Iklan_1

Education & Financial Konsulting

Education & Financial Konsulting
Education & Financial Konsulting

Agrobisnis & Pariwisata

Agrobisnis & Pariwisata
Agrobisnis & Pariwisata

Digital & Network Development

Digital & Network Development
Digital & Network Development
Kumpulan proposal usaha

Yogi Iskandar

2/05/2016

Proposal Usaha Kuliner Oleh: Aisyah BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Keadaan perekonomian yang tidak pasti di N...

Kumpulan proposal usaha



Proposal Usaha Kuliner
Oleh: Aisyah

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Keadaan perekonomian yang tidak pasti di Negara berkembang seperti Indonesia ini membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat untuk lebih kreatif lagi dalam membuka lapangan usaha atau membuka usaha sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga pengangguran tidak terlalu meningkat. Berbeda dengan di Negara-negara maju dimana masyarakat seperti kurang waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Kesibukan aktivitas yang begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk berfikir lebih jernih dan tenang. Sehingga diperlukan temap-tempat yang begitu tenang dan nyaman untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Sehingga muncullah sebuah ide saya untuk mendirikan sebuah CAFFE seperti apa yang didinginkan pelanggan. Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara klasik dan modern diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan untk menikmati suasana caffe tersebut.
Selain itu, cafee ini tidak hanya untuk kalangan remaja saja tetapi untuk semua tingkatan masyarakat umum. Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung, menu-menu yang variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian yang variatif dan unik. Dengan berbagai jenis minuman yang unik diantaranya seperti Es Tissiu, Es Spiritus, Es Kasus, Es Kolor Ijo dan Es Black Magic yang menjadi menu special caffe ini. Namun minuman yang menjadi andalannya sebuah caffe biasanya adalah aneka macam minuman coffe, seperti Cofee Latte, Cappucino, mochaccino dan lain sebagainya. Istimewanya minuman berbahan koi ini terletak pada kopinya. Karena kopi yang dipilih adalah kopi Arabica dan Robusta yang masih berbentuk butiran dan akan ditumbuk dengan menggunakan mesin khusus sebelum kopi disajikan sebagai minuman.
Tidak hanya itu caffe ini tidak tidak hanya menyediakan minuman tetapi juga menyediakan berbagai jenis makanan ringan dan juga Ice Cream. Jenis makanannya antara lain Steak, Beaf Sosis, Pizza dan sebagainya. Caffe ini juga menerima pesan antar Paket Meeting Gathering, Seminar dan paket yang lain sesuai dnegan kebutuhan pribadi. Dengan berbagai kelebihan caffe ini, tentu tidak perlu ragu lagi untuk dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan hidangan yang lezat.
Kemudian tata ruang caffe ini dibangun dengan gaya kuno dengan perpaduan beberapa sudut modern. Di Caffe ini terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking, jadi pengunjung dapat memilihnya. Desain yang minimalis, tampak dari sofa dan beberapa bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisional modern.
B.       Ringkasan Usaha
1.         Biodata Pemilik
Nama Pemilik                       : Aisyah
Alamat
 : Desa Jamberama Kecamatan Selajambe
   Kabupaten Kuningan
              Jenis Kelamin                        : Perempuan
       Tempat/Tanggal Lahir           : Kuningan, 07 Maret 1999
       Agama                                  : Islam
       No. Telepon                          : 082320653974
       Email                                     : aisyahsurian99@gmail.com
       Pendidikan Terakhir             : SMK
2.         Manajemen
Nama perusahaan                  :
Nama pemilik                        : Aisyah
Bidang Usaha                       : Bidang Makanan


C.      Tujuan
1.         Akan melayani segmen pasar masyarakat melalui makanan dan  minuman yang disajikan dengan kualitas baik, higenis dan sehat yang memiliki gizi standar dan makanan kesehatan yang dibutuhkan oleh setiap orang pada umumnya serta kebersihan sesuai dengan perusahaan berorientasi konsumen.
2.         Pembukaan lapang kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama dikalagn ibu rumah tangga, dan diantara mahasiswa atau siswa yang membutuhkan pekerjaan sampingan untuk melanjutkan studi.
3.         Sebagai sarana pengelolaan modal sumber daya yang bertujuan untuk membuat keuntungan.
4.         Berlahan-lahan untuk membangun citra konsumen tentang pentingnya diet yang sehat.







BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pemilihan Lokasi Usaha
Pemilihan lokasi usaha caffe dipilih tempat yang begitu strategis dimana dekat dengan jalan raya, di dalam moll sehingga dengan begitu dapat memudahkan pengunjung untuk datang.

B.       Perizinan
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP). Selanjutnya, lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), untuk diajukan ke dinas perizinan baik di kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

C.      Produk
Semua produk makanan dan minuman yang tersedia di caffe ini memprioritaskan kesehatan. Dimana semuannya terbuat dari buah-buahan, sayuran dan coklat yang masih segar. Antioksidan dan nutrisi serta vitamin yang terkandung dalambuah-buahan dan sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan tidak perlu lagi disanksikan. Dan coklat juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung, megurangi stress dan lain-lain.
Dibawah ini berbagai produk yang disediakan diantaranya:
1.      Minuman
a.       Kopi (coffe) yang diolah dalam berbagai jenis minuman seperti:
1)   Black kopi yaitu kopi berwarna hitam, biasanya kopi ini sedikit lebih pahit.
2)   Cappuccino ekpreso yaitu kopi yang dicampur susu, krim dan ditaburi oleh kismis, yang bisa disajikan dalam keadaan dingin atau panas.
3)   Coffe late yaitu kopi yang penyjiannya lebih banyak susu dari pada kopinya.
4)   Coffe mocha yatu cara penyajian kopi dengan susu dan coklat
5)   Tradisional drink yaitu minuman yang berbahan dasar buah yang dicampur dengan soda water.
6)   Avocado float yaitu minuman dengan bahan dasar alpukat, krim dan coklat.
7)   Milk shake ginjer yaitu perpaduan antara susu, coklat dan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis.
8)   Es seperti es tissue, es psiritus, es kasus es kolor ijo dan es black magic.
9)   Jus buah yaitu berbagai macam jenis jus buah segar yang disajikan dalam bentuk yang unik.
10)    Jus sayuran yaitu berbagai jenis jus sayuran yang banyak mengandung vitamin dan baik untuk kesehatan.
11)     Ice crean dengan berbgai jenis ice cream dengan rasa yang unik.
2.      Makanan
1)   Coklat buah steamboat yaitu perpaduan antara coklat dan berbagai macam buah.
2)   Fruit salad yaitu perpaduan antara buah-buahan dan sayuran.
3)   Sandwich yaitu roti tawar dengan isi sayuran, daging, susu, keju.
4)   Beff sosis yaitu roti yang di dalamnya terdapat sayuran, cincangan daging, sosis, mayones, saus cabe dan saus tomat.
5)   Pizza
6)   Stek kentang dan steak daging, dan lain-lain.
Kemudian Caffe ini menyediakan fasilitas seperti:
a.         Jaringan internet (WiFi)
b.         Televisi
c.         Ruang bebas rokok dan ruang merokok
d.        Music
e.         Toilet
D.      Stategi Pemasaran
Strategi pemasaran dari caffe ini yaitu menggabungkan dua generasi yang berbeda dengan konsep classic dan modern. Jadi konsumen yang dituju tidak hanya orang remaja saja tetapi juga untuk semua kalangan masyarakat umum sehingga tidak spesifik untuk orang-orang tertentu baik tua maupun muda, pekerja dan mahasiswa, penduduk setempt maupun penduduk asing.

E.       Promosi
Cara mengetahui produk ini mealui famlet-famlet, spanduk-spanduk yang ditempel didepan caffe dan tempat-tempat yang umum dan rame. Iklan di media elektronik seperti tv, radio, di media masa seperti Koran, majalah dan media sosial. Mempromosikan kepada teman-teman untuk datang dan mempromosikan kepada keluarga dan teman-temannya yang lain. Dan juga penyebaran melaui brosur di mall, perumahan dan tentu saja tidak lupa melalui internet. Selain penghematan biaya juga memiliki kesempatan luas untuk memperomosikan produk. Dengan kualitas produk yang terjamin, lokasi yang strategis, kualitas pelayanan, harga produk yang bersaing.
F.       Perhitungan Harga dan Cara Pembayaran
1.      Perhitungan Harga Jual untuk Produk
Minuman :
Black Kopi                                   : Rp. 15.000,00
Cappuccino                                  : Rp. 19.000,00
Coffe Mocha                                : Rp. 18.000,00
Coffe Late                                    : Rp. 17.000,00
Tropical Drink                              : Rp. 22.000,00
Jus Buah                                       : Rp. 12.000,00
Jus Sayuran                                  : Rp. 10.000,00
Ice Cream                                     : Rp. 15.000,00
Milk Shake Ginjer                        : Rp. 17.000,00
Avocado Float                             : Rp. 20.000,00
Es                                                 : Rp. 15.000,00
Makanan:
Coklat Buah Steamboat               : Rp. 25.000,00
Fruit Salad                                    : Rp. 19.000,00
Sandwich                                     : Rp. 21.000,00
Beff Sosis                                     : Rp. 15.000,00
Pizza                                             : Rp. 30.000,00
Stek Kentang                               : Rp. 18.000,00
Steak daging                                : Rp. 30.000,00
2.      Cara (system) Pembayaran
Pengunjung dapat membayar dengan uang tunai ataupun dengan kartu kredit. Jika terjadi pembelian secara besar-besaran misalkan untuk sebuah acara seperti pesta, caffe ini memberikan discount kepada pembeli tersebut karena caffe ini juga menerima pesan antar, dengan begitu perputaran uang akan lebih cepat dan mudah mendapatkan keuntungan.







BAB III
ANALISIS SWOT

1.        Strength (kekuatan)
a.         Caffe dengan menu yang harganya sesia kantong mahasiswa/pelajar.
b.         Menghadirkan menu kucingan dengan tempat caffe yang klasik dan modern tapi nyaman.
c.         Dilengkapi dengan fasilitas WiFi, music serta TV.
d.        Banyak variasi menu sehingga pelanggan dapat memilih selera masing-masing.
e.         Dekat dengan supplier
2.        Weaknesses (kelemahan)
a.         Dana yang dibutuhkan untuk pengadaan sarana dan prasarana cukup besar.
b.         Pada awal pembukaan perlu promosi exstra.
c.         Banyak pesaing.
d.        Produk belum dikenal masyarakat luas.
3.        Opportunity (peluang)
a.         Sasaran yang luas dari berbagai kalangan luas.
b.         Life style atau gaya hidup suka makan diluar dan kongkow bersama teman.
c.         Harga yang lumayan murah dan sesuai dengan kantong mahasiswa/pelajar.
4.        Threat (ancaman)
a.         Kebanyakan masyarakat mengaggap caffe adalah tempat mahal.
b.         Adanya pesaing
c.         Kenaikan harga bahan pokok dan bumbu masak
d.        Kelangkaan bahan bakar (LPG).


Sedangkan Analisa Matriknya:
1.    Bagaimana S mampu mengambil keuntungan dari O
-          Maslah produk yang belum dikenal, saya akan gencar mempromosikannya via jejaring sosial dan juga menikuti event yang ada seperti pasar malam atau pameran.
2.    Bagaimana cran mengatasi W yang mencegah keuntungan dari O
-          Adanya discount
-          Memberikan paket murah di akhir pekan
3.    Bagaimana S mampu menghadapi T
-          Dilengkapi dengan WiFi sehingga pelanggan merasa betah dan nyaman
-          Memberikan inovasi pada produk sehingga walaupun produk sama tetapi ada yang berbeda dengan pesaing
4.    Bagaimana cara mwngatasi W yang mampu membuat T menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru
-          Membuat kartu kecil yang berisi testimony pelanggan, sehingga kita mendapat masukan dan tahu akan kekurangan.






BAB IV
PENGORGANISASIAN


MANAGER OPERASIONAL






WAITER

COUREER

KOKI










1.        Operasional Manager
Adalah seseorang yang ditunjuk sebagai kepala dalam operasional caffe tugas-tugas dari seorang manager, yaitu:
a.       Mengawasi jalannya proses operasional caffe
b.      Bertanggungjawab terhadap jalannya operasional caffe
c.       Mengkoordinasi bahan-bahan operasional caffe
d.      Mengkoordinasi pegawai yang sedang bertugas
e.       Melakukan prediksi dan ide-ide dalam mempromosikan caffe
f.       Mengetahui hasil dari operasional caffe
g.      Mengawasi segala kebutuhan operasional caffe
h.      Menentukan jumlah operasional caffe
i.        Bertanggungjawab terhadap proses produksi operasional caffe
j.        Memberikan training kepada pegawai
k.      Purchasing
l.        Accounting
2.        Waiter dan Coureer
Waiter atau waitress adalah sekelompok orang yang bertugas untuk melayani kebutuhan tamu caffe. Tugas-tugas mereka antara lain:
a.       Melayani tamu secara operasional
b.      Memperhatikan kebutuhan tamu
c.       Mengetahui produk yang dijual
d.      Bertanggungjawab terhadap opersional caffe
e.       Menerima pesanan dari tamu
f.       Membuatkan makanan dan minuman tamu
g.      Menyiapkan makanan dan minuman tamu
h.      Membersihkan peralatan yang kotor
i.        Bertanggungjawab dalam proses produksi
3.        Koki
a.       Memasak makanan untuk tamu caffe
b.      Menyiapkan pesanan dari tamu
c.       Memberikan pelayanan kepada tamu caffe
d.      Bertanggungjawab terhadap produksi operasional caffe
e.       Membantu waiter atau wairess
f.       Membantu dalam memberikan pelayanan kepada tamu caffe





BAB V
RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)

Biaya tanah dan bangunan                             : Rp. 350.000.000
Biaya produksi                                               : Rp. 100.000.000/bulan
Biaya peralatan                                              : Rp. 100.000.000
Gaji karyawan (2 koki dan 4 pelayan)           : Rp.   21.000.000/bulan
Biaya lain-lain                                                : Rp.   10.000.000/bulan
                                                                         Rp.

Pinjaman ke Bank                                          = Rp. 550.000.000
Bunga 2.2% x 685.000.000                           = Rp.   15.070.000
Setoran perbulan selama 3 tahun                   = Rp.   34.100.000
Setoran perhari                                               = Rp.     1.150.000

Pengeluaran perbulan:
Setoran                                                           = Rp.   34.100.000/bulan
Gaji Karyawan                                               = Rp.   25.000.000/bulan
Biaya Produksi                                               = Rp. 150.000.000/bulan
Biaya lain-lain                                                = Rp.    5.000.000/bulan
                                                                          Rp. 214.100.000/bulan
Pendapatan perbulan :
Pendapatan Perhari     = Pendapatan perhari-pengeluaran perhari
                                    = Rp. 7.400.000 – Rp. 7.150.000
                                    = Rp. 250.000/hari
Pendapatan Perbulan  = Rp. 250.000 X 30
                                     = Rp. 7.500.000/bulan



BAB VI
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari pembahasan diatas bahwa sebuah caffe harus memiliki keunggulan produk yang baik seperti:
1.      Citra rasa produk yang dihasilkan, kualitas, mutu produk, kebersihan.
2.      Cara penyajian yang lebih unik dan istimewa agar lebih menarik.
3.      Fasilitas ruang caffe yang begitu nyaman dan dilengkapi dengan jaringan internet dan music.
Demikianlah proposal usaha ini penulis buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua, tidak lupa penulis mengucap syukur kepada Allah Swt karena atas segala rahmat dan hidayah-Nya kami menyelesaikan proposal usaha ini..
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha Caffe ini. Dengan selesainya proposal usaha ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah saya harapkan dari semua pihak, karena saya menyadari bahan atau proposal ini masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi. Atas segala perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.



Proposal Usaha Butik
Oleh: Cucu Riska Diyanti

BAB I
PENDAHULUAN


A.      Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Perusahaan Butik
: Butik Azizah
Alamat Perusahaan
: Jl. Siliwangi, No.88 - Kuningan
No. Telp
: (021)8401767
E-mail

B.       Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik
: Cucu Riska Diyanti
Usia
: 18 tahun
Jenis Kelamin
: Perempuan
Pekerjaan
: Wirausaha
Alamat Pemilik
:Rt/rw 15/04 dusun    Karangtengan, Desa Kutawaringin, Kec. Selajambe-Kuningan 45566
No. Telp
: 082318585696

C.      Nama dan Alamat Penanggung Jawab
Nama
: Erizka Puri Anindia
Alamat
: Cikadu RT/01 RW/04, Bogor
No. Telp
: 082321354364

D.      Nama dan Alamat Sekretaris
Nama
: Niken Kayla
Alamat
: RTM No.56, Kelapa Dua-Depok
No. Telp
: 081324657876




E.       Informasi Tentang Bisnis yang Dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka baju serta fashion muslimah yang pastinya up to date dan cocok dengan selera masyarakat Kuningan, khususnya untuk kaum remaja dan dewasa.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini, yaitu :
1)    Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan;
2)    Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat;
3)    Mengurangi tingkat pengangguran;
4)    Menjalin persahabatan antara pelanggan; dan
5)    Mendapatkan keuntungan atau laba.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF


A.    Latar Belakang
            Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka saya berinisiatif untuk membuka suatu usaha “Butik” yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
            Perusahaan bisnis butik ini berdiri atsa kerjasama serta keinginan anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion dan desain, generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha distro yang dinamkan “BUTIK AZIZAH” yang berdiri di Kuningan, lingkungan yang memiliki tingkat pendidikan pengetahuan tentang mode, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnnya kebutuhan fashion yang baik dan berkualitas bagi masyarakat.
            “BUTIK AZIZAH” didirikan untuk memplopori kecintaan pemudi dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak dan cirri khas Indonesia.


B.     Visi dan Misi
-          Visi
Mitra dan solusi bbagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
-          Misi
Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan pelanggan.

C.    Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di pertengahan keramaian kota Kuningan, karena berada tidak jauh dari pusat kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama kota Kuningan yang merupakan  Jl. Siliwangi no. 88, sehingga dapat dengan mudah dicari dan di datangi.

D.    Ruangan/Tempat & Fasilitas
Ruangan/tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha butik ini tidak terlalunluas dan juga tidak terlalu sempit, yakni satu ruangan berukuran 30m x 35m berlantai 2; tempat parkir 50m x 50m; ruang ganti 3m x 4m (4 ruang ganti); toilet 7m x 8m (2 toilet putra-putri); ruang tamu berukuran 9m x 10m (dengan fasilitas soffa, televisi), dan ruang administrasi berukuran 20m x 22m.

E.     Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayan usaha butik ini, di buka dari pukul 08.00 s.d 20.00 WIB.

F.     Kesan/Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah “Comfortable and High Quality With Smile”. Sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.

G.    Konsep/Strategi Promosi
 Membuat sebuah display dipintu gerbang dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi. Selain itu, kami membeuat advertisement secara on-line di internet agar bisa di jangkau masyarakakat luas dengan cara melakukan transaksi ataupun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis “BUTIK AZIZAH” akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
-          Membuat pamphlet-pamphlet berisi produk-produk baru yang akan di temple tiap bulannya.
-          Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
-          Membuat catalog-catalog mengenai fashion yang sedang up to date di butik.

H.    Target Pelanggan
Target pelanggan butik ini adalah :
Pemudi yang sedang terpengaruh oleh fashion-fashion yang up to date. Mereka adalah pengguna pakaian yang memiliki ciri khas tertentu.


BAB III
ANALISIS INDUSTRI


A.    Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak dibidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka saya yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar daerah kota Kuningan pada saat ini sangat besar.

B.     Analisis Persaingan
            Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa sekitar lokasi tempat kami dirikan tempat usaha butik ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

C.    Sistem Penjualan
Sistem penjualan yang digunakan dengan cara kontan pembayaran dapat melalui ATM, kartu kredit, Dll

D.    Segmentasi Pasar
Segementasi pasar yang akan dimasuki “BUTIK AZIZAH” membidik pasar kelas menengah kebawah, dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsifnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan prima, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kamidan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha butikini cenderung kemasyarakatan sehinga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha butik lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat di penuhi dari butik, akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat semakin rendah. Hal ini mendorongkami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

E.     Evaluasi Tentang Kelemahan (Risiko) Usaha/Analisis SWOT
a)      Strength (Kekuatan)
1)      Bertanggungjawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif.
2)      Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
3)      Memebrikan pelayanan prima terhadap pelanggan.
4)      Menjual produk yang berkualitas.
b)      Weaknes (Kelemahan)
1)      Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasioanal.
2)      Berubahnya kondisi perekonomian.
c)      Oportunity (Peluang)
1)      Dengan tetap menjaga mutu dan kualitas produk, saya yakin saya dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul dikemudian hari.
2)      Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di pertengahan kota Kuningan, membuat saya yakin bahwa kedepannya usaha bisnis dalam bidang perdagangan ini akan maju.
d)     Threaty (Ancaman)
Perusahaan-perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan bisnis perdagangan saya, dengan style-style terbaru.

F.     Gambaran Tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya butik-butik maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan mudah dan murahyang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi butik lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat.
Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat saya.


BAB IV
DESKRIPSI USAHA


A.    Produk Yang Dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga bisa saja menghabiskan 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan :
1)        Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen;
2)        Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang up to date.
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, sebagai berikut :
1)        Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen;
2)        Kualitas produk terjangkau;
3)        Sesuai dengan selera masyarakat.

BAB V
RENCANA PRODUKSI


A.      Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan “butik azizah” ini
dapat dilihat sebagai berikut :
1)        Sumber Produk/Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya, dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.



BAB VI
RENCANA PEMASARAN


A.           Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar.
Berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan yang akan datang.
No.
Jenis Produk
Harga (Rp)
1
Kemeja
120.000,- s/d 300.000,-
2
Kaos
  65.000,- s/d 200.000,-
3
Jeans
200.000,- s/d 350.00,-
4
Gaun
300.000,- s/d 450.000,-
5
Kerudung
   35.000,- s/d   90.000,-
6
Rok
135.000,- s/d 250.000,-
7
Jaket
300.000,- s/d 450.000,-
8
Aksesoris
   21.500,- s/d  78.500,-



BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI


A.           Job Description
1)      Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
2)      Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dibutuhkan oleh perusahaan, mencatat data, dan lain sebagainya.
3)      Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
4)      Penanggungjawab bertugas untuk bertanggungjawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan bertanggungjawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
5)      Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.
B.            Struktur Organisasi
Keterangan :
1.      Direktur
Direktur yaitu pemiliki usaha butik ini dengan tugas memantau jalannya dan input/output keuangan usaha dan kemajuan usaha.
2.      Departement Keuangan
Mengatur perputaran uang atau dana yang masuk dan keluar
3.      Departement Personalia
Mengatur segala hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia (SDM).
4.      Departement Riset
Mempelajari tren karakteristik dan permintaan konsumen.
5.      Departement Designer
Mendesain produk yang akan dibuat dan membuat model untuk katalog.
6.      Departement produksi
Yang memproduksi produk yang akan dibuat.
7.      Departement marketing
Memasrkan dan mencari kerjasama dengan perusahaan lain.

C.           Latar Belakang Tim Management
Terdiri dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha butik. Selain itu, dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaannya.

D.           Status Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan “butik azizah” yaitu perseroan. Dimana pengolahan dilakukan langsung oleh pemilik.


BAB VIII
PERENCANAAN PERMODALAN


A.           Sumber Permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian “butik azizah”yaitu dari pemilik butik sendiri, dikarenkakan modal yang dimiliki oleh pemilik butik tidak mencukupi maka dari itu pemilik memilih tindakan untuk melakukan pinjaman ke-Bank dengan jangka waktu 3 tahun pembayaran. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.
a.         Modal Pribadi         = Rp. 439.400.000,-
b.        Pinjaman                 = RP. 500.000.000,-

B.            Pembiayaan
1)      Investasi awal
No
Uraian
Total (Rp)
1 .
Pembelian tanah (1 hectar)
Rp. 100.000.000,-
2 .
Renovasi awal bangunan & desain interior
Rp. 200.000.000,-
3.
Kulakan baju grosir/ impor barang
Rp. 350.000.000,-
4.
Peralatan/Sarana prasarana
Rp.   65.000.000,-
5.
Biaya soft opening & promosi awal
Rp.   10.000.000,-
6.
Gaji karyawan (7 orang) tahun pertama
Rp. 176.400.000,-
Jumlah
Rp. 901.400.000,-

2)      Biaya lain-lain
No
Uraian
Total (Rp)
1.
Listrik
Rp.  7.000.000,-
2.
Asuransi
Rp. 10.000.000,-
3.
Transfortasi
Rp.   6.500.000,-
4.
Administrasi
Rp.   5.000.000,-
5.
Pajak
Rp.   2.750.000,-
6.
Air
Rp.   1.750.000,- 
7.
Pemeliharaan gedung dan peralatan
Rp.   5.000.000,-
Jumlah
Rp. 38.000.000,-
    Jadi modal yang dibutuhkan adalah :
    Intestasi Awal + Biaya Lain-Lain = TOTAL
       Rp. 901.400.000,-
       Rp.   38.000.000,-    +
       Rp. 939.400.000,-

C.           Pendapatan Minimal/hari
Modal Pribadi             = Rp. 439.400.000,-
Pengembalian modal jangka waktu 5 tahun = Rp. 439.400.000,-
                                                               60 bulan
                                                            = Rp. 7.324.000,-
Pinjaman         = RP. 500.000.000,-
Setoran/bulan dalam jangka 3 tahun = pokok + bunga 2,2%
                                                                      = Rp. 13.889.000,- + Rp. 11.000.000,-
                                                                      = Rp. 24.889.000,-
Bunga/bulan    = 2,2 % x 500.000.000 =  Rp. 11.000.000,-
Jadi pendapatan minimal/hari yang harus diperoleh adalah :
No
Uraian
Total (Rp)
1.
Setoran/bulan
   Rp. 24.889.000,-
2.
Gaji / bulan
   Rp. 14.700.000,-
3.
Biaya lain-lain
   Rp. 38.000.000,-
Jumlah
= Rp. 77.589.000,-
            30 hari
= Rp.   2.586.300,-
Pendapatan/hari
   Rp.   2.586.300,-





BAB IX
PENUTUP


A.           Kesimpulan
Bisnis busana butik muslimah menjadi pemicu bagi masyarakat sekitar, karena selain menarik, juga sebagai pengembangan awal busana muslim yang sedang trend pada masa kini. Busana muslim pada saat ini sedang menjadi incaran bagi kaum hawa, karena selain angggun ketika dikenakan juga selalu menarik perhatian orang banyak. Sebab, corak dan model busana muslim yang dkenakan lebih indah dilihat dan memikat hati di bandingkan busana yang trend dari luar selalu memperlihatkan auratnya.

B.            Saran
Jadilah contoh utama bagi kaum hawa untuk mengenakan hijab yang syar’ii di masa era globalisasi yang modern ini.




Proposal Usaha Warnet
Oleh: Nurjanah


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi dan komunikasi, maka harus diiringi oelh kemajuan teknologi juga, guna mendukung efektifitas dan efesiensi pekerjaan manusia. Salah satu kemajuan tekonologi yang cukup berperan dan cukup dirasakan manfaatnya bagi manusia, yaitu dengan kehadiran internet ditengah masyarakat. Dengan menggunakan internet masyarakat mampu menjangkau bagian paling jauh dari umi ini bahkan berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya tanpa harus bertatap muka langsung.
Banyak manfaat yang diperoleh dari kehadiran internet, salah satunya sebagai sumber informasi, sarana komunikasi, serta sebagai media hiburan. Apalagi dengan kehadiran jejaring sosial yang saat ini sangat digandrungi masyarakat, kenyataan ini tentu akan meningkatkan para pengguna internet. Karena manusia tidak dapat hidup sendiri oleh sebab itu internet meningkatkan intensitas manusia untuk saling bertukar informasi.
B.     Visi
Mendapatkan keuntungan yang besar serta dapat memberikan jasa internet dengan pasilitas yang nyaman dan harga terjangkau.
C.    Misi
1)      Menjalankan bisnis ini dengan manajemen yang baik
2)      Memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jasa internet
D.    Tujuan
Tujuan dari pendirian usaha warnet ini adalah :
1)      Memudahkan masyarakat mengakses internet lebih cepat
2)      Meningkatkan mutu SDM masayarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi informasi terutama internet
3)      Menciptakan lapangan kerja
4)      Mendapatkan profit
5)      Sebagai lahan berwirausaha
E.     Manfaat
Manfaat dari usaha warnet ini adalah masyarakat dapat memperoleh akses internet yang lebih mudah. Masyarakatpun dapat terbantu dengan adanya pasilitas internet ini terutama pelajar yang membutuhkan wawasan dan penegtahuna yang luas. Internet dapat memberikan banyak sekali informasi kepada pelajar untuk membantu mengerjakan begbagai tugas sekolah mereka.
Tidak hanya pelajar yang akan terbantu dengan adanya warnet ini. Masayarakat umum juga dapat terbantu dalam hal komunikasi seperti menggunakan email dan akses informasi yang mudah. Dengan adanya warnet ini, masyarakat disekitarya juga akan meningkat kemampuannya dalam hal pegoperasian teknologi yaitu komputer.
F.     Identitas Perusahaan
1.      Nama perusahaan              : Cahaya Abadi
2.      Alamat perusahaan            : Jl. Dalem, Desa Tigaherang, dekat MTs
                                            Negeri Cihawar Tigaherang
Keunggulan Lokasi Usaha :
§  Lokasi sangat berpotensial untuk di dirikan usaha warnet, karena lokasi usaha dekat dengan pemukiman warga yang padat dan bersebelahan langsung dengan MTs Negeri Cihawar Tigaherang.
§  Lahan parkir teduh dan cukup luas
§  Lokasi usaha memiliki teras yang teduh, yang memungkinkan pengunjung saling bercengkerama satu sama lain dengan pengunjung lain yang sedang menunggu antrian disaat warnet sedang penuh.
§  Usaha warnet beralokasi tepat dipinggir jalan, yang memungkinkan pengunjung dapat menjangkau lokasi dengan mudah.
3.      No. Telepon/Hp                : 085723975293
G.    Bentuk dan Bidang Usaha
Bentuk Usaha                         :CV. CAHAYA ABADI
Bidang Usaha             :  -  Usaha jasa foto copy, jilid, laminating, dll
-    Usaha jasa penyewaan internet (warnet)
-    Jasa Pengetikan Dokumen
-    Usaha toko buku
-    Jasa print kertas
-    Service komputer
H.    Waktu Usaha
Usaha warnet ini, buka pada :
Hari buka        : setiap hari (hari besar tutup)
Waktu                         : 08.00 - 22.00 WIB



BAB II
ANALISIS

A.    Kelayakan Dengan Analisis Swot
Bisnis warnet sekarang ini jika kita lihat pangsa pasar yang setiap harinya sangat membutuhkan warnet atau warung internet. Dalam bisnis ini sudah layak dilakukan sebab sistem internal yang dimiliki seperti : lokasi, modal, SDM, dan sarana prasarana sudah bisa tercukupi secara efektif dan efisisen. Jika melihat sisi internal bisnis ini juga layak dilakukan karena pangsa pasar yang jelas dan lokasi yang cukup strategis. Penentuan ketentuan yang diperoleh untuk mencapai BEF antara total pengeluaran dan total pendapatan sangat cepat dicapai. Untuk mengambil keputusan mengenai kelayakan bisnis perlu mengambil analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threants), adapun analisisnya adalah sebagai berikut :
1)      Strength (kekuatan)
§  Sumber daya manusia yang unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas
§  Memiliki modal yang cukup
§  Kemampuan dala tataran konsep dan praktek
§  Dalam mengakses internet cepat
§  Kemampuan melakukan pengembangan usaha karena dari unit usaha ini akan mampu menyediakan kebutuhan dan keinginan yang lain
§  Memiliki relasi bisnis warnet yang banyak
2)      Weaknees (kelemahan)
§  Selama masa liburan usaha kami akan mengalami penurunan pendapatankarena para siswa/siswi libur
§  Modal yang kami butuhkan relatif besar
3)      Opportunity (peluang)
§  Dekat dengan pangsa pasar dan aktifitas administrasi
§  Mampu mengerjakan pekerjaan dalam partai besar karena pengelola memilki akses yang banyak
4)      Threants (tantangan)
§  Mengalami kesulitan dalam perkembangan usaha, karena usaha baru berada pada fase perintis
§  Tingginya biaya operasional kerika usaha baru mulai berdiri
§  Belum memahami karakter konsumen



BAB III
PENGORGANISASIAN

A.    Stuktur Organisasi

PEMILIK USAHA/MANAGER







NURJANAH


ASISTEN MANAGER
LELA SARI







SEKRETARIS
BENDAHARA
NABILA
ZASKIA




OPERATOR KOMPUTER
SERVICE AND MAINTERANCE
RIZKI
RIDHO




STAFF PELAKSANA JASA PENGETIKAN
KEAMANAN
NAUVAL
M. LATIF
















B.     Uraian tugas
Dalam mendirikan usaha warnet ini, semua anggota koperasi telah memiliki peranan dan tugas masing-masing yang telah disepakati. Berikut uraiannya :
1.      Pemilik Usaha/Manager
a.       Memimpin koperasi yang mengontrol segala kegiatan warnet
b.      Bertanggung jawab atas semua kegiatan para anggota koperasi
c.       Bertanggung jawab atas semua kegiatan operasional warnet
d.      Membagi hasil keuntungan bersih kepada setiap anggota koperasi
2.      Wakil ketua/ Asisten Manager
a.       Mewakili semua tugas ketua koperasi apabila ketua koperasi sedang tidak ditempat/sedang sibuk
b.      Menghadapi segala keluhan yang diberikan pengunjung terhadap warnet, yang masih bisa diselesaikan oleh wakil ketua, sebelum disampaikan kepada ketua koperasi
3.      Sekretaris
a.       Bertugas sebagai penyusun dokumen yang berkaitan dengan kelangsungan kegiatan operasional warnet
4.      Bendahara
a.       Mencatat segala pemasukan dan pengeluaran rutin warnet
b.      Mencatat segala biaya operasional tambahan
5.      Operator
a.       Melayani pengunjung yang datang menyewa jasa internet
b.      Sebagai admin dalam sebuah warnet, yang mengatur biaya sewa
c.       Mengontrol keadaan dan kebersihan warnet
6.      Service And Mainterance
a.       Bertugas melakukan trouble shooting pada PC yang mengalami gangguan teknis
b.      Mereparasi komponen PC yang rusak yang masih bisa di reparasi
c.       Bertugas memerintah pembelian komponen PC yang harus diganti
7.      Staff pelaksana jasa pengetikan yang bertanggung jawab atas jasa pengetikan, alat penegetikan, serta order yang diterima harus sesuai dengan kapasitas staff sendiri agar menghindari terjadinya kekeliruan yang terjadi karena banyaknya order yang diterima serta menjaga kualitas pengetikan.
8.      Keamanan yang bertanggung jawab atas keamanan internal maupun eksternal perusahaan, serta mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dilingkungan perusahaan yang sedang beroperasi



BAB VI
RENCANA ANGGARAN BIAYA

A.       Biaya Alat Dan Sarana

Alat dan Sarana
Uraian
Biaya
1 paket PC
Rp. 2.500.000,-@11 unit
Rp. 27.500.000,-
Wifi
Rp. 10.000.000,-@1 unit
Rp. 10.000.000,-
Headset
Rp. 30.000,-@10 unit
Rp. 300.000,-
Webcam
Rp. 80.000,-@10 unit
Rp. 800.000,-
Stabilizer
Rp. 200.00,-@2 unit
Rp. 400.000,-
Meja bersekat
Rp. 100.000,-@10 unit
Rp. 1000.000,-
Karpet 4X10m2
Rp. 180.000,-@1 unit
Rp. 180.000,-
Switch
Rp. 150.000,-@ 2 unit
Rp. 300.000,-
Steker 3 in 1
Rp. 12.000,-@15 unit
Rp. 180.000,-
Kabel UTP/roll
Rp. 500.000,-@2 unit
Rp. 1000.000,-
Printer + scanner
Rp. 1000.000,-@1 unit
Rp.1000.000,-
Jasa intalasi server
Rp. 750.000,-@1 unit
Rp. 750.000,-
AC
Rp. 750.000,-@1 unit
Rp. 750.000,-
Lampu ruangan
Rp. 30.000,-@4 unit
Rp. 120.000,-
Tinta printer
Rp. 20.000,-@8 unit
Rp. 160.000,-
Kertas HVS/A4/F4
Rp. 30.000,-@5 rim
Rp. 150.000,-
Mesin Fotocopy
Rp. 25.000.000,-@1 unit
Rp. 25.000.000,-
Tinta mesin Fotocopy
Rp. 25.000,-@5 unit
Rp. 125.000,-
Etalase
Rp. 1.500.000,-@1 unit
Rp. 1.500.000,-
Meja dan kursi
Rp. 500.000,-@1 unit
Rp. 500.000,-
Alat pemotong kertas
Rp. 300.000,-@1 unit
Rp. 300.000,-
Mesin laminating
Rp. 1000.000,-@1 unit
Rp. 1000.0000,-
Alat-alat untuk
 menjilid :
§  Staples besar
§  Staples sedang
§  Steples kecil
§  Steples paling kecil
§  Cutter
§  Mistar besi


Rp. 300.000,-@1 unit
Rp. 200.000,-@1 unit
Rp. 30.000,-@1 unit
Rp. 10.000,-@2 unit

Rp. 10.000,-@2 unit
Rp. 5000,-@2 unit


Rp. 300.000,-
Rp. 200.000,-
Rp.30.000,-
Rp. 20.000,-

Rp. 20.000,-
Rp. 10.000,-
ATK :
§  Buku tulis
§  Pulpen
§  Pensil
§  Penghapus
§  Penggaris
§  dll

Rp. 25.000,-@20 unit
Rp. 15.000,-@10 unit
Rp. 15.000,-@10 unit
Rp. 15.000,-@5 unit
Rp. 1000,-@30 unit
Rp. 10.000.0000


Rp. 500.000,-
Rp. 150.000,-
Rp. 150.000,
Rp. 150.000,-
Rp. 300.000,-
Rp. 10.000.0000,-
Sarana dan prasarana penunjang lainnya
Rp. 10.000.000
Rp. 1000.000,-
TOTAL

Rp. 94.845.000,-

B.       Biaya Operasional

Operasional
Uraian
Biaya/Bulan
Sewa ruko
Rp. 10.000.000,-/bulan
Rp. 10.000.0000,-
Tagihan listrik (rata-rata)
Rp. 500.000,-/bulan
Rp. 500.000,-
Perawatan rutin PC
Rp. 50.000,-@11 unit/bulan
Rp.550.000,-
Perawatan rutin AC
Rp. 300.000,-@1 unit/bulan
Rp. 300.000,-
Pelunasan cicilan modal awal
Pinjaman modal sebesar Rp. 100.000.000,-
Rp. 10.000.000,-
Biaya pengembangan

Rp. 1000.000,-
TOTAL

Rp. 22.350.000,-



C.       Asumsi Keuntungan
Jasa
Uraian
Laba Kotor/Bulan
Sewa internet
@Rp. 3000 X 14 jam/hari X 20 pc X 30 hari
Rp. 25.200.000,-
Print
@Rp. 1000,- X 20 lembar/hari X 30 hari
Rp. 600.000,-
Scanner
@Rp. 5000,- X 2 lembar/hari X 30 hari
Rp. 300.000,-
Jasa pengetikan
@Rp. 10.000 X 2 kali/hari X 30 hari
Rp. 600.000,-
fotocopy
@Rp. 250,- X 100 lembar/hari X 30 hari
Rp. 750.000,-
Laminating
@Rp. 5000,- X 50 lembar/hari X 30 hari
Rp. 7.500.000,-
ATK
@Rp. 100.000,- X 20/hari X 30 hari
Rp. 60.000.000
TOTAL

Rp. 94.950.000,-
**Laba bersih didapati dengan rumus :
Laba Bersih = Laba Kotor – Biaya Operasional
                    = Rp. 94.950.000 - Rp. 22.350.000 = Rp. 72.600.000
D.       Sumber Biaya
Sumber biaya diperoleh dengan pinjaman kepada pihak yang bersedia. Berikut uraiannya :

Jenis Biaya

Sumber
Jumlah Pinjaman

Keterangan
Modal usaha
Bank Mandiri
Rp. 100.000.000
Jumlah pinjaman akan dilunasi dengan cara mencicil perbulan selama 10 bulan berturut.
Jadi Rp. 100.000.000 = Rp. 10.000.000,-/bulan
E.       Perhitungan Bagi Hasil
Jumlah laba bersih perbulan sebesar Rp. 72.600.000
Untuk dana perusahaan sebesar Rp. 52.600.000
Untuk gaji pegawai sebesar Rp. 20.000.0000
PP Pihak Yang Berhak
Persentasi Pembagian Untung
Perhitungan
Jumlah Gaji/Bulan
Ketua perusahaan
10,10%
10,10/100xRp. 20.000.000,-
Rp. 20.20.000,-
Wakil ketua
10,10%
10,10/100xRp. 20.000.000,-
Rp. 20.20.000,-
Sekretaris
10,10%
10,10/100xRp. 20.000.000,-
Rp. 20.20.000,-
Bendahara
10,10%
10,10/100xRp. 20.000.000,-
Rp. 20.20.000,-
Operator
10,10%
10,10/100xRp. 20.000.000,-
Rp. 20.20.000,-
Service and mainterance

10,10%
10,10/100xRp. 20.000.000,-
Rp. 20.20.000,-
Staff pelaksana jasa pengetikan

10,10%
10,10/100xRp. 20.000.000,-
Rp. 20.20.000,-
keamanan
11,11%
10,10/100xRp. 20.000.000,-
Rp. 20.20.000,-



BAB V
PENUTUP

A.    Antisipasi masa depan
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat dan konsumen puas atas pelayanan yang kami berikan. Karena apabila kualitas pelayanan kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju, dan terancam bangkrut seiring perkembangan zaman. Mengingat para pesaing kami yang kemungkinan semakin banyak kami harus selalu siap dengan mengembangkan pelayanan kami dbidang pelayanan internet.
B.     Kesimpulan
Menurut saya dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Saya sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kulaitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Saya sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi saya akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
C.    Saran
Untuk membuka usaha warnet sebaiknya kita lihat apa saja yang harus diperhatikan dan buatlah usaha tersebut sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Selain itu selalu berusha memperkecil dampak negatif dari adanya usaha kita.






















Proposal Usaha Pulsa
Oleh: Ismi Nurwahidah

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Dijaman modern seperti ini teknologi sudah semakin maju. Banyak kita melihat orang-orang telah menggunakan alat-alat elektronik yang canggih seperti, handphone,tablet/tab, iped, dan lain sebagainya. Juga dengan semaraknya kemajuan dunia internet yang menarik perhatian sorang dari seluruh dunia untuk mengakses onformasi dari belahan dunia. Bahkan ada sebagian orang tak bisa hidup tanpa internet  saya mengambil kesempatan untuk membuka usaha dibidang “PULSA”. Meskipun keuntungannya kecil tetapi bila kita bersabar dan tetap konsisten menjualnya akan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Teknologi canggih seperti HP, tablet, ipad, dan lain sebagainya sudah ketergantungan pada pulsa. Dan saya melihat peluang bisnis dalam bidang  Pulsa baik untuk kedepannya.
B.     Tujuan Usaha
Secara garis besar tujuan usaha saya adalah :
·         Menciptakan lapangan kerja.
·         Member pelayanan pada masyarakat.
·         Memajukan kehidupan masyarakat
·         Dapat menambah penghasilan tiap bulannya  memberikan manfaat yang besar.
·         Dapat memberikan jasa pelayanan komunikasi dengan baik
·         Dapat menjaga kelangsunganb usaha dan mengembangkannya.

C.     Visi dan Misi

·      Visi
Menuju perusahaan yang dapat memberikan manfaat kepada manusia melalui teknologi komunikasi.

·      Misi
-       Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan usaha/kerja.
-       Melahirkan entrepreneur- entrepreneur yang bergerak dalam komunikasi.

D.     identifikasi Usaha

·      Nama Usaha                        : King Desh Cell
·      Pemilik Usaha         : Ismi Nurwahidah
·      Alamat Usaha          : Perumahan Komplek Rajadesa
·      Contact Person        : 082217122931

E.      Ruang Lingkup Usaha
ruang lingkup usaha yang saya jalankan masih disekitar lingkungan saya tetapi tidak menutup kemungkinan untuk saya member pelayanan diluar wilayah saya. Sebab usaha ini masih usaha kecil-kecilan.



BAB II
ANALISIS USAHA
A.     Rencana Produk

Usaha saya adalah usaha yang bergerak dalam bidang pulsa. Ide menjalankan usaha dibidang pulsa ini dari ayah saya yang selalu melihat saya mengerjakan tugas sekolah dengan ,menggunakan internet dan tentuinya menghabiskan pulsa yang tidak sedikit. Karna itulah ayah saya mengusulkan agar saya berjualan pulsa. Modal saya pertama kali dalam menjalankan usaha ini yaitu Rp. 100.000 dan itupun saya hanya menjual satu jenis pulsa yaitu hanya pulsa elektrik.

Keistimewaan Kingdesh Cell ini adalah :
·      Menjual berbagai macam pulsa, seperti pulsa elektrik, pulsa Voucher, pulsa internet, dan pulsa listrik PLN.
·      Harga yang terjangkau untuk masyarakat.
·      Tempat yang nyaman.

B.     Identifikasi Masalah

Saat ini telah banyak orang yang mendirikan usaha penjualan pulsa, namun kuranng sukses dan merugi. Hal tersebut mungkin dikarenakan saat mereka akan mendirikan usaha mereka tidak memerhatikan konsep-konsep dasar usaha yang didalamnya terdapat 9 langkah pola berusaha dalam mendirikan usaha.
Adapun factor-faktor yang dapat mendukung maupun menghambat usaha ini adalah :
a.       Factor Pendukung
·      Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan.
·      Memberikan pendapatan/keuntungan yang cukup besar.
·      Pengguna HP yang terus meningkat.
·      Cara penjualan yang tidak begitu sulit.
·      Tidak memerlukan modal yang terlalu banyak.
·      Peluang pasar yang cukup.
·      Perputaran modal yang sangat cepat.
b.      Factor penghambat
·      Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
·      Gangguan pada server pengiriman pulsa elektrik terhambat.
·      Pengisian deposit yang lambat.





BAB III
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A.     Jenis Usaha

Menjual berbagai macam pulsa dengan harga terjangkau.

B.     Prospek Usaha

Dengan meningkatnya perkembangan alat komunikasi handphone yang luas dan menyeber dalam masyarakat, dengan begitu pula dengan begitu pula kebutuhan pulsa sebagai salah satu syarat berkomunikasi dengan handphone besar. Dan saya sebagai penyedia layanan pulsa akan mendapat penghasilan atau keuntungan yang besar dari konsumen pulsa dalam masyarakatdan selalu membutuhkannya dan diharapkan usaha ini mencapai masa depan.

C.     Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia SDM adalah SMA sederajat yang mampu mengelola usaha ini dengan baik dan berkepribadian baik serta terampil.

D.     Rencana Produksi

Saya memilih untuk menjualnya disekitar perumahan. Fasilitas yang diperlukan untuk melayani dibidang jasa pulsa ini adalah :
1.      Satu counter untuk meletakan berbagai berbagai macam pulsa, yaitu pulsa Elektrik, pulsa Voucher dan kartu perdana.
2.      Dua kursi apabila konsumen menunggu terlalu lama.





BAB IV
ASPEK PEMASARAN

A.     Analisis SWOT
Sebelum melaksanakan suatu usaha baru kita perlu mengetahui aspek-aspek yang sangat berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah :
a.       Aspek Kekuatan (Strenght)
b.      Kelemahan (Weaknes)
c.       Kesempatan (Opportunities)
d.      Ancaman (Thearth)
Dengan melakukan analisis terhadap aspek-aspek tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancer dan sukses.
Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas
a.       Strength/kekuatan
·         Harga yang tidak terlalu tinggi.
·         Pengiriman yang cepat.
·         Tersedianya pulsa dari semua provider.
·         Menjual bebagai jenis pulsa, seperti pulsa elektrik, pulsa voucher, pulsa internet, dan pulsa PLN, dan kartu perdana.
·         Usaha ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak.
·         Resiko merugi/kegagalan kecil dengan modal yang relative kecil.
·         Pengiriman pulsa tidak terlalu sulit dan menggunakan HP kita.
·         Perputaran modal yang sangat cepat.
b.      Weaknes/kelemahan
·         Bila gangguan jaringan, pengiriman pulsa jadi terganggu.
·         Gangguan server.
·         Pengisian devosit yang lama.
·         Banyaknya pesaing.
·         Keuntungan kecil.
·         Etalase yang masih kecil (counter)
c.       Opportunities/kesempatan
·         Berkembangnya dunia internet membuat orang-orang mencari pulsa untuk mengakses berbagai info.
·         Menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan.
·         Penjualan yang selalu meningkat.
d.      Thearth/ancaman
·         Jaringan yang terkadang gangguan
·         Banyaknya pesaing yang meniru konsep yang telah kita buat.
·         Persaingan semakin ketat.

B.     Analisis 4P
a.       Product type
Pulsa
b.      Price
Price List
·         Pulsa Elektrik & voucher
Rp. 10.000 = Rp. 12.000
Rp. 20.000 = Rp. 22.000
Rp. 50.000 =Rp. 52.0000
Rp. 100.000 = Rp. 102.000
·         Pulsa Kuota Internet
Rp. 50.000 = Rp. 52.000
Rp. 100.000 = 102.000
c.       Promotion
Hanya menjual disekitar perumahan, dari mulut kemulut, dan dari media social pemilik usaha.
d.      Place
 diperumahan disekitar konter.
C.     Target Dan Segmentasi Pasar
a.       Geografi
Wilayah yang saya jadikan target usaha yaitu disekitar perumahan rajadesa. Alasan di dirikan di perumahan rajadesa karena usaha ini masih kecil-kecilan.
b.      Demografi
Saya menjualnya diperumahan, untuk mempermudah orang-orang membeli pulsa.
D.     Strategi Pemasaran
a.       Perkenalan Bisnis
Usaha yang saya jalankan bergerak dibidang pulsa dengan harga yang terjangkau. Dan juga berharap agar bisa mempermudah orang-orang melakukan komunikasi.
b.      Media pemasaran
Dengan membuka satu counter dirumah pemilik “ismi nurwahidah (kingdesh Cell)”
c.       Cara mempromosikan usaha
Cara mempromosikan usaha adalah dari mulut ke mulut, menyebar selebaran.
d.      System pembayaran
System pembayaran bisa dengan dua cara yaitu :
·           Pembayaran langsung ketika membeli ke konter.
·           System pembayaran tidak langsung, yakni konsumen membeli pulsa dengan cara memesan dulu baik dengan cara memesan langsungsung lewat telepon atau smsdan pembayaran pada hari berikutnya.
e.       Pelayanan
Memberikan pelayan dengan pelayanan prima.



BAB V
ASPEK MENEJEMEN
A.       Pengorganisasian
Rencana organisasi usaha hanya terdiri dari satu orang.
B.       Produk
·      Perencanaan produk
·      Pembelian produk
C.       Pemasaran
·      Menyusun rencana strategi pemasaran memsarkan.
·      Membangun jaringan pasar melalui promosi.
D.       Pembukuan
·            Mencatat segala transaksi
·            Menyusun anggaran dan belanja
·            menyusun laporan keuangan.







BAB VI
RENCANA PERMODALAN


A.     Biaya Awal
No.
Pengeluaran
Harga
1.
Buku Catatan
Rp. 10.000
2.
Pulpen
Rp. 1000
3.
Telepon genggam
Rp. 200.000
4.
Pulsa untuk operasional sebulan
Rp. 30.000
5.
Biaya listrik
Rp. 50.000
6.
Beli Saldo
Rp. 1.000.000
Total
Rp. 1.291.000

Diperkirakan hasil yang diharapkan dalam satu hari usaha ini, setiap harinya rata-rata 10 transaksi dengan nominal Rp. 10.000.

B.     Pemasukan
1.      Jumlah transaksi dihitung dari jumlah pembeli bukan dihitung dari nilai pulsa yang mereka beli.
Satu hari saya memiliki 10 orang pembeli dan membeli pulsa senilai 10.000
2.      Satu bulan saya genapkan menjadi 30 hari, biaya sms dihitung perbulan 30.000.

C.     Analisis Keuntungan
Setiap harinya akan mengeluarkan saldo 100.000. jika pembeli saya berjumlah 10 orang dan membeli pulsa senilai 10.000 seharga 12.000  dan saya akan mendapatkan uang perharinya sebesar Rp. 120.000.
Perhitungannya :
Jumlah pembeli x harga pulsa = hasil yang diperoleh
10 x 12.000 = 120.000
Jika dihitung perbulan :
Hasil yang diperoleh satu hari x satu bulan (30 hari)
120.000 x 30 = 3.600.000
Hasil yang diperoleh - modal awal = keuntungan
3.600.000 – 1.291.000 = 2.309.000
Jadi keuntungan yang saya dapatkan setiap bulannya adalah Rp 2.309.000.







BAB VII
PENUTUP
A.     Antisipasi Masa Depan

             Penjualan pulsa, memiliki nprospek yang cukup cerah pada masa sekarang ini, dilihat dari akan kebutuhan komunikasi melalui hp yang cukup besar. Peluang berjualan pulsa ini memang menggiurkan, akan tetapi di dalam berusaha, kita harus tetap mengantisipasi persoalan-persoalan yang muncul dalam pelayanan terhadap pembeli agar tidak kecewa, dengan memelihara stok pulsa jangan sampai kosong. Melihat persaingan yang terus menningkat di dalam penjualan, maka untuk mengantisipasi persoalan yang akan timbul, perlu adanya peningkatan pelayanan yang baik agar pelanggan tidak lari ke tempat lain.
             Sebagai wirausahawan yang baik, saya tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Saya akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan saya, agar para peminat atau konsumen puas atas pelayanan yang diberikan. Karena apabila kualitas produk tidak saya tingkatkan, kemungkinan masa depan terancam tidak akan maju dan juga terancam bangkrut.

B.     Kesimpulan
             Usaha dibidang pulsa ini sangat cocok dijaman sekarang yang serba canggih. Bisnis ini sangat menguntungkan bagi saya. Semoga usaha ini semakin bertambah maju nya dunia internet dan teknologi, usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar dan memiliki resiko yang kecil.






Porposal Usaha Sari Sunda
Oleh: Rika Sukmawati


BAB I
PENDAHULUAN



A.      Latar Belakang
Rumah Makan Sunda adalah sebuah restoran yang menjual sajian hidangan sunda yang kaya rasa serta tidak menghilangkan tradisi masakan jawa barat dan unik dengan set up outlet yang nyaman dan menarik. Konsep restoran Sunda ini dengan melihat mobilitas masyarakat yang semakin meningkat dan besarnya pangsa pasar yang sudah terbentuk dan belum banyak yang menyajikan konsep bisnis seperti ini.
Cara bisnis restoran sunda diharapkan dapat menjadi leader dalam menghadapi pesaing-pesaing yang telah ada. Restoran Sunda hadir sebagai nuansa baru bisnis makanan khas Jawa barat yang menjawab permintaan pasar akan adanya layanan yang memungkinkan konsumen dapat menikmati hidangan Jawa barat dengan cita rasa tinggi, dengan harga terjangkau mengingat masakan Jawa barat sangat khas, baik rasa maupun bahannya. Menu masakan Sunda adalah hal yang diambil dalam konsep bisnis ini, dengan menawarkan 10 – 15 menu utama yang mudah dalam penyajian dan telah diterima di konsumen menengah dan bawah sesuai  dengan segmen dan target market kami, namun tidak menutup kemungkinan untuk konsumen kelas atas dapat menikmati masakan restoran Sunda karena rasanya yang alami dari resep tradisional tidak berubah.
Restoran Sunda menjadi penyempurna dengan menawarkan konsep resto maupun outlet sesuai dengan kemampuan mitra bisnis kami, dengan menawarkan 15 resep makanan khas Sunda dengan jenis makanan berat dengan kemasan yang unik kami jual dalam Nasi timbel lengkap yang di daerah asalnya makanan ini sangat digemari karena kepraktisannya.

B.     Visi Misi
Visi :
“ Makana Sunda Dikenal Dunia”
Misi :
1.      Menyajikan makanan istimewa dengan harga dengan harga yang kompetitif
2.      Memberikan pelayanan cepat dan bersahabat
3.      Memberikan suasana yang bersih, asri dan nyaman
C.    Ringkasan Usaha
3.             Biodata Pemilik
Nama Pemilik                : Rika Sukmawati
Alamat                          : Selajambe, Kuningan
          Jenis Kelamin                 : Perempuan
          Tempat/Tanggal Lahir    : Kuningan,  1997
          Agama                           : Islam
          No. Telepon                   : 082315854697
          Email                              : rikasukma37@gmail.com
          Pendidikan Terakhir      : SMK
4.             Manajemen
Nama perusahaan                    : Restoran Sari Sunda
Nama pemilik                          : Rika Sukmawati
Bidang Usaha                          : Bidang Makanan
D.      Tujuan Usaha
5.         Akan melayani segmen pasar masyarakat melalui makanan dan  minuman yang disajikan dengan kualitas baik, higenis dan sehat yang memiliki gizi standar dan makanan kesehatan yang dibutuhkan oleh setiap orang pada umumnya serta kebersihan sesuai dengan perusahaan berorientasi konsumen.
6.         Pembukaan lapang kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama dikalangan ibu rumah tangga, dan diantara mahasiswa atau siswa yang membutuhkan pekerjaan sampingan untuk melanjutkan studi.
7.         Sebagai sarana pengelolaan modal sumber daya yang bertujuan untuk membuat keuntungan.
8.         Berlahan-lahan untuk membangun citra konsumen tentang pentingnya diet yang sehat.







BAB II
PEMBAHASAN

G.      Pemilihan Lokasi Usaha
Pemilihan lokasi usaha restoran ini dipilih tempat yang begitu strategis dimana dekat dengan jalan raya, di dalam moll sehingga dengan begitu dapat memudahkan pengunjung untuk datang.

H.      Perizinan
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP). Selanjutnya, lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), untuk diajukan ke dinas perizinan baik di kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

I.         Produk
Produk yang kami jual berupa makanan dan minuman. Berikut ini merupakan rincian dari makanan dan minuman yang tersedia di restoran Sunda :
a.         Makanan
1.      Nasi Putih
2.      Pecak Oncom: adalah salah satu menu andalan yaitu oncom hitam yang kami campur dengan rempah- rempah dan bumbu tradisional .
3.      Pecak Ikan Gabus: ini adalah sebuah menu utama kami yang terbuat dari ikan gabus yang pilihan dengan bumbu yang menghilangkan bau amis ikan tersebut.
4.      Gurame Asam Manis: Merupakan menu yang sangat kita banggakan bumbu asam manis yang membuat lidah kita tidak berhenti bergoyang.
5.      Ayam Bakar Madu : Merupakan ayam bakar dengan siraman madu murni yang asli kita pilih untuk membuat ayam menjadi nikmat.
6.      Ayam Goreng Pejantan: ini adalah dalah satu masakan khas jawa barat karena ayam pejantan yang sulit di temukan sehingga daging ayam nya berbeda rasanya dengan ayam biasa.
7.      Ikan Bakar: kita menyediakan menu ikan bakar sangat unik konsumen dipersilahkan memancing ikan terlebih dahulu baru akan di bakar oleh pelayan kami.
Selain itu menu yang kami sajikan juga tersedia dalam bentuk paket yaitu :
1.       Nasi Timbel Sunda   : Nasi Putih + Empal + sayur asem+ ikan asin + Lalapan
2.      Nasi Bakar Sunda      : Nasi Bakar + Rempah-rempah + Empal + Lalapan
3.      Nasi Paket Sunda 1    : Nasi Putih + Ayam bakar + Ikan asin + Lalapan
4.      Nasi Paket Sunda 2  : Nasi Putih + Ayam Goreng + Sayur asem + Lalapan

b.        Minuman
1.    Aneka Jus
2.    Es Buah Erbis Sari Madu
3.    Es Kelapa Muda Daweg
4.    Air Mineral
5.    Es The Manis
c.         Makanan Ringan
1.    Tahu Goreng
2.    Otak Otak Bakar


d.        Harga
Harga produk kami sesuaikan agar semua kalangan dapat menjadi konsumen kami. Rinciannya antara lain :
1.      Nasi Putih
: Rp. 3000,-
2.      Pecak Oncom
: Rp. 12000,-
3.      Pecak Ikan Gabus        
: Rp. 18000,-
4.      Gurame Asam Manis
: Rp. 25000,-
5.      Ayam Bakar Madu
: Rp. 11000,-
6.      Ayam Goreng Jantan
: Rp. 12.500,-
7.      Ikan Bakar
: Rp. 10.000,-
8.      Nasi Timbel
: Rp. 27.000,-
9.      Nasi Bakar
: Rp. 28.500,-
10.  Nasi paket pasundan 1
: Rp. 25.000,-
11.  Nasi Paket Pasundan 2
: Rp. 16.500,-
12.  Aneka Jus
: Rp. 6000,-
13.  Es Kelapa dawegan
: Rp. 10000,-
14.  Es Teh Manis
: Rp. 2500,-
15.  Air Mineral Botol
: Rp. 3000,-
16.  Tahu Goreng
: Rp. 7000,-
17.  Otak – Otak Bakar
: Rp. 8000,-


BAB III
ANALISIS USAHA
A.      Rencana bisnis
Proses pembuatan menu dan cara penyajian yang bersih dan menarik menjadi andalan di restoran sunda kami. Begitupula dengan harga yang sangat terjangkau dapat meringankan para pembeli khususnya pelajar dan mahasiswa. Untuk pemasaran sendiri kita melakukan berbagai iklan seperti panflet, poster, dan menggunakan cara tradisional yaitu dari mulut ke mulut atau orang ke orang. Begitu juga dilengkapi dengan promo harga murah untuk menarik para konsumen yang datang ke restoran sunda kami. Usaha ini juga akan mengalami perkembangan dengan membuka cabang-cabang di berbagai daerah-daerah.
B.       Analisis SWOT
1.      Strength (kekuatan usaha)
a.       Mempunyai cirri khas menu yang berbeda dengan restoran yang lainnya yaitu special sambel yang menggugah selera makan
b.      Tempatnya strategis dan mempunyai cabang dimana-mana sehingga mudah di kunjungi
c.       Rasanya sangat mantap
d.      Harganya cukup murah, terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.

2.      Weaknesess (kelemahan usaha)
a.       Tidak cocok untuk orang yang tidak suka sambel dan makanan sunda
b.      Cabangnya kurang banyak
3.      Opportunities (peluang)
a.       Digemari anak muda dan orang-orang yang suka sambel
b.      Tempat untuk mengekspresikan diri atau menghilangkan BT
c.       Ciri khas menu yaitu sambel menjadikan usaha ini sangat menjanjikan
d.      Cabang yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya
4.      Threats (ancaman)
a.       Banyak saingan diluar sana
b.      Harga yang naik atau tidak stabil bisa membingungkan pengusaha untuk menentukan harga
c.       Cabang warung yang belum menyebar diberbagai daerah




BAB IV
ASPEK PEMASARAN

A.    Segmentasi
Menurut segmentasi, konsumen kami terdiri dari :
    Menengah atas,
    Kalangan ekonomi menengah,
    Kalangan ekonomi menengah ke bawah dan
    Kalangan ekonomi bawah.
   
B.     Target Pasar
     Target pasar merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha katering bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima. Apabila tidak ada pesanan, kegiatan produksi perusahaan katering tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah  pemasaran, keuangan dan administrasi.
a.       Estimasi Target Pasar :
1.             Jumlah target pasar tercakup semua kalangan masyarakat, segala usia, umumnya yang berdomisili di daerah kota Cirebon dan sekitarnya serta wisatawan lokal maupun internasional.
2.             Karakteristik target pasar  umunya semua kalangan yang tidak hanya mencari tempat untuk makan tetapi sekaligus untuk berkumpul dengan kawan, keluarga serta sarana bermain untuk keluarga.
b.      Promosi
Kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan The Bento di masyarakat adalah dengan cara promosi, antara lain :
1.  Membuat iklan di surat kabar,
2.  Menyebarkan baligo
3.  Di iklankan melalui media internet.
c.       Distribusi
Dengan harga jual per porsi mulai dari Rp. 18000 , - Restoran Sunda membidik pasar menegah dan menegah kebawah.
Lokasi penjualan yang bisa digunakan adalah:
-     Pusat keramain
-     Sekolahan / kampus
-     Tempat hiburan / rekreasi
Serta tempat lain yang sesuai dengan segmen pasar yang dituju


BAB V
PENGORGANISASIAN


MANAGER OPERASIONAL






WAITER

COUREER

KOKI












4.        Operasional Manager
Adalah seseorang yang ditunjuk sebagai kepala dalam operasional restaurant  tugas-tugas dari seorang manager, yaitu:
m.    Mengawasi jalannya proses operasional restaurant
n.      Bertanggungjawab terhadap jalannya operasional restaurant
o.      Mengkoordinasi bahan-bahan operasional restaurant
p.      Mengkoordinasi pegawai yang sedang bertugas
q.      Melakukan prediksi dan ide-ide dalam mempromosikan restaurant
r.        Mengetahui hasil dari operasional restaurant
s.       Mengawasi segala kebutuhan operasional restaurant
t.        Menentukan jumlah operasional restaurant
u.      Bertanggungjawab terhadap proses produksi operasional restaurant
v.      Memberikan training kepada pegawai
w.    Accounting
5.        Waiter dan Coureer
Waiter atau waitress adalah sekelompok orang yang bertugas untuk melayani kebutuhan tamu caffe. Tugas-tugas mereka antara lain:
j.        Melayani tamu secara operasional
k.      Memperhatikan kebutuhan tamu
l.        Mengetahui produk yang dijual
m.    Bertanggungjawab terhadap opersional restaurant
n.      Menerima pesanan dari tamu
o.      Membuatkan makanan dan minuman tamu
p.      Menyiapkan makanan dan minuman tamu
q.      Membersihkan peralatan yang kotor
r.        Bertanggungjawab dalam proses produksi
6.        Koki
g.      Memasak makanan untuk tamu restaurant
h.      Menyiapkan pesanan dari tamu
i.        Memberikan pelayanan kepada tamu restaurant
j.        Bertanggungjawab terhadap produksi operasional restaurant
k.      Membantu waiter atau wairess
l.        Membantu dalam memberikan pelayanan kepada tamu restaurant



BAB VI
RENCANA ANGGARAN BIAYA

Biaya tanah dan bangunan                             : Rp. 350.000.000
Biaya produksi                                               : Rp. 150.000.000/bulan
Biaya peralatan                                              : Rp. 150.000.000
Gaji karyawan (2 koki dan 5 pelayan)           : Rp.   25.000.000/bulan
Biaya lain-lain                                                : Rp.     5.000.000/bulan
                                                                         Rp. 680.000.000

Pinjaman ke Bank                                          = Rp. 685.000.000
Bunga 2.2% x 685.000.000                           = Rp.   15.070.000
Setoran perbulan selama 3 tahun                   = Rp.   34.100.000
Setoran perhari                                               = Rp.     1.150.000


Pengeluaran perbulan:
Setoran                                                           = Rp.   34.100.000/bulan
Gaji Karyawan                                               = Rp.   25.000.000/bulan
Biaya Produksi                                               = Rp. 150.000.000/bulan
Biaya lain-lain                                                = Rp.    5.000.000/bulan
                                                                          Rp. 214.100.000/bulan
Pendapatan perbulan :
Pendapatan Perhari     = Pendapatan perhari-pengeluaran perhari
                                    = Rp. 7.400.000 – Rp. 7.150.000
                                    = Rp. 250.000/hari
Pendapatan Perbulan  = Rp. 250.000 X 30
                                     = Rp. 7.500.000/bulan
BAB VI
PENUTUP

B.       Kesimpulan
Dari pembahasan diatas bahwa sebuah restoran sunda harus memiliki keunggulan produk yang baik seperti:
4.      Citra rasa produk yang dihasilkan, kualitas, mutu produk, kebersihan.
5.      Cara penyajian yang lebih unik dan istimewa agar lebih menarik.
6.      Ruangan restoran yang nyaman dengan suasana khas sunda
Demikianlah proposal usaha ini penulis buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua, tidak lupa penulis mengucap syukur kepada Allah Swt karena atas segala rahmat dan hidayah-Nya kami menyelesaikan proposal usaha ini..
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha restoran sunda ini. Dengan selesainya proposal usaha ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala kritik dan saran yang membangun sangatlah saya harapkan dari semua pihak, karena saya menyadari bahan atau proposal ini masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi. Atas segala perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.


Dapatkan filenya Disni





Share Post:

Yogi Iskandar


Yogi Iskandar

Yogi Iskandar

Sponsor By:

SUBSCRIBER


SUBSCRIBER

Iklan_Foot