Iklan_1

Education & Financial Konsulting

Education & Financial Konsulting
Education & Financial Konsulting

Agrobisnis & Pariwisata

Agrobisnis & Pariwisata
Agrobisnis & Pariwisata

Digital & Network Development

Digital & Network Development
Digital & Network Development
Membangun Pendidikan yang Salah Kaprah

Yogi Iskandar

1/15/2016

Membangun Pendidikan yang Salah Kaprah “Cerita Ini Hanya Pendapat Pribadi, Mohon Maaf Jika Terdapat Kesalahan dan Kekeliruan Di Da...

Membangun Pendidikan yang Salah Kaprah

Membangun Pendidikan yang Salah Kaprah

“Cerita Ini Hanya Pendapat Pribadi, Mohon Maaf Jika Terdapat Kesalahan dan Kekeliruan Di Dalamnya”
“ Kematangan Seseorang Akan Tumbuh Melalui Tukar Menukar Pendapat”
“Semoga Bisa Bermanfaat”

Ketika pagi menjelang si amir sudah terbangun dari tidurnya, amir mempersiapkan diri untuk bergegas kesekolah guna mencari ilmu katanya. Setiap pagi amir bangun pukul 5 pagi, setelah amir bangun pagi amir bergegas untuk mengambil air wudhu dan melaksanakan ibadah sholat subuh. Setelah sholat subuh, amir membantu orang tua untuk mebereskan rumah. Seselesainya membereskan rumah amir bergegas mandi dan memakai seragam sekolah. “Amir, makan dulu” suara keras berkumandan dari sang ibu yang tengah menyiapkan makan untuk amir dan ayah. “ia mak” amirpun menyahut perintah dari sang ibu.
Setelah membereskan buku-buku yang henda dibawa, amirpun bergegas menuju meja makan dan mengambil seonggok nasi beserta sayur dengan lahapnya amir menyatantap hidangan sarapan pagi. Seselesainya amir makan, amirpun berpamitan kepada kedua orang tua untuk pergi kesekolah. “hati-hati mir, belajara yang rajin” kata sang ibu dan ayah memberikan pituah kepada amir dan amirpun menjawab “ia mak”.
Dengan gagah berani amir hendak pergi kesekolah, amir dan kedua orang tua menaruh harapan dengan melaksanakan sekolah. Amir, akan menjadi seseorang yang dapat bermanfaat untuk orang tua, masyarakat, Bangsa dan Negara. Sesampainya di sekolah amir bergurau dengan temannya. “Amir, giman PR loe, udah selesai belum?”, Tanya bahrun. “udah donk, guekan pengen jadi orang pintar. Hahaha”, amirpun menjawab pertanyaan dari temannya.
Ketika bel berbunyi, menandakan bahwa pelajaran akan segera dimulai. Datanglah salah seorang guru, “asalamualaikum” guru tersebut melotarkan salam kepada siswa. “wa’alaikum salam”, dengan serentak siswa membalas. Gak tahu siapa yang memberikan aba-aba siswa bisa membalas salam dari guru secara bersama-sama. “pagi anak-anak”, kata guru. “pagi bu”, anak-anakpun menjawab. Anak-anak untuk saat ini, saya tidak bisa mengajar karena ada undangan rapat dari dinas. Jadi sekarang tugas saja ya, siapa yang suka nyatat. “lina bu”, salah seorang anak menjawab.
Dari cerita diatas, gak tahu ini hanya sebuah fiktif belaka atau memang kenyataan, dari pagi amir mempersiapkan diri untuk belajar disekolah orang tua amirpun ikut andil dalam memberikan pituah kepada amir agar belajar secara serius. Tah, semua orang tua zaman sekarang masih suka memberikan pituah atau tidak kepada anaknya atau tidak itu tidak menjadi alasan utama dalam cerita kali ini. Lalu, apa yang menjadi masalah. Sabar coy, semua ada masanya.  
Ok, ok kita mulai. Dalam undang-undang sisdiknas no 20 Tahun 2003 di jelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana. Lalu apa kaitannya dengan cerita tadi?, jelas adalah loe bacanya kurang cermat kali. Coba loe baca ulang!, hehehe. Jelas-jelas amir dan keluarganya sudah sadar dan merencanakan untuk belajar disekolah tapi kenapa dinas pendidikan mengganggu harus ngundang guru segala buat ikutan rapat. Kalau gak salah, di jepang noh. Satu-satunya alasan buat gak ikut rapat karena ada jadwal mengajar. Lah, dikita mendingan ikut rapat daripada ngajar. Hehehe. Lalu, lalu apa?. Lalu kalau untuk merumuskan sesuatu kan harus rapat, ya ialah harus rapat masa harus repot. Hehehe. Tentunya manusia diciptakan untuk berpikir, loe semua harus mikir donk jangan gue aja yang mikir tambahin atuh ceitanya!.
Sekarang gue cerita lagi nih yang kedua, suatu hari. Guru dating kekelas dan berkata “anak-anak mohon maaf nich, sekarang saya gak bisa masuk ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Sekarang tugas aja yua” kata guru, itu meberikan pernyataan gak bisa masuk “sekarang tugasnya nyata bab II, mana sekretarisnya” Tanya guru kepada siswa. Sekretaris kelaspun datang mengahampiri guru. Sang gurupun meninggalkan kelas dan kembali kekantor. Sesampainya dikantor guru tersebut bertanya kepada guru lain, “pak persyaratan buat sertifikasi udah selesai belum?” Tanya guru yang telah meberikan tugas. “belum bu”, kata guru, “aduh gimana ini padahalkan harus dikumpulkan besok”. Guru tersebut mengeluh karena persyaratan buat sertifikasi belum selesai. Sang guru pun duduk di kantor dan menyiapkan persyaratan sertifikasi.
Silahkan loe kasih komentar dech cerita ini bener apa fiktif. Saya secara pribadi terkadang suka bingung dengan pemerintah ini, ngakunya pengen bener dalam penyelenggaraan pendidikan tapi nyatanya pengen ngasih honor buat guru aja persyaratan meni seabreg, make istilah sertifikasi lagi. Buang-buang energy, buang-buang biaya terus buang apa lagi?, buang istilah kali. Asal jangan buang istri ajalah. Hehehe. kalau memang pengen ngasih duit. Kasih aja atuh, jangan pake sayarat tek-tek benget . Mie tek-tek kali enak, lah kalau tek-tek bengek yusahin tuch. Akhirnya, anak juga kan yang  jadi korban.
Selain dari itu, guru juga dituntut untuk buat administrasi yang seabreg, harus bikin inilah, itulah. Jadinya ini, itu kantong ajaib. Doraemon donk, hehehe. Akhirnya dari pada guru nyiapin materi atau bahasa kerennya ngapalin buat ngajar guru malah sibuk bikin adminstrasi buat ngajar. Guru malah sibuk bikin administrasi buat ngajar yang seabreg, duit kali seabreg enak, administrasi seabreg gak enak. Dari ngeluarin duit buat bikin administrasi mending dikeluarin buat bahan praktek siswa aja kan lebih bermanfaat hehehe. Atau mending buat gue ajalah, idih masalah duit aja pada pengen duluan.
Ya, ialah duitkan penting. Pentingan duit apa pentingan nasi buat makan hehehe. Becanda jangan diambil hati ntar struk baru tahu loe. Ngomong-ngomong soal duit, adagak orang yang nyisain duitnya buat beli buku hayooooo atau buat kasih hadiah dech buat anak yang pinter ntar yang lainya biar ikutan pinter karena pengen duit dari gurunya. Hehehe. Soalnya, gue lihat guru cukup dengan satu atau dua jenis buku aja, padahalkan didunia ini banyak sekali buku. Wey, jangan salah guru juga sering mengistilahkan buku adalah jendela dunia. Tapi kenapa gurunya jarang beli buku, hehe mendingan beli tas, sepatu, HP daripada beli buku hehehe. Asik donk tasnya udah segudang, urusan fashion no 1 urusan otak no berapa yua? Loe jawab dech! Otak gue udah ngehenk jawab yang kaya gituan mendingan gue nonton kartun doraemon dari pada jawab yang kaya gituan. Hehehe
Ngemeng-ngemeng, eh salah ngomong-ngomong soal pendidikan. Berapa kali yua Indonesia gonta-ganti kurikulum, ngeluarin banyak duit aja. Daripada bikin kurikulum mendingan, biayanya loe beliin dech alat praktek siswa. Terutama buat yang ada didaerah tertinggal, terbelakang. Tuh kaya diperbatasan kasihan gedungnya ada yang mau roboh segala, jangankan beli alat gedung aja udah mau roboh. Untung aja alamnya baik, gak dibikin roboh, hehe. Coba dech bayangin sama-sama, berapa duit yang keluar buat bikin kurikulum, belum biaya penelitiannya, belum biaya prumusananya, belum biaya uji studi kelayakannya, belum biaya pencetakanya. Tuh udah berapa duit, ya. Coba dech loe pada belajar itung-itungan kali satu juta per kegiatan udah berapa juta yang dikeluarkan kebeli gak computer satu unit. Kalau kebeli, buat gue aja dech komputernya gue lagi butuh nich, hehehe.
Ganti kurikulum, ganti admistrasi guru lagi gak? Ganti donk, udah jelas adminsitrasi guru juga kan ada tek-tek bengek. Ada istilah eksplorasilah, ada istilah elaborasi, terus apalagi banyak dech. Kalau loe guru pasti tahulah. Berapa duit tuh yang dikeluarin buat bikin kaya gituan, daripada loe keluarin buat bikin kaya gituan mendingan loe keluarin beli buku-buku motivasi dijamin loe bakalan nafsu ngajar. Hehehe. Jadi jangan isi perut aja yang dipikirin isi otak juga perlu dipikirin, loe lihat dech Thomas alpha Edison kurusnya minta ampun gak kaya gue gendut, atau kaya loe. hehehe.
Belum lagi guru dintuntut dalam satu semester harus selesai SK/KD. Padahalkan anak belum paham eh, ngasih materi kaya orang liat setan. Lari komprat-kamprit hehehe. Kayanya loe pada harus nonton tri idiot tuh biar pendidikan makin maju.
“bu do’a in amir, yua bu. Amir, mau ngadepin UN”, kata amir minta do’a restu pada ibunya. “ia, mir” ibu pun turut mendo’akan. Loe, pada bingung gak dengan adanya UN. Gue secara pribadi, bingung banget kenapa si musti ada UN segala. Emangnya hasil UN, bisa nyari makan buat siswa yang udah lulus. Nilai UN kan, hanya bisa nganterin loe sampe interview pada saat akan melamar kerja. Lalu, kesananya tergantung dari kemampuan seseorang untuk menjawab interview. Enak kaliya, nilai UN gue bisa nyari uang buat gue, terus guenya tinggal diem aja nunggu nilai itu datang menghampiri gue sambil bawa duit buat gue beli makan. Sori gue gak makan duit, tapi gue pake tu duit buat beli makan. Hehehe.
Pasalnya kenapa si harus ada UN segala, yang jelas gue kurang tahu pasti sie Visinya apa Mencerdaskan anak bangsa atau mencemaskan anak bangsa. Gue gak tahu jelas dech, biar para pakar pendidikan Indonesia yang ngejelasin. Gue kan bukan pakar pendidikan, gue cuman seseorang yang baru lulus kemarin sore. Hehehe, asik udah lulus kuliah. Ngomong-ngomong soal, UN yang bisa gue analisis, sie Indonesia pengen keliatan sama orang luar bahwa Indonesia pendidikan udah maju minimalnya udah setara sama amerika. Pendidikan kok dibawa kejalur politik hehehe, aduh pusing gue kalau mikir soal politik. Kagak ngerti gue, gini jangankan siswa yang di uji. Sekarang yang gampang uji aja dulu gurunya bisa gak?, hehehe. Gue aja sebagai guru, kalau disuruh jawab UN, kagak bisa sumpah dech mendingan gue nangis di depan mak gue daripada harus ngerjain soal UN. Pasalnya kenapa, gue bisa bilang kaya gituh, so buat masuk ke Fakultas Keguruan jauh labih mudah dibandingkan masuk ke Fakultas Kedokteroan.
So, banyak orang berkata kalau masuk kefakultas kedokteran harus lebih jeli dan lebih waspada karena nyangkut nyawa orang. Kadang gue aneh, kenapa orang berkata seperti itu. Kalau sudah berkata seperti itu, seolah-olah pendidikan gak penting. Padahal diluarsana, gak tahu di jepang atau diamana gue lupa yang jelas ketika perang terjadi bukan berapa jumlah tentara yang tersisa tapi yang ditanya berapa jumlah guru yang tersisa. Artinya, pendidikan merupakan hal yang penting dibandingkan dengan fakultas lain. Kenapa yang bisa bilang begitu, soalnya dalam pendidikan menyangkut pada perkembangan suatu Negara. Coba anda bayangkan berapa tahun Indonesia merdeka sudah berapa sumber daya mansuia indonesia yang memiliki kelas international adagak 50% dari jumlah penduduk atau jangan jauh-jauh adagak 25% dari jumlah penduduk.
Itu semua karena pendidikan yang kurang mumpuni, prodak pendidikan yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik pendidikan gak tahu zaman sekarang gak tahu masa yang telah terlewat itu menghasilkan sumber daya menusia yang mengantri untuk mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) ,BLSM apatuh istilahnya gue gak ngerti. Kenapa gue bisa bilang kaya gituh, buktinya banyak media masa yang menayangkan masyarakat rela ngantri demi mendapatkan BLSM, jadi masih sedikit sekali masyarakat yang produktif. Kenapa masyarkat gak produktif, saya sendiri gak tahu jelas kenapa masyarakat gak produktif. Yang jelas tidak sedikit masyaratkat Indonesia yang kreatif, buktinya banyak tuh diberita hasil kreatif masyarkat Indonesia. Tapi yang ngedukung hasil kreatifitas masyaratkat indonesi sedikit sekali yang saya tahu ada masyarakat Indonesia yang bisa merancang mobil tanpa bahan bakan yang dibawa oleh menteri BUMN. Gak tahu bener atau kagak, gue sedikit lupa. Itu sedikit sekali yang mendukung, ketika mobilnya gagal malah di olok-olok bukanya dibantuin ngedukung. Jika merujuk pada Thomas berpakali ia gagal, sedangkan masyarakat inodesia baru nyoba sekali gagal di olok-olok, bukanya di didukung suruh bikin lagi. Deh penit gue, mikirinnya coba aja kalau gue punya banyak duit gue suruh bikin seribu unit. Lumayanlah gak harus beli bensin. Hehehe.
Terus mobil esemka, itu kemana ujungnya. Ko kagak keliatan lagi di media masa, padahalkan menurut teori ekonomi. Jika kita mampu memanfaatkan hasil produksi dalam negeri, itu bisa menghemat dan mendorong kemajuan ekonomi suatu Negara daripada harus import terus, mendingan kita produksi sendiri kan lumayan bisa menghidupi diri sendiri. Hehehe so pinter gue, maaf yua. Tapikan Indonesia gak ada dana buat produksi masal. Kalau gak ada dana, kenapa meni kekeh kudu aya UN, berapa triliun dana untuk UN. Kalau dilimpahkan ke produksi mobil atau motor dalam negeri udah berapa unit tuh. Jadi saya rekomendasikan kepada loe semua buat nonton tri idiot top markotok dech.
Terus potensi Indonesia itu tidak hanya benih besi, tembaga, mas, perak dan bahan bakar aja. Masih ada potensi lain yang tidak pernah terurus secara layak. Salah satu contohnya di bidang agraris, kenapa sedikit sekali masyarakat atau pemerintah yang mengarahkan peserta didik untuk menggeluti bidang pertanian. Kenapa harus otomotif, elektronik dan computer aja. Padahal jika, menurut pepatah tanah Indonesia itu tanah surga tongkat dan kayupun jadi tanaman. Tapi kenapa Indonesia masih harus import beras, atau emang gue yang salah denger ya. Kalau salah tolong ingetin ya, jangan dimarahin hihihi takut.
Jika dicermati jumlah wilayah Indonesia itu sangat luas coy, dibandingkan dengan Negara lain. Jadi lahan untuk bercocok tanampun cukup luas juga tapi kenapa tidak mencukupi, untuk memenuhi kebutuhan penduduk. Kalaupun memang ada kenapa justru lebih mahal, dibadingkan dengan hasil import. Coba dech, kaji secara mendalam kenapa hasil panen pertanian Indonesia lebih sedikit dibandingkan dengan hasil panen Negara luar. Padahal adakan SMK atau Fakultas Pertanian tapi kenapa pertanian Indonesia tidak maju-maju. Saya pikir alasannya cuman satu gak ada dana/ biaya kalau gak ada dana/ biaya kenapa harus ada program gunta-ganti kurikulum, kenapa harus ada program sertifikasi, kenapa harus ada program fungsional itu semua memakai dana kan tentunya memakai pengelola dana pengelola itu digajih kenapa gak dipangkas aja pengelola sertifikasi, fungsional, penggantian kurikulum dan satu lagi UN. Ke pendanaan pada bidang agraris. Itukan lebih efisien dan lebih efektif. Hehehe kalau memang pemerintah punya niat untuk menggajih guru, terlepas guru itu PNS atau Non PNS kasih aja tidak perlu bikin persyaratan tek-tek bengek apalagi pake system, pelatihan segala macem yang ujung-ujungnya ngeluarin dana. Kalau gak ada tek-tek bengek biayanya dapat dialokasikan untuk meningkatkan atau memenuhi kebutuhan orang-orang kreatif seperti Esemka dll dech banyak banget orang kreatif tapi tidak ada modal.

Share Post:

Yogi Iskandar


Yogi Iskandar

Yogi Iskandar

Sponsor By:

SUBSCRIBER


SUBSCRIBER

Iklan_Foot