Kisi-kisi
Mata Kuliah : Dasar
Kependudukan
Semester : II (dua)
Prodi :
Kesehatan masyarakat
1.
Pertambahan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu dan dapat
dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi
menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran.
2.
Fertilitas, Mortalitas dan Migrasi
3.
Demografi
4.
Perhitungan Fertilitas, mortalitas dan migrasi
5.
Pertumbuhan pendidikan!
Kisi- Kisi
Mata Kuliah : Perencanaan
Pembelajaran
Semester : II (Dua)
1.
Perencanaan dapat diartikan
sebagai proses penyusunan materi pelajaran; penggunaan media, pendekatan dan
metode; serta penilaian; dalam suatu alokasi waktu yang akan dilaksanakan pada
masa tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan .
2.
Mulyani
Sumantri, dkk (1999: 42) model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang
melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar
untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu, dan memiliki fungsi sebagai
pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan
melaksanakan aktifitas belajar mengajar.
3.
Ciri-ciri pendekatan sistem pembelajaran, yaitu ada dua ciri
utama, yakni:
a.
Pendekatan sistem sebagai suatu pandangan tertentu mengenai
proses pembelajaran dimana berlangsung kegiatan belajar mengajar, terjadinya
interaksi antara siswa dan guru, dan memberikan kemudahan bagi siswa untuk
belajar secara efektif;
b.
penggunaan metodologi untuk merancang sistem pembelajaran
yang meliputi prosedur perencanaan, perancangan, pelaksanaan dan penilaian
keseluruhan proses pembelajaran yang tertuju pada konsep pencapaian tujuan
pembelajaran.
4.
Media dan dan strategi pembelajaran
PRODI: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Kisi-kisi
Mata Kuliah : Media
Pembelajaran
Semester : IV (Empat)
1.
Media dalam pengertiannya adalah,
secara bahasa media dari bahasa Latin ‘MEDIUS’ berarti ‘tengah’, ‘perantara’,
atau ‘pengantar’. Bahasa Arab (وسائل) berarti perantara atau pengantar
pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Media secara garis besar adalah
manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu
memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Secara khusus media diartikan
alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan
menyusun kembali informasi visual atau verbal (Gerlach & Ely, 1971).
2.
media pembelajaran
Mata Kuliah : Micro Teacing
Semester : VI (Enam)
1.
Perangkat pembelajaran merupukan
hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam
KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan
pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan,
dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk
melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan
kegiatan pembelajaran.
2.
apersepsi, penjelasan materi ajar dan releksi.
3.
Menggunakan bahasa, penampilan,
gerak, dan waktu selang dalam pembelajaran mengelola kelas dalam pembelajaran
Mata Kuliah : Pembelajaran
IPS
Semester : VI (Enam)
1.
Pewarisan Nilai Kewarganegaraan (Citizenship Transmission)
2.
IPS Diajarkan Sebagai Pendidikan Ilmu- Ilmu Sosial
3.
Pembelajaran
IPS terdiri dari apektif, psikomotrik dan kognitif.
4.
Pengembangan
Kurikulum, Perangkat Pembelajaran, dan Materi Ajar.
5.
strategi, model, metode dan media pembelajaran.
6.
Pembelajaran IPS adalah pembelajaran yang bersifat pedagogis yang selalu
berubah berdasarkan kondisi realita yang sedang terjadi.