UNIVERSITAS ISLAM AL-IHYA KUNINGAN
                   
Saudara mahasiswa Universitas
Islam Al- Ihya Kuningan, Program Studi Kesmas, PGMI dan PGSD yang saya hormati,
dalam blog ini saya sampai Tugas-
tugas yang harus disusun dan dibuat guna meningkatkan kajian empiris
sdr. Saya terakan tugas dengan membuat makalah  menggunakan metode wawancara dan study pustaka
sebagai salah satu metode dalam penelitian.
Tentunya ada
perbedaan antara sdr mahasiswa dengan siswa. Perbedaan tersebut berada pada
landasan berpikir sdr. Cara berpikir sdr berlandaskan pada “TRI DHARMA
PERGURUAN TINGGI”  yang didalamnya
terdiri dari (Akademik, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat”. Dalam tugas ini,
saya mencoba untuk merealisasikan sedikit pada bidang penelitian, dengan
harapan sdr memiliki pradigma yang berlandaskan pada kajian ilmiah dan mampu
menelaah secara sistematis dan metodis sehingga sdr dapat memahami kondisi
masyarakat dan mempersiapkan diri untuk mengabdi kepada masyarakat.
Demikian dari
saya, semoga Tuhan Yang Maha Esa dan memberikan ilmu dan kemudahan kepada kita
dalam mencapai semua harapan kita. Amin!!!
Fakultas           : Kesehatan
Prodi                : Kesehatan Masyarakat
Semester         : 1        Mata Kuliah    :
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
Tugas Makalah dan
presentasi
Tugas paper kelompok maksimum …….
orang. Pilih salah satu judul dari topik:
1.      Konsep
Pemahaman Masyarakat bermoral dan
taat hukum
2.      Dinamika sosial budaya
3.      Problema kebudayaan
Mahasiswa melakukan wawancara kepada
masyarakat diwilayah yang ditentukan oleh mahasiswa. Buatlah Makalah dengan
menyertakan latar belakang masalah, beserta pembahasan masalah, kesimpulan dari
topik yang Anda pilih, dan daftar pustaka.
Tugas Mandiri
Mahasiswa membuat resume dengan
metode study pustaka yang berkaitan dengan topik yang akan dibahas pada
pertemuan yang akan datang dikumpulkan dalam bentuk hard ditulis tangan dengan
menyertakan daftar pustaka
Fakultas           : Agama Islam
Prodi                : Pendidikan Guru Madrasah
Iptidaiyah (PGMI)
Semester         : 7       Mata Kuliah    :
Inovasi Pendidikan
Tugas Makalah dan
presentasi
Tugas paper kelompok maksimum …….
orang. Pilih salah satu judul dari topik:
1.     
Strategi Inovasi Pendidikan di MI
2.     
Inovasi Kurikulum di MI
3.     
Inovasi pembelajaran di MI
4.     
Keputusan Inovasi di MI
Mahasiswa melakukan wawancara kepada MI
diwilayah yang ditentukan oleh mahasiswa. Buatlah Makalah dengan menyertakan
latar belakang masalah, beserta pembahasan masalah, kesimpulan dari topik yang
Anda pilih, dan daftar pustaka.
Tugas Mandiri
Mahasiswa membuat artikel dengan
metode study pustaka yang berkaitan dengan topik:
-  Konsep
dasar inovasi
-  Proses keputusan inovasi
- Strategi dalam inovasi pendidikan
- Konsep e- Learning
- Model proses inovasi pendidikan
- Difusi dan dimensi inovasi
- Inovasi dan modernisasi
- Kurikulum
MI
- Pengembangan model pembelajaran melalaui internet
- Inovasi
pembelajaran
- Strategi
dan metode pembelajaran
Tugas dikumpulkan
dalam bentuk hard dan softcopy, hard copy ditulis tangan dan softkcopy dikumpulkan
oleh satu mahasiswa dikirim via email: yiskandar2@gmail.com
 
Fakultas           : Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Prodi                : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(PGSD)
Semester         : 1        Mata Kuliah    :
Konsep Sosial Dasar IPS
Tugas Makalah dan
presentasi
Tugas paper kelompok maksimum …….
orang. Pilih salah satu judul dari topik:
1.     
Konsep Pemahaman IPS pada siswa SD Kelas 6
2.     
Konsep Pemahaman stuktur pranata dan proses
sosial pada siswa SD Kelas 6
3.     
Konsep pemahaman Prinsip dasar pemerintahan, Undang-undang, dan
hukum pada siswa kelas 6
4.     
Konsep Pemahaman pemerintahan, warga negara,
warga masyarakat dan Negara pada siswa kelas 6 SD
Mahasiswa melakukan wawancara kepada
masyarakat diwilayah yang ditentukan oleh mahasiswa. Buatlah Makalah dengan
menyertakan latar belakang masalah, beserta pembahasan masalah, kesimpulan dari
topik yang Anda pilih, dan daftar pustaka.
Tugas Mandiri
Mahasiswa membuat resume dengan metode study pustaka yang berkaitan
dengan topik yang akan dibahas pada setiap pertemuan. dikumpulkan dalam bentuk
hard ditulis tangan dengan menyertakan daftar pustaka
 dan softkcopy dikumpulkan oleh satu mahasiswa dikirim
via email: yiskandar2@gmail.com
Semester         : 3        Mata Kuliah    :
Teknologi Informasi dan Komunikasi 
Tugas Makalah
Tugas paper kelompok maksimum …….
orang. Pilih salah satu judul dari topik:
1.     
Pemanfaatan TIK oleh
guru SD 
2.     
Pemanfaatan TIK dalam
pembelajaran di guru SD
3.     
Sistem data di SD
4.     
Pemanfaat Grafic dalam
kegiatan pembelajaran di SD
Mahasiswa melakukan wawancara kepada
guru SD diwilayah yang ditentukan oleh mahasiswa. Buatlah Makalah dengan
menyertakan latar belakang masalah, beserta pembahasan masalah, kesimpulan dari
topik yang Anda pilih, dan daftar pustaka.
Tugas Mandiri
Mahasiswa membuat artikel dengan
metode study pustaka yang berkaitan dengan topik:
1.     
Mengeoprasikan MS. Office
2.     
Mengoprasikan Presentation
3.     
Mengoprasikan Corel Draw
4.     
Mengacces Internet
5.     
Mengoprasikan Photoshop
6.     
Membuat Blog
Tugas
dikumpulkan dalam bentuk hard dan softcopy, hard copy ditulis tangan dan
softkcopy dikumpulkan oleh satu mahasiswa dikirim via email: 
yiskandar2@gmail.com
Semester         : 5        Mata Kuliah    :
Teknologi Pembelajaran 
Tugas Makalah dan
presentasi
Tugas paper kelompok maksimum …….
orang. Pilih salah satu judul dari topik:
1.     
Disain/perancangan
Teknologi Pembelajaran pada guru SD 
2.     
Pemanfaatan Teknologi
Pembelajaran oleh guru SD
3.     
Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Teknologi Pembelajaran di SD
4.     
Pengembangan Teknologi Pembelajaran di SD
Mahasiswa melakukan wawancara kepada
guru SD diwilayah yang ditentukan oleh mahasiswa. Buatlah Makalah dengan
menyertakan latar belakang masalah, beserta pembahasan masalah, kesimpulan dari
topik yang Anda pilih, dan daftar pustaka.
Tugas Mandiri
Mahasiswa membuat artikel dengan
metode study pustaka yang berkaitan dengan topik:
 
  | 
1.     
  Landasan histories
  Perkembangan Teknologi Pembelajaran | 
  | 
2.     
  Educational
  Technology ke arah  | 
  | 
3.     
  Kawasan Teknologi
  Pembelajaran  | 
  | 
4.     
  Disain/perancangan
  Teknologi Pembelajaran  | 
  | 
5.     
  Pengembangan Teknologi
  Pembelajaran | 
  | 
6.     
  Instructional
  Technology | 
  | 
7.     
  Evaluasi Teknologi
  Pembelajaran | 
  | 
8.     
  Faktor-Faktor yang
  Mempengaruhi Teknologi Pembelajaran | 
  | 
9.     
  Praktek Teknologi
  Pembelajaran | 
  | 
10.  Aplikasi dan Prospek Teknologi Pembelajaran  | 
  | 
11.  Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pembelajaran  | 
  | 
12.  Konsep Pemahaman Teknologi Pembelajaran | 
  | 
13.  Peralatan Tekologi Pembelajaran | 
  | 
14.  Optimaliasasi Teknologi Pembelajaran | 
  | 
15.  Strategi dalam pembelajaran dengan
  teknologi | 
Tugas dikumpulkan dalam bentuk hard dan softcopy,
hard copy ditulis tangan dan softkcopy dikumpulkan oleh satu mahasiswa dikirim
via email yiskandar2@gmail.com