan tempat yang strategis di pertengahan keramaian kota Kuningan,
karena berada tidak jauh dari pusat kota, lokasi mudah terlihat dan berada di
jalan utama kota Kuningan yang merupakan
Jl. Siliwangi no. 88, sehingga
dapat dengan mudah dicari dan di datangi.
D. Ruangan/Tempat & Fasilitas
Ruangan/tempat
yang dibutuhkan pada awal membuka usaha butik ini tidak terlalunluas dan juga
tidak terlalu sempit, yakni satu ruangan berukuran 30m x 35m berlantai 2;
tempat parkir 50m x 50m; ruang ganti 3m x 4m (4 ruang ganti); toilet 7m x 8m (2
toilet putra-putri); ruang tamu berukuran 9m x 10m (dengan fasilitas soffa,
televisi), dan ruang administrasi berukuran 20m x 22m.
E. Waktu Operasional
Waktu untuk
melakukan pelayan usaha butik ini, di buka dari pukul 08.00 s.d 20.00 WIB.
F. Kesan/Counter Style
Kesan yang akan
kami bangun dalam melayani pelanggan adalah “Comfortable and High Quality With
Smile”. Sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan
membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.
G. Konsep/Strategi Promosi
Membuat sebuah display dipintu gerbang dan
mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur
promosi. Selain itu, kami membeuat advertisement secara on-line di internet
agar bisa di jangkau masyarakakat luas dengan cara melakukan transaksi ataupun
bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis “BUTIK AZIZAH” akan lebih
mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
-
Membuat
pamphlet-pamphlet berisi produk-produk baru yang akan di temple tiap bulannya.
-
Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
-
Membuat
catalog-catalog mengenai fashion yang sedang up to date di butik.
H. Target Pelanggan
Target
pelanggan butik ini adalah :
Pemudi
yang sedang terpengaruh oleh fashion-fashion yang up to date. Mereka adalah
pengguna pakaian yang memiliki ciri khas tertentu.
BAB III
ANALISIS
INDUSTRI
A. Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan
terciptanya tempat usaha yang bergerak dibidang perdagangan, khususnya dalam
hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka saya yakin usaha ini akan maju.
Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama
sekitar daerah kota Kuningan pada saat ini sangat besar.
B. Analisis Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa sekitar lokasi tempat kami dirikan
tempat usaha butik ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian
dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
C. Sistem Penjualan
Sistem
penjualan yang digunakan dengan cara kontan pembayaran dapat melalui ATM, kartu
kredit, Dll
D. Segmentasi Pasar
Segementasi
pasar yang akan dimasuki “BUTIK AZIZAH” membidik pasar kelas
menengah kebawah, dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsifnya kami
akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan prima,
sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kamidan senantiasa
kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha butikini cenderung
kemasyarakatan sehinga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha butik
lainnya.
Pada awalnya
pemenuhan permintaan pakaian dapat di penuhi dari butik, akan tetapi dengan
semakin tinggi populasi rakyat semakin rendah. Hal ini mendorongkami untuk
melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
E. Evaluasi Tentang Kelemahan (Risiko) Usaha/Analisis
SWOT
a)
Strength
(Kekuatan)
1)
Bertanggungjawab,
disiplin kerja, kreatif dan inovatif.
2)
Dapat
memenuhi kebutuhan pelanggan.
3)
Memebrikan
pelayanan prima terhadap pelanggan.
4)
Menjual
produk yang berkualitas.
b)
Weaknes
(Kelemahan)
1)
Persaingan
pasar dengan perusahaan yang berskala nasioanal.
2)
Berubahnya
kondisi perekonomian.
c)
Oportunity
(Peluang)
1)
Dengan
tetap menjaga mutu dan kualitas produk, saya yakin saya dapat bersaing walaupun
harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul dikemudian
hari.
2)
Saat
ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di pertengahan
kota Kuningan, membuat saya yakin bahwa kedepannya usaha bisnis dalam bidang
perdagangan ini akan maju.
d)
Threaty
(Ancaman)
Perusahaan-perusahaan baru yang sejenis
yang berusaha menyaingi perusahaan bisnis perdagangan saya, dengan style-style
terbaru.
F. Gambaran Tentang Masa Kini
Resiko yang
dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan
pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya butik-butik maupun
outlet-outlet yang menjual pakaian dengan mudah dan murahyang berskala internasional.
Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi butik
lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu
memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan
selera dan kebutuhan masyarakat.
Dengan begitu
pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke
tempat saya.
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
A. Produk Yang Dihasilkan
Semakin
tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga bisa
saja menghabiskan 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang
semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh oleh anak remaja.
Adapun kualitas
produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan :
1)
Berkualitas
tinggi dan dapat memuaskan konsumen;
2)
Bermacam-macam
bentuk dan ukurannya dengan style yang up to date.
Selain
itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, sebagai berikut
:
1)
Harga
terjangkau oleh kemampuan konsumen;
2)
Kualitas
produk terjangkau;
3)
Sesuai
dengan selera masyarakat.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A.
Proses Produksi
Proses
produksi yang kami jalankan dalam perusahaan “butik azizah” ini
dapat dilihat
sebagai berikut :
1)
Sumber
Produk/Bahan
Untuk
sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier
atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya, dengan
model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak
merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang
membelinya.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A.
Penetapan Harga
Harga yang akan
dikenakan adalah harga yang yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat
sekitar.
Berikut adalah tabel harga jasa produk
yang ditawarkan. Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan
perkembangan yang akan datang.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga (Rp)
|
1
|
Kemeja
|
120.000,- s/d 300.000,-
|
2
|
Kaos
|
65.000,- s/d 200.000,-
|
3
|
Jeans
|
200.000,- s/d 350.00,-
|
4
|
Gaun
|
300.000,- s/d 450.000,-
|
5
|
Kerudung
|
35.000,- s/d 90.000,-
|
6
|
Rok
|
135.000,- s/d 250.000,-
|
7
|
Jaket
|
300.000,- s/d 450.000,-
|
8
|
Aksesoris
|
21.500,- s/d 78.500,-
|
BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
A.
Job Description
1)
Pemilik
usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan
sekali dari hasil usaha.
2)
Sekretaris
bertugas untuk membuat surat-surat yang dibutuhkan oleh perusahaan, mencatat
data, dan lain sebagainya.
3)
Bendahara
bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
4)
Penanggungjawab
bertugas untuk bertanggungjawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di
distro dan bertanggungjawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani
pelanggan.
5)
Karyawan
bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan
prima.
B.
Struktur
Organisasi
Keterangan
:
1.
Direktur
Direktur yaitu
pemiliki usaha butik ini dengan tugas memantau jalannya dan input/output
keuangan usaha dan kemajuan usaha.
2.
Departement
Keuangan
Mengatur
perputaran uang atau dana yang masuk dan keluar
3.
Departement
Personalia
Mengatur segala
hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia (SDM).
4.
Departement
Riset
Mempelajari tren
karakteristik dan permintaan konsumen.
5.
Departement
Designer
Mendesain produk
yang akan dibuat dan membuat model untuk katalog.
6.
Departement
produksi
Yang memproduksi produk yang akan
dibuat.
7.
Departement
marketing
Memasrkan dan mencari kerjasama dengan
perusahaan lain.
C.
Latar Belakang
Tim Management
Terdiri dari
orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang
berhubungan dengan usaha butik. Selain itu, dituntut profesionalisme dalam
menjalankan setiap pekerjaannya.
D.
Status
Kepemilikan Usaha
Badan usaha
adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan.
Adapun status kepemilikan “butik azizah” yaitu perseroan. Dimana pengolahan
dilakukan langsung oleh pemilik.
BAB VIII
PERENCANAAN PERMODALAN
A.
Sumber
Permodalan
Sebagai sumber
awal mula pendirian “butik azizah”yaitu dari pemilik butik sendiri,
dikarenkakan modal yang dimiliki oleh pemilik butik tidak mencukupi maka dari
itu pemilik memilih tindakan untuk melakukan pinjaman ke-Bank dengan jangka
waktu 3 tahun pembayaran. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah
perusahaan dalam bidang perdagangan.
a.
Modal
Pribadi = Rp. 439.400.000,-
b.
Pinjaman
= RP. 500.000.000,-
B.
Pembiayaan
1)
Investasi
awal
No
|
Uraian
|
Total (Rp)
|
1 .
|
Pembelian
tanah (1 hectar)
|
Rp.
100.000.000,-
|
2 .
|
Renovasi awal
bangunan & desain interior
|
Rp.
200.000.000,-
|
3.
|
Kulakan baju
grosir/ impor barang
|
Rp.
350.000.000,-
|
4.
|
Peralatan/Sarana
prasarana
|
Rp. 65.000.000,-
|
5.
|
Biaya soft
opening & promosi awal
|
Rp. 10.000.000,-
|
6.
|
Gaji karyawan
(7 orang) tahun pertama
|
Rp.
176.400.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 901.400.000,-
|
2)
Biaya
lain-lain
No
|
Uraian
|
Total (Rp)
|
1.
|
Listrik
|
Rp. 7.000.000,-
|
2.
|
Asuransi
|
Rp.
10.000.000,-
|
3.
|
Transfortasi
|
Rp. 6.500.000,-
|
4.
|
Administrasi
|
Rp. 5.000.000,-
|
5.
|
Pajak
|
Rp. 2.750.000,-
|
6.
|
Air
|
Rp. 1.750.000,-
|
7.
|
Pemeliharaan
gedung dan peralatan
|
Rp. 5.000.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 38.000.000,-
|
Jadi modal yang dibutuhkan adalah :
Intestasi Awal + Biaya Lain-Lain = TOTAL
Rp.
901.400.000,-
Rp.
38.000.000,- +
Rp. 939.400.000,-
C.
Pendapatan
Minimal/hari
Modal Pribadi = Rp. 439.400.000,-
Pengembalian modal jangka waktu 5 tahun
= Rp. 439.400.000,-
60 bulan
=
Rp. 7.324.000,-
Pinjaman = RP. 500.000.000,-
Setoran/bulan
dalam jangka 3 tahun = pokok + bunga 2,2%
= Rp. 13.889.000,- + Rp. 11.000.000,-
= Rp. 24.889.000,-
Bunga/bulan = 2,2 % x 500.000.000 = Rp. 11.000.000,-
Jadi pendapatan minimal/hari yang harus
diperoleh adalah :
No
|
Uraian
|
Total (Rp)
|
1.
|
Setoran/bulan
|
Rp. 24.889.000,-
|
2.
|
Gaji / bulan
|
Rp. 14.700.000,-
|
3.
|
Biaya
lain-lain
|
Rp. 38.000.000,-
|
Jumlah
|
= Rp.
77.589.000,-
30 hari
= Rp. 2.586.300,-
|
Pendapatan/hari
|
Rp. 2.586.300,-
|
BAB IX
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Bisnis busana
butik muslimah menjadi pemicu bagi masyarakat sekitar, karena selain menarik,
juga sebagai pengembangan awal busana muslim yang sedang trend pada masa kini.
Busana muslim pada saat ini sedang menjadi incaran bagi kaum hawa, karena
selain angggun ketika dikenakan juga selalu menarik perhatian orang banyak.
Sebab, corak dan model busana muslim yang dkenakan lebih indah dilihat dan
memikat hati di bandingkan busana yang trend dari luar selalu memperlihatkan
auratnya.
B.
Saran
Jadilah contoh
utama bagi kaum hawa untuk mengenakan hijab yang syar’ii di masa era
globalisasi yang modern ini.
Proposal Usaha
Warnet
Oleh: Nurjanah
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dengan
semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi dan komunikasi, maka harus
diiringi oelh kemajuan teknologi juga, guna mendukung efektifitas dan efesiensi
pekerjaan manusia. Salah satu kemajuan tekonologi yang cukup berperan dan cukup
dirasakan manfaatnya bagi manusia, yaitu dengan kehadiran internet ditengah
masyarakat. Dengan menggunakan internet masyarakat mampu menjangkau bagian
paling jauh dari umi ini bahkan berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya
tanpa harus bertatap muka langsung.
Banyak
manfaat yang diperoleh dari kehadiran internet, salah satunya sebagai sumber
informasi, sarana komunikasi, serta sebagai media hiburan. Apalagi dengan
kehadiran jejaring sosial yang saat ini sangat digandrungi masyarakat,
kenyataan ini tentu akan meningkatkan para pengguna internet. Karena manusia
tidak dapat hidup sendiri oleh sebab itu internet meningkatkan intensitas
manusia untuk saling bertukar informasi.
B. Visi
Mendapatkan
keuntungan yang besar serta dapat memberikan jasa internet dengan pasilitas
yang nyaman dan harga terjangkau.
C. Misi
1)
Menjalankan
bisnis ini dengan manajemen yang baik
2)
Memberikan
pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jasa internet
D. Tujuan
Tujuan dari
pendirian usaha warnet ini adalah :
1)
Memudahkan
masyarakat mengakses internet lebih cepat
2)
Meningkatkan
mutu SDM masayarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi informasi
terutama internet
3)
Menciptakan
lapangan kerja
4)
Mendapatkan
profit
5)
Sebagai
lahan berwirausaha
E. Manfaat
Manfaat
dari usaha warnet ini adalah masyarakat dapat memperoleh akses internet yang
lebih mudah. Masyarakatpun dapat terbantu dengan adanya pasilitas internet ini
terutama pelajar yang membutuhkan wawasan dan penegtahuna yang luas. Internet
dapat memberikan banyak sekali informasi kepada pelajar untuk membantu
mengerjakan begbagai tugas sekolah mereka.
Tidak
hanya pelajar yang akan terbantu dengan adanya warnet ini. Masayarakat umum
juga dapat terbantu dalam hal komunikasi seperti menggunakan email dan akses
informasi yang mudah. Dengan adanya warnet ini, masyarakat disekitarya juga
akan meningkat kemampuannya dalam hal pegoperasian teknologi yaitu komputer.
F. Identitas Perusahaan
1.
Nama
perusahaan : Cahaya Abadi
2.
Alamat
perusahaan : Jl. Dalem, Desa
Tigaherang, dekat MTs
Negeri Cihawar Tigaherang
Keunggulan Lokasi Usaha :
§ Lokasi sangat berpotensial
untuk di dirikan usaha warnet, karena lokasi usaha dekat dengan pemukiman warga
yang padat dan bersebelahan langsung dengan MTs Negeri Cihawar Tigaherang.
§ Lahan parkir
teduh dan cukup luas
§ Lokasi usaha
memiliki teras yang teduh, yang memungkinkan pengunjung saling bercengkerama
satu sama lain dengan pengunjung lain yang sedang menunggu antrian disaat
warnet sedang penuh.
§ Usaha warnet
beralokasi tepat dipinggir jalan, yang memungkinkan pengunjung dapat menjangkau
lokasi dengan mudah.
3.
No.
Telepon/Hp : 085723975293
G. Bentuk dan Bidang Usaha
Bentuk Usaha :CV. CAHAYA ABADI
Bidang Usaha :
- Usaha jasa foto copy, jilid,
laminating, dll
-
Usaha
jasa penyewaan internet (warnet)
-
Jasa
Pengetikan Dokumen
-
Usaha
toko buku
-
Jasa
print kertas
-
Service
komputer
H. Waktu Usaha
Usaha warnet
ini, buka pada :
Hari buka : setiap hari (hari besar tutup)
Waktu : 08.00 - 22.00 WIB
BAB II
ANALISIS
A.
Kelayakan Dengan
Analisis Swot
Bisnis
warnet sekarang ini jika kita lihat pangsa pasar yang setiap harinya sangat membutuhkan
warnet atau warung internet. Dalam bisnis ini sudah layak dilakukan sebab
sistem internal yang dimiliki seperti : lokasi, modal, SDM, dan sarana
prasarana sudah bisa tercukupi secara efektif dan efisisen. Jika melihat sisi
internal bisnis ini juga layak dilakukan karena pangsa pasar yang jelas dan
lokasi yang cukup strategis. Penentuan ketentuan yang diperoleh untuk mencapai
BEF antara total pengeluaran dan total pendapatan sangat cepat dicapai. Untuk
mengambil keputusan mengenai kelayakan bisnis perlu mengambil analisis SWOT
(Strength, Weakness, Opportunity, dan Threants), adapun analisisnya adalah
sebagai berikut :
1)
Strength
(kekuatan)
§ Sumber daya
manusia yang unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas
§ Memiliki modal
yang cukup
§ Kemampuan dala
tataran konsep dan praktek
§ Dalam mengakses
internet cepat
§ Kemampuan
melakukan pengembangan usaha karena dari unit usaha ini akan mampu menyediakan
kebutuhan dan keinginan yang lain
§ Memiliki relasi
bisnis warnet yang banyak
2)
Weaknees
(kelemahan)
§ Selama masa
liburan usaha kami akan mengalami penurunan pendapatankarena para siswa/siswi
libur
§ Modal yang kami
butuhkan relatif besar
3)
Opportunity
(peluang)
§ Dekat dengan
pangsa pasar dan aktifitas administrasi
§ Mampu
mengerjakan pekerjaan dalam partai besar karena pengelola memilki akses yang
banyak
4)
Threants
(tantangan)
§ Mengalami
kesulitan dalam perkembangan usaha, karena usaha baru berada pada fase perintis
§ Tingginya biaya
operasional kerika usaha baru mulai berdiri
§ Belum memahami
karakter konsumen
BAB III
PENGORGANISASIAN
A. Stuktur Organisasi
|
PEMILIK USAHA/MANAGER
|
|
NURJANAH
|
|
|
ASISTEN MANAGER
|
LELA SARI
|
|
|
|
|
|
|
|
SEKRETARIS
|
BENDAHARA
|
NABILA
|
ZASKIA
|
|
|
|
|
OPERATOR KOMPUTER
|
SERVICE AND MAINTERANCE
|
RIZKI
|
RIDHO
|
|
|
|
|
STAFF PELAKSANA JASA PENGETIKAN
|
KEAMANAN
|
NAUVAL
|
M. LATIF
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Uraian tugas
Dalam
mendirikan usaha warnet ini, semua anggota koperasi telah memiliki peranan dan
tugas masing-masing yang telah disepakati. Berikut uraiannya :
1.
Pemilik
Usaha/Manager
a.
Memimpin
koperasi yang mengontrol segala kegiatan warnet
b.
Bertanggung
jawab atas semua kegiatan para anggota koperasi
c.
Bertanggung
jawab atas semua kegiatan operasional warnet
d.
Membagi
hasil keuntungan bersih kepada setiap anggota koperasi
2.
Wakil
ketua/ Asisten Manager
a.
Mewakili
semua tugas ketua koperasi apabila ketua koperasi sedang tidak ditempat/sedang
sibuk
b.
Menghadapi
segala keluhan yang diberikan pengunjung terhadap warnet, yang masih bisa
diselesaikan oleh wakil ketua, sebelum disampaikan kepada ketua koperasi
3.
Sekretaris
a.
Bertugas
sebagai penyusun dokumen yang berkaitan dengan kelangsungan kegiatan
operasional warnet
4.
Bendahara
a.
Mencatat
segala pemasukan dan pengeluaran rutin warnet
b.
Mencatat
segala biaya operasional tambahan
5.
Operator
a.
Melayani
pengunjung yang datang menyewa jasa internet
b.
Sebagai
admin dalam sebuah warnet, yang mengatur biaya sewa
c.
Mengontrol
keadaan dan kebersihan warnet
6.
Service
And Mainterance
a.
Bertugas
melakukan trouble shooting pada PC yang mengalami gangguan teknis
b.
Mereparasi
komponen PC yang rusak yang masih bisa di reparasi
c.
Bertugas
memerintah pembelian komponen PC yang harus diganti
7.
Staff
pelaksana jasa pengetikan yang bertanggung jawab atas jasa pengetikan, alat
penegetikan, serta order yang diterima harus sesuai dengan kapasitas staff
sendiri agar menghindari terjadinya kekeliruan yang terjadi karena banyaknya
order yang diterima serta menjaga kualitas pengetikan.
8.
Keamanan
yang bertanggung jawab atas keamanan internal maupun eksternal perusahaan,
serta mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dilingkungan perusahaan
yang sedang beroperasi
BAB VI
RENCANA ANGGARAN
BIAYA
A.
Biaya Alat Dan
Sarana
Alat dan Sarana
|
Uraian
|
Biaya
|
1 paket PC
|
Rp.
2.500.000,-@11 unit
|
Rp. 27.500.000,-
|
Wifi
|
Rp.
10.000.000,-@1 unit
|
Rp. 10.000.000,-
|
Headset
|
Rp. 30.000,-@10
unit
|
Rp. 300.000,-
|
Webcam
|
Rp.
80.000,-@10 unit
|
Rp. 800.000,-
|
Stabilizer
|
Rp. 200.00,-@2
unit
|
Rp. 400.000,-
|
Meja bersekat
|
Rp.
100.000,-@10 unit
|
Rp. 1000.000,-
|
Karpet 4X10m2
|
Rp.
180.000,-@1 unit
|
Rp. 180.000,-
|
Switch
|
Rp. 150.000,-@
2 unit
|
Rp. 300.000,-
|
Steker 3 in 1
|
Rp.
12.000,-@15 unit
|
Rp. 180.000,-
|
Kabel UTP/roll
|
Rp.
500.000,-@2 unit
|
Rp. 1000.000,-
|
Printer +
scanner
|
Rp.
1000.000,-@1 unit
|
Rp.1000.000,-
|
Jasa intalasi
server
|
Rp.
750.000,-@1 unit
|
Rp. 750.000,-
|
AC
|
Rp.
750.000,-@1 unit
|
Rp. 750.000,-
|
Lampu ruangan
|
Rp. 30.000,-@4
unit
|
Rp. 120.000,-
|
Tinta printer
|
Rp. 20.000,-@8
unit
|
Rp. 160.000,-
|
Kertas
HVS/A4/F4
|
Rp. 30.000,-@5
rim
|
Rp. 150.000,-
|
Mesin Fotocopy
|
Rp.
25.000.000,-@1 unit
|
Rp. 25.000.000,-
|
Tinta mesin
Fotocopy
|
Rp. 25.000,-@5
unit
|
Rp. 125.000,-
|
Etalase
|
Rp.
1.500.000,-@1 unit
|
Rp. 1.500.000,-
|
Meja dan kursi
|
Rp.
500.000,-@1 unit
|
Rp. 500.000,-
|
Alat pemotong
kertas
|
Rp.
300.000,-@1 unit
|
Rp. 300.000,-
|
Mesin
laminating
|
Rp.
1000.000,-@1 unit
|
Rp. 1000.0000,-
|
Alat-alat
untuk
menjilid :
§ Staples besar
§ Staples sedang
§ Steples kecil
§ Steples paling
kecil
§ Cutter
§ Mistar besi
|
Rp.
300.000,-@1 unit
Rp.
200.000,-@1 unit
Rp. 30.000,-@1
unit
Rp. 10.000,-@2
unit
Rp. 10.000,-@2
unit
Rp. 5000,-@2
unit
|
Rp. 300.000,-
Rp. 200.000,-
Rp.30.000,-
Rp. 20.000,-
Rp. 20.000,-
Rp. 10.000,-
|
ATK :
§ Buku tulis
§ Pulpen
§ Pensil
§ Penghapus
§ Penggaris
§ dll
|
Rp.
25.000,-@20 unit
Rp.
15.000,-@10 unit
Rp.
15.000,-@10 unit
Rp. 15.000,-@5
unit
Rp. 1000,-@30
unit
Rp.
10.000.0000
|
Rp. 500.000,-
Rp. 150.000,-
Rp. 150.000,
Rp. 150.000,-
Rp. 300.000,-
Rp. 10.000.0000,-
|
Sarana dan
prasarana penunjang lainnya
|
Rp. 10.000.000
|
Rp. 1000.000,-
|
TOTAL
|
|
Rp. 94.845.000,-
|
B.
Biaya
Operasional
Operasional
|
Uraian
|
Biaya/Bulan
|
Sewa
ruko
|
Rp.
10.000.000,-/bulan
|
Rp.
10.000.0000,-
|
Tagihan
listrik (rata-rata)
|
Rp.
500.000,-/bulan
|
Rp.
500.000,-
|
Perawatan
rutin PC
|
Rp.
50.000,-@11 unit/bulan
|
Rp.550.000,-
|
Perawatan
rutin AC
|
Rp.
300.000,-@1 unit/bulan
|
Rp.
300.000,-
|
Pelunasan
cicilan modal awal
|
Pinjaman
modal sebesar Rp. 100.000.000,-
|
Rp.
10.000.000,-
|
Biaya
pengembangan
|
|
Rp.
1000.000,-
|
TOTAL
|
|
Rp.
22.350.000,-
|
C.
Asumsi
Keuntungan
Jasa
|
Uraian
|
Laba
Kotor/Bulan
|
Sewa
internet
|
@Rp.
3000 X 14 jam/hari X 20 pc X 30 hari
|
Rp.
25.200.000,-
|
Print
|
@Rp.
1000,- X 20 lembar/hari X 30 hari
|
Rp.
600.000,-
|
Scanner
|
@Rp.
5000,- X 2 lembar/hari X 30 hari
|
Rp.
300.000,-
|
Jasa
pengetikan
|
@Rp.
10.000 X 2 kali/hari X 30 hari
|
Rp.
600.000,-
|
fotocopy
|
@Rp.
250,- X 100 lembar/hari X 30 hari
|
Rp.
750.000,-
|
Laminating
|
@Rp.
5000,- X 50 lembar/hari X 30 hari
|
Rp.
7.500.000,-
|
ATK
|
@Rp.
100.000,- X 20/hari X 30 hari
|
Rp.
60.000.000
|
TOTAL
|
|
Rp.
94.950.000,-
|
**Laba bersih didapati dengan rumus :
Laba
Bersih = Laba Kotor – Biaya Operasional
= Rp. 94.950.000 - Rp. 22.350.000 = Rp.
72.600.000
D.
Sumber Biaya
Sumber biaya
diperoleh dengan pinjaman kepada pihak yang bersedia. Berikut uraiannya :
Jenis Biaya
|
Sumber
|
Jumlah
Pinjaman
|
Keterangan
|
Modal
usaha
|
Bank
Mandiri
|
Rp.
100.000.000
|
Jumlah
pinjaman akan dilunasi dengan cara mencicil perbulan selama 10 bulan
berturut.
Jadi
Rp. 100.000.000 = Rp. 10.000.000,-/bulan
|
E.
Perhitungan Bagi
Hasil
Jumlah laba bersih perbulan sebesar Rp.
72.600.000
Untuk dana perusahaan sebesar Rp.
52.600.000
Untuk gaji pegawai sebesar Rp.
20.000.0000
PP Pihak Yang
Berhak
|
Persentasi
Pembagian Untung
|
Perhitungan
|
Jumlah
Gaji/Bulan
|
Ketua
perusahaan
|
10,10%
|
10,10/100xRp.
20.000.000,-
|
Rp.
20.20.000,-
|
Wakil
ketua
|
10,10%
|
10,10/100xRp.
20.000.000,-
|
Rp.
20.20.000,-
|
Sekretaris
|
10,10%
|
10,10/100xRp.
20.000.000,-
|
Rp.
20.20.000,-
|
Bendahara
|
10,10%
|
10,10/100xRp.
20.000.000,-
|
Rp.
20.20.000,-
|
Operator
|
10,10%
|
10,10/100xRp.
20.000.000,-
|
Rp.
20.20.000,-
|
Service
and mainterance
|
10,10%
|
10,10/100xRp.
20.000.000,-
|
Rp.
20.20.000,-
|
Staff
pelaksana jasa pengetikan
|
10,10%
|
10,10/100xRp.
20.000.000,-
|
Rp.
20.20.000,-
|
keamanan
|
11,11%
|
10,10/100xRp.
20.000.000,-
|
Rp.
20.20.000,-
|
BAB V
PENUTUP
A. Antisipasi masa depan
Sebagai
wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara
mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaki kualitas pekerjaan kami, agar para
peminat dan konsumen puas atas pelayanan yang kami berikan. Karena apabila
kualitas pelayanan kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak
akan maju, dan terancam bangkrut seiring perkembangan zaman. Mengingat para
pesaing kami yang kemungkinan semakin banyak kami harus selalu siap dengan
mengembangkan pelayanan kami dbidang pelayanan internet.
B. Kesimpulan
Menurut saya
dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Saya sangat yakin bahwa usaha
ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang-orang yang
mempunyai kulaitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Saya sadar bahwa usaha
ini tak akan langsung berkembang pesat tapi saya akan terus berjuang untuk
terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
C. Saran
Untuk membuka
usaha warnet sebaiknya kita lihat apa saja yang harus diperhatikan dan buatlah
usaha tersebut sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Selain itu selalu
berusha memperkecil dampak negatif dari adanya usaha kita.
Proposal Usaha Pulsa
Oleh: Ismi Nurwahidah
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dijaman
modern seperti ini teknologi sudah semakin maju. Banyak kita melihat
orang-orang telah menggunakan alat-alat elektronik yang canggih seperti,
handphone,tablet/tab, iped, dan lain sebagainya. Juga dengan semaraknya
kemajuan dunia internet yang menarik perhatian sorang dari seluruh dunia untuk
mengakses onformasi dari belahan dunia. Bahkan ada sebagian orang tak bisa
hidup tanpa internet saya mengambil
kesempatan untuk membuka usaha dibidang “PULSA”. Meskipun keuntungannya kecil
tetapi bila kita bersabar dan tetap konsisten menjualnya akan menghasilkan
keuntungan yang lumayan besar. Teknologi canggih seperti HP, tablet, ipad, dan
lain sebagainya sudah ketergantungan pada pulsa. Dan saya melihat peluang
bisnis dalam bidang Pulsa baik untuk
kedepannya.
B. Tujuan Usaha
Secara garis besar tujuan usaha
saya adalah :
·
Menciptakan
lapangan kerja.
·
Member
pelayanan pada masyarakat.
·
Memajukan
kehidupan masyarakat
·
Dapat
menambah penghasilan tiap bulannya
memberikan manfaat yang besar.
·
Dapat
memberikan jasa pelayanan komunikasi dengan baik
·
Dapat
menjaga kelangsunganb usaha dan mengembangkannya.
C.
Visi
dan Misi
·
Visi
Menuju perusahaan yang dapat
memberikan manfaat kepada manusia melalui teknologi komunikasi.
·
Misi
-
Meningkatkan
kesejahteraan masyarakat dengan usaha/kerja.
-
Melahirkan
entrepreneur- entrepreneur yang bergerak dalam komunikasi.
D.
identifikasi
Usaha
·
Nama
Usaha : King Desh
Cell
·
Pemilik
Usaha : Ismi Nurwahidah
·
Alamat
Usaha : Perumahan Komplek
Rajadesa
·
Contact
Person : 082217122931
E. Ruang Lingkup Usaha
ruang
lingkup usaha yang saya jalankan masih disekitar lingkungan saya tetapi tidak
menutup kemungkinan untuk saya member pelayanan diluar wilayah saya. Sebab
usaha ini masih usaha kecil-kecilan.
BAB
II
ANALISIS
USAHA
A. Rencana Produk
Usaha saya adalah usaha yang
bergerak dalam bidang pulsa. Ide menjalankan usaha dibidang pulsa ini dari ayah
saya yang selalu melihat saya mengerjakan tugas sekolah dengan ,menggunakan internet
dan tentuinya menghabiskan pulsa yang tidak sedikit. Karna itulah ayah saya
mengusulkan agar saya berjualan pulsa. Modal saya pertama kali dalam
menjalankan usaha ini yaitu Rp. 100.000 dan itupun saya hanya menjual satu
jenis pulsa yaitu hanya pulsa elektrik.
Keistimewaan Kingdesh Cell ini
adalah :
·
Menjual
berbagai macam pulsa, seperti pulsa elektrik, pulsa Voucher, pulsa internet,
dan pulsa listrik PLN.
·
Harga
yang terjangkau untuk masyarakat.
·
Tempat
yang nyaman.
B.
Identifikasi
Masalah
Saat ini telah banyak orang yang
mendirikan usaha penjualan pulsa, namun kuranng sukses dan merugi. Hal tersebut
mungkin dikarenakan saat mereka akan mendirikan usaha mereka tidak memerhatikan
konsep-konsep dasar usaha yang didalamnya terdapat 9 langkah pola berusaha dalam
mendirikan usaha.
Adapun factor-faktor yang dapat
mendukung maupun menghambat usaha ini adalah :
a.
Factor
Pendukung
·
Prospek
atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan.
·
Memberikan
pendapatan/keuntungan yang cukup besar.
·
Pengguna
HP yang terus meningkat.
·
Cara
penjualan yang tidak begitu sulit.
·
Tidak
memerlukan modal yang terlalu banyak.
·
Peluang
pasar yang cukup.
·
Perputaran
modal yang sangat cepat.
b.
Factor
penghambat
·
Banyak
jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
·
Gangguan
pada server pengiriman pulsa elektrik terhambat.
·
Pengisian
deposit yang lambat.
BAB
III
DESKRIPSI
TENTANG USAHA
A. Jenis Usaha
Menjual berbagai macam pulsa
dengan harga terjangkau.
B.
Prospek
Usaha
Dengan meningkatnya
perkembangan alat komunikasi handphone yang luas dan menyeber dalam masyarakat,
dengan begitu pula dengan begitu pula kebutuhan pulsa sebagai salah satu syarat
berkomunikasi dengan handphone besar. Dan saya sebagai penyedia layanan pulsa
akan mendapat penghasilan atau keuntungan yang besar dari konsumen pulsa dalam
masyarakatdan selalu membutuhkannya dan diharapkan usaha ini mencapai masa
depan.
C.
Sumber
Daya Manusia (SDM)
Sumber daya manusia
SDM adalah SMA sederajat yang mampu mengelola usaha ini dengan baik dan
berkepribadian baik serta terampil.
D.
Rencana
Produksi
Saya memilih untuk menjualnya
disekitar perumahan. Fasilitas yang diperlukan untuk melayani dibidang jasa
pulsa ini adalah :
1.
Satu
counter untuk meletakan berbagai berbagai macam pulsa, yaitu pulsa Elektrik,
pulsa Voucher dan kartu perdana.
2.
Dua
kursi apabila konsumen menunggu terlalu lama.
BAB IV
ASPEK PEMASARAN
A. Analisis SWOT
Sebelum
melaksanakan suatu usaha baru kita perlu mengetahui aspek-aspek yang sangat
berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah :
a.
Aspek
Kekuatan (Strenght)
b.
Kelemahan
(Weaknes)
c.
Kesempatan
(Opportunities)
d.
Ancaman
(Thearth)
Dengan
melakukan analisis terhadap aspek-aspek tersebut diharapkan usaha akan berjalan
lancer dan sukses.
Berikut
adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas
a.
Strength/kekuatan
·
Harga
yang tidak terlalu tinggi.
·
Pengiriman
yang cepat.
·
Tersedianya
pulsa dari semua provider.
·
Menjual
bebagai jenis pulsa, seperti pulsa elektrik, pulsa voucher, pulsa internet, dan
pulsa PLN, dan kartu perdana.
·
Usaha
ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak.
·
Resiko
merugi/kegagalan kecil dengan modal yang relative kecil.
·
Pengiriman
pulsa tidak terlalu sulit dan menggunakan HP kita.
·
Perputaran
modal yang sangat cepat.
b.
Weaknes/kelemahan
·
Bila
gangguan jaringan, pengiriman pulsa jadi terganggu.
·
Gangguan
server.
·
Pengisian
devosit yang lama.
·
Banyaknya
pesaing.
·
Keuntungan
kecil.
·
Etalase
yang masih kecil (counter)
c.
Opportunities/kesempatan
·
Berkembangnya
dunia internet membuat orang-orang mencari pulsa untuk mengakses berbagai info.
·
Menjadikan
peluang bisnis yang menjanjikan.
·
Penjualan
yang selalu meningkat.
d.
Thearth/ancaman
·
Jaringan
yang terkadang gangguan
·
Banyaknya
pesaing yang meniru konsep yang telah kita buat.
·
Persaingan
semakin ketat.
B.
Analisis
4P
a.
Product
type
Pulsa
b.
Price
Price
List
·
Pulsa
Elektrik & voucher
Rp. 10.000 = Rp. 12.000
Rp.
20.000 = Rp. 22.000
Rp. 50.000 =Rp. 52.0000
Rp. 100.000 = Rp. 102.000
·
Pulsa
Kuota Internet
Rp.
50.000 = Rp. 52.000
Rp.
100.000 = 102.000
c.
Promotion
Hanya menjual disekitar perumahan,
dari mulut kemulut, dan dari media social pemilik usaha.
d.
Place
diperumahan disekitar konter.
C.
Target
Dan Segmentasi Pasar
a.
Geografi
Wilayah
yang saya jadikan target usaha yaitu disekitar perumahan rajadesa. Alasan di
dirikan di perumahan rajadesa karena usaha ini masih kecil-kecilan.
b.
Demografi
Saya
menjualnya diperumahan, untuk mempermudah orang-orang membeli pulsa.
D.
Strategi
Pemasaran
a.
Perkenalan
Bisnis
Usaha
yang saya jalankan bergerak dibidang pulsa dengan harga yang terjangkau. Dan
juga berharap agar bisa mempermudah orang-orang melakukan komunikasi.
b.
Media
pemasaran
Dengan
membuka satu counter dirumah pemilik “ismi nurwahidah (kingdesh Cell)”
c.
Cara
mempromosikan usaha
Cara
mempromosikan usaha adalah dari mulut ke mulut, menyebar selebaran.
d.
System
pembayaran
System
pembayaran bisa dengan dua cara yaitu :
·
Pembayaran
langsung ketika membeli ke konter.
·
System
pembayaran tidak langsung, yakni konsumen membeli pulsa dengan cara memesan
dulu baik dengan cara memesan langsungsung lewat telepon atau smsdan pembayaran
pada hari berikutnya.
e.
Pelayanan
Memberikan
pelayan dengan pelayanan prima.
BAB V
ASPEK MENEJEMEN
A.
Pengorganisasian
Rencana
organisasi usaha hanya terdiri dari satu orang.
B.
Produk
·
Perencanaan
produk
·
Pembelian
produk
C.
Pemasaran
·
Menyusun
rencana strategi pemasaran memsarkan.
·
Membangun
jaringan pasar melalui promosi.
D.
Pembukuan
·
Mencatat
segala transaksi
·
Menyusun
anggaran dan belanja
·
menyusun
laporan keuangan.
BAB
VI
RENCANA
PERMODALAN
A. Biaya Awal
No.
|
Pengeluaran
|
Harga
|
1.
|
Buku
Catatan
|
Rp.
10.000
|
2.
|
Pulpen
|
Rp.
1000
|
3.
|
Telepon
genggam
|
Rp.
200.000
|
4.
|
Pulsa
untuk operasional sebulan
|
Rp.
30.000
|
5.
|
Biaya
listrik
|
Rp.
50.000
|
6.
|
Beli
Saldo
|
Rp.
1.000.000
|
Total
|
Rp.
1.291.000
|
Diperkirakan hasil yang
diharapkan dalam satu hari usaha ini, setiap harinya rata-rata 10 transaksi
dengan nominal Rp. 10.000.
B.
Pemasukan
1. Jumlah transaksi dihitung dari
jumlah pembeli bukan dihitung dari nilai pulsa yang mereka beli.
Satu hari saya memiliki 10 orang
pembeli dan membeli pulsa senilai 10.000
2. Satu bulan saya genapkan menjadi
30 hari, biaya sms dihitung perbulan 30.000.
C.
Analisis
Keuntungan
Setiap harinya akan
mengeluarkan saldo 100.000. jika pembeli saya berjumlah 10 orang dan membeli
pulsa senilai 10.000 seharga 12.000 dan
saya akan mendapatkan uang perharinya sebesar Rp. 120.000.
Perhitungannya :
Jumlah pembeli x
harga pulsa = hasil yang diperoleh
10 x 12.000 =
120.000
Jika dihitung
perbulan :
Hasil yang
diperoleh satu hari x satu bulan (30 hari)
120.000 x 30 =
3.600.000
Hasil yang
diperoleh - modal awal = keuntungan
3.600.000 –
1.291.000 = 2.309.000
Jadi keuntungan
yang saya dapatkan setiap bulannya adalah Rp 2.309.000.
BAB VII
PENUTUP
A.
Antisipasi
Masa Depan
Penjualan pulsa, memiliki nprospek
yang cukup cerah pada masa sekarang ini, dilihat dari akan kebutuhan komunikasi
melalui hp yang cukup besar. Peluang berjualan pulsa ini memang menggiurkan,
akan tetapi di dalam berusaha, kita harus tetap mengantisipasi
persoalan-persoalan yang muncul dalam pelayanan terhadap pembeli agar tidak kecewa,
dengan memelihara stok pulsa jangan sampai kosong. Melihat persaingan yang
terus menningkat di dalam penjualan, maka untuk mengantisipasi persoalan yang
akan timbul, perlu adanya peningkatan pelayanan yang baik agar pelanggan tidak
lari ke tempat lain.
Sebagai wirausahawan yang baik,
saya tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Saya akan terus
mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan saya, agar para peminat atau konsumen
puas atas pelayanan yang diberikan. Karena apabila kualitas produk tidak saya
tingkatkan, kemungkinan masa depan terancam tidak akan maju dan juga terancam
bangkrut.
B.
Kesimpulan
Usaha dibidang pulsa ini sangat
cocok dijaman sekarang yang serba canggih. Bisnis ini sangat menguntungkan bagi
saya. Semoga usaha ini semakin bertambah maju nya dunia internet dan teknologi,
usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar dan memiliki resiko
yang kecil.
Porposal Usaha Sari Sunda
Oleh: Rika Sukmawati
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Rumah Makan Sunda adalah sebuah
restoran yang menjual sajian hidangan sunda yang kaya rasa serta tidak
menghilangkan tradisi masakan jawa barat dan unik dengan set up outlet yang
nyaman dan menarik. Konsep restoran Sunda ini dengan melihat mobilitas
masyarakat yang semakin meningkat dan besarnya pangsa pasar yang sudah
terbentuk dan belum banyak yang menyajikan konsep bisnis seperti ini.
Cara bisnis restoran sunda
diharapkan dapat menjadi leader dalam menghadapi pesaing-pesaing yang telah
ada. Restoran Sunda hadir sebagai nuansa baru bisnis makanan khas Jawa barat
yang menjawab permintaan pasar akan adanya layanan yang memungkinkan konsumen
dapat menikmati hidangan Jawa barat dengan cita rasa tinggi, dengan harga
terjangkau mengingat masakan Jawa barat sangat khas, baik rasa maupun bahannya.
Menu masakan Sunda adalah hal yang diambil dalam konsep bisnis ini, dengan
menawarkan 10 – 15 menu utama yang mudah dalam penyajian dan telah diterima di
konsumen menengah dan bawah sesuai
dengan segmen dan target market kami, namun tidak menutup kemungkinan
untuk konsumen kelas atas dapat menikmati masakan restoran Sunda karena rasanya
yang alami dari resep tradisional tidak berubah.
Restoran Sunda menjadi penyempurna
dengan menawarkan konsep resto maupun outlet sesuai dengan kemampuan mitra
bisnis kami, dengan menawarkan 15 resep makanan khas Sunda dengan jenis makanan
berat dengan kemasan yang unik kami jual dalam Nasi timbel lengkap yang di
daerah asalnya makanan ini sangat digemari karena kepraktisannya.
B. Visi
Misi
Visi :
“ Makana
Sunda Dikenal Dunia”
Misi :
1. Menyajikan makanan istimewa dengan harga dengan harga yang
kompetitif
2. Memberikan pelayanan cepat dan bersahabat
3. Memberikan suasana yang bersih, asri dan nyaman
C. Ringkasan Usaha
3.
Biodata
Pemilik
Nama Pemilik :
Rika Sukmawati
Alamat : Selajambe, Kuningan
Jenis Kelamin : Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir : Kuningan,
1997
Agama :
Islam
No. Telepon : 082315854697
Pendidikan Terakhir : SMK
4.
Manajemen
Nama perusahaan : Restoran Sari Sunda
Nama pemilik : Rika Sukmawati
Bidang Usaha : Bidang Makanan
D.
Tujuan Usaha
5.
Akan
melayani segmen pasar masyarakat melalui makanan dan minuman yang disajikan dengan kualitas baik,
higenis dan sehat yang memiliki gizi standar dan makanan kesehatan yang
dibutuhkan oleh setiap orang pada umumnya serta kebersihan sesuai dengan
perusahaan berorientasi konsumen.
6.
Pembukaan
lapang kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama dikalangan ibu rumah
tangga, dan diantara mahasiswa atau siswa yang membutuhkan pekerjaan sampingan
untuk melanjutkan studi.
7.
Sebagai
sarana pengelolaan modal sumber daya yang bertujuan untuk membuat keuntungan.
8.
Berlahan-lahan
untuk membangun citra konsumen tentang pentingnya diet yang sehat.
BAB II
PEMBAHASAN
G.
Pemilihan Lokasi
Usaha
Pemilihan lokasi
usaha restoran ini dipilih tempat yang begitu strategis dimana dekat dengan
jalan raya, di dalam moll sehingga dengan begitu dapat memudahkan pengunjung
untuk datang.
H.
Perizinan
Hal pertama yang
harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP). Selanjutnya,
lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha
(SITU), untuk diajukan ke dinas perizinan baik di kecamatan, kabupaten maupun
provinsi.
I.
Produk
Produk yang kami jual berupa
makanan dan minuman. Berikut ini merupakan rincian dari makanan dan minuman
yang tersedia di restoran Sunda :
a.
Makanan
1. Nasi Putih
2. Pecak Oncom: adalah salah satu menu andalan yaitu oncom
hitam yang kami campur dengan rempah- rempah dan bumbu tradisional .
3. Pecak Ikan Gabus: ini adalah sebuah menu utama kami yang
terbuat dari ikan gabus yang pilihan dengan bumbu yang menghilangkan bau amis
ikan tersebut.
4. Gurame Asam Manis: Merupakan menu yang sangat kita
banggakan bumbu asam manis yang membuat lidah kita tidak berhenti bergoyang.
5. Ayam Bakar Madu : Merupakan ayam bakar dengan siraman madu
murni yang asli kita pilih untuk membuat ayam menjadi nikmat.
6. Ayam Goreng Pejantan: ini adalah dalah satu masakan khas
jawa barat karena ayam pejantan yang sulit di temukan sehingga daging ayam nya
berbeda rasanya dengan ayam biasa.
7. Ikan Bakar: kita menyediakan menu ikan bakar sangat unik
konsumen dipersilahkan memancing ikan terlebih dahulu baru akan di bakar oleh
pelayan kami.
Selain itu menu yang kami sajikan juga tersedia dalam
bentuk paket yaitu :
1.
Nasi Timbel Sunda : Nasi Putih + Empal + sayur asem+ ikan asin
+ Lalapan
2.
Nasi Bakar Sunda : Nasi Bakar + Rempah-rempah + Empal +
Lalapan
3. Nasi Paket Sunda 1 :
Nasi Putih + Ayam bakar + Ikan asin + Lalapan
4. Nasi Paket Sunda 2
: Nasi Putih + Ayam Goreng + Sayur asem + Lalapan
b.
Minuman
1. Aneka Jus
2. Es Buah Erbis Sari Madu
3. Es Kelapa Muda Daweg
4. Air Mineral
5. Es The Manis
c.
Makanan Ringan
1. Tahu Goreng
2. Otak Otak Bakar
d.
Harga
Harga produk kami sesuaikan agar semua kalangan dapat
menjadi konsumen kami. Rinciannya antara lain :
1.
Nasi
Putih
|
: Rp. 3000,-
|
2.
Pecak
Oncom
|
: Rp. 12000,-
|
3.
Pecak
Ikan Gabus
|
: Rp. 18000,-
|
4.
Gurame
Asam Manis
|
: Rp. 25000,-
|
5.
Ayam
Bakar Madu
|
: Rp. 11000,-
|
6.
Ayam
Goreng Jantan
|
: Rp. 12.500,-
|
7.
Ikan
Bakar
|
: Rp. 10.000,-
|
8.
Nasi
Timbel
|
: Rp. 27.000,-
|
9.
Nasi
Bakar
|
: Rp. 28.500,-
|
10.
Nasi
paket pasundan 1
|
: Rp. 25.000,-
|
11.
Nasi
Paket Pasundan 2
|
: Rp. 16.500,-
|
12.
Aneka
Jus
|
: Rp. 6000,-
|
13.
Es
Kelapa dawegan
|
: Rp. 10000,-
|
14.
Es Teh
Manis
|
: Rp. 2500,-
|
15.
Air
Mineral Botol
|
: Rp. 3000,-
|
16.
Tahu
Goreng
|
: Rp. 7000,-
|
17.
Otak –
Otak Bakar
|
: Rp. 8000,-
|
BAB III
ANALISIS USAHA
A.
Rencana bisnis
Proses pembuatan menu dan cara penyajian yang bersih dan
menarik menjadi andalan di restoran sunda kami. Begitupula dengan harga yang
sangat terjangkau dapat meringankan para pembeli khususnya pelajar dan
mahasiswa. Untuk pemasaran sendiri kita melakukan berbagai iklan seperti
panflet, poster, dan menggunakan cara tradisional yaitu dari mulut ke mulut
atau orang ke orang. Begitu juga dilengkapi dengan promo harga murah untuk
menarik para konsumen yang datang ke restoran sunda kami. Usaha ini juga akan
mengalami perkembangan dengan membuka cabang-cabang di berbagai daerah-daerah.
B.
Analisis SWOT
1.
Strength (kekuatan usaha)
a. Mempunyai cirri khas menu yang berbeda dengan restoran
yang lainnya yaitu special sambel yang menggugah selera makan
b. Tempatnya strategis dan mempunyai cabang dimana-mana
sehingga mudah di kunjungi
c. Rasanya sangat mantap
d. Harganya cukup murah, terjangkau, pelayanan memuaskan,
rapi dan bersih.
2.
Weaknesess (kelemahan usaha)
a.
Tidak cocok untuk orang yang tidak
suka sambel dan makanan sunda
b.
Cabangnya kurang banyak
3. Opportunities
(peluang)
a.
Digemari anak muda dan orang-orang
yang suka sambel
b.
Tempat untuk mengekspresikan diri
atau menghilangkan BT
c.
Ciri khas menu yaitu sambel
menjadikan usaha ini sangat menjanjikan
d.
Cabang yang semakin banyak membawa
konsumen mudah mendatanginya
4. Threats
(ancaman)
a.
Banyak saingan diluar sana
b.
Harga yang naik atau tidak stabil
bisa membingungkan pengusaha untuk menentukan harga
c.
Cabang warung yang belum menyebar
diberbagai daerah
BAB IV
ASPEK PEMASARAN
A.
Segmentasi
Menurut segmentasi, konsumen kami terdiri dari :
• Menengah atas,
• Kalangan
ekonomi menengah,
• Kalangan
ekonomi menengah ke bawah dan
• Kalangan
ekonomi bawah.
B.
Target Pasar
Target pasar merupakan kunci penting untuk
diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha katering bekerja berdasarkan
pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima.
Apabila tidak ada pesanan, kegiatan produksi perusahaan katering tidak bekerja.
Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.
a. Estimasi Target Pasar :
1.
Jumlah target pasar tercakup semua
kalangan masyarakat, segala usia, umumnya yang berdomisili di daerah kota
Cirebon dan sekitarnya serta wisatawan lokal maupun internasional.
2.
Karakteristik target pasar umunya semua kalangan yang tidak hanya
mencari tempat untuk makan tetapi sekaligus untuk berkumpul dengan kawan,
keluarga serta sarana bermain untuk keluarga.
b. Promosi
Kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan The Bento di masyarakat
adalah dengan cara promosi, antara lain :
1. Membuat iklan di
surat kabar,
2. Menyebarkan
baligo
3. Di iklankan
melalui media internet.
c. Distribusi
Dengan harga jual per porsi mulai dari Rp. 18000 , -
Restoran Sunda membidik pasar menegah dan menegah kebawah.
Lokasi penjualan yang bisa digunakan adalah:
- Pusat keramain
- Sekolahan /
kampus
- Tempat hiburan
/ rekreasi
Serta tempat lain yang sesuai dengan segmen pasar yang
dituju
BAB
V
PENGORGANISASIAN
|
MANAGER
OPERASIONAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
WAITER
|
|
COUREER
|
|
KOKI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Operasional
Manager
Adalah seseorang yang ditunjuk
sebagai kepala dalam operasional restaurant
tugas-tugas dari seorang manager, yaitu:
m.
Mengawasi
jalannya proses operasional restaurant
n.
Bertanggungjawab
terhadap jalannya operasional restaurant
o.
Mengkoordinasi
bahan-bahan operasional restaurant
p.
Mengkoordinasi
pegawai yang sedang bertugas
q.
Melakukan
prediksi dan ide-ide dalam mempromosikan restaurant
r.
Mengetahui
hasil dari operasional restaurant
s.
Mengawasi
segala kebutuhan operasional restaurant
t.
Menentukan
jumlah operasional restaurant
u.
Bertanggungjawab
terhadap proses produksi operasional restaurant
v.
Memberikan
training kepada pegawai
w.
Accounting
5.
Waiter dan
Coureer
Waiter atau waitress adalah
sekelompok orang yang bertugas untuk melayani kebutuhan tamu caffe. Tugas-tugas
mereka antara lain:
j.
Melayani
tamu secara operasional
k.
Memperhatikan
kebutuhan tamu
l.
Mengetahui
produk yang dijual
m.
Bertanggungjawab
terhadap opersional restaurant
n.
Menerima
pesanan dari tamu
o.
Membuatkan
makanan dan minuman tamu
p.
Menyiapkan
makanan dan minuman tamu
q.
Membersihkan
peralatan yang kotor
r.
Bertanggungjawab
dalam proses produksi
6.
Koki
g.
Memasak
makanan untuk tamu restaurant
h.
Menyiapkan
pesanan dari tamu
i.
Memberikan
pelayanan kepada tamu restaurant
j.
Bertanggungjawab
terhadap produksi operasional restaurant
k.
Membantu
waiter atau wairess
l.
Membantu
dalam memberikan pelayanan kepada tamu restaurant
BAB VI
RENCANA ANGGARAN
BIAYA
Biaya tanah dan bangunan : Rp. 350.000.000
Biaya produksi : Rp.
150.000.000/bulan
Biaya peralatan : Rp. 150.000.000
Gaji karyawan (2 koki dan 5 pelayan) : Rp. 25.000.000/bulan
Biaya lain-lain : Rp. 5.000.000/bulan
Rp. 680.000.000
Pinjaman ke Bank = Rp.
685.000.000
Bunga 2.2% x 685.000.000 = Rp. 15.070.000
Setoran perbulan selama 3 tahun = Rp. 34.100.000
Setoran perhari =
Rp. 1.150.000
Pengeluaran perbulan:
Setoran =
Rp. 34.100.000/bulan
Gaji Karyawan =
Rp. 25.000.000/bulan
Biaya Produksi =
Rp. 150.000.000/bulan
Biaya lain-lain = Rp. 5.000.000/bulan
Rp. 214.100.000/bulan
Pendapatan
perbulan :
Pendapatan Perhari = Pendapatan perhari-pengeluaran perhari
= Rp.
7.400.000 – Rp. 7.150.000
= Rp.
250.000/hari
Pendapatan Perbulan = Rp. 250.000 X 30
= Rp. 7.500.000/bulan
BAB VI
PENUTUP
B.
Kesimpulan
Dari pembahasan
diatas bahwa sebuah restoran sunda harus memiliki keunggulan produk yang baik
seperti:
4.
Citra
rasa produk yang dihasilkan, kualitas, mutu produk, kebersihan.
5.
Cara
penyajian yang lebih unik dan istimewa agar lebih menarik.
6.
Ruangan
restoran yang nyaman dengan suasana khas sunda
Demikianlah proposal usaha ini penulis buat.
Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua, tidak
lupa penulis mengucap syukur kepada Allah Swt karena atas segala rahmat dan hidayah-Nya
kami menyelesaikan proposal usaha ini..
Semoga proposal ini dapat diterima oleh
semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha
restoran sunda ini. Dengan selesainya proposal usaha ini, kami berharap dapat
segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala kritik dan saran yang membangun
sangatlah saya harapkan dari semua pihak, karena saya menyadari bahan atau
proposal ini masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga
dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih
baik lagi. Atas segala perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.