Iklan_1

Education & Financial Konsulting

Education & Financial Konsulting
Education & Financial Konsulting

Agrobisnis & Pariwisata

Agrobisnis & Pariwisata
Agrobisnis & Pariwisata

Digital & Network Development

Digital & Network Development
Digital & Network Development

POMPA AIR HIDROLIK SISTEM TANPA LISTRIK DAN BENSIN



A.    Konsep Pompa Air
Pompa  adalah alat atau mesin yang digunakan untuk memindahkan barang-barang ke tempat yang berbeda dari media yang digunakan dengan cara menambahkan energi pada cairan yang berpindah dan terus secara terus menerus. (Bayu Gilang Permono: 2018)
Pompa adalah suatu alat yang digunakan untuk memindahkan suatu cairan dari suatu tempat ke tempat lain dengan cara menaikkan tekanan cairan tersebut. Kenaikan tekanan cairan tersebut digunakan untuk mengatasi hambatan-hambatan pengaliran. Hambatan-hambatan pengaliran itu dapat berupa perbedaan tekanan, perbedaan ketinggian atau hambatan gesek. Pada prinsipnya, pompa mengubah energi mekanik motor menjadi energi aliran fluida.  Energi yang diterima oleh fluida akan digunakan untuk menaikkan tekanan dan mengatasi tahanan – tahanan yang terdapat pada saluran yang dilalui. (mangihot: 2018)
Berdasarkan teori diatas bahwa sistem kerja pompa adalah memindahkan cairan dari satu tempat ketempat lain dan memiliki konsistensi sehingga pemindahan ini. Dalam hal ini air yang bersuber dari kali di tarik/ hisap kemudian di dorong oleh pompa untuk mengairi sawah.

B.     Konsep Hidrolik Sistem
Sistem hidrolik adalah suatu system pemindah tenaga dengan menggunakan zat cair atau fluida sebagai perantara. Sistem hydraulic ini mempunyai banyak keunggulan dibanding jika menggunakan sistem mekanikal.
Adapun keuntungannya adalah sebagai berikut:
1.      Dapat menyalurkan torque dan gaya yang besar
2.      Pencegahan overload tidak sulit
3.      Kontrol gaya pengoperasian mudah dan cepat.
4.      Pergantian kecepatan lebih mudah
5.      Getaran yang timbul relatif lebih kecil
6.      Daya tahan lebih lama. 
Hidrolik terbagi dalam 2 bagian :
1.      Hidrodinamika : yaitu Ilmu yang mempelajar tentang zat cair yang bergerak
2.      Hidrostatik : yaitu Ilmu yang mempelajari tentang zat cair yang bertekanan
Pada hidrostatik adalah kebalikan dari Hidrodinamika yaitu zat cair yang digunakan sebagai media tenaga, zat cair berpindah menghasilkan gerakan dan zat cair berada dalam tabung tertutup

Tekanan dan Gaya
Untuk menimbulkan tekanan maka fluida harus dikompress. Jumlah fluida yang dikompress dan nilai tekanan tergantung dari gaya yang digunakan untuk mengalirkan fluida dan gaya gaya yang menghambat (resisting) aliran fluida.
Pompa hydraulic menyebabkan gerakan aliran fluida dan resisting yang diakibatkan oleh sikuit hydraulic. (Fortek Pembangunan :2018)
Hidrolik yang berfungsi sebagai penarik dan pendorong, dalam hal ini difungsikan untuk menarik dan mendorong air dari sungai dan dorong menuju kesawah, dengan menggunakan sistem hidrolik mengahasilkan tenaga yang besar untuk menjakau daerah yang tinnggi dan tidak memerlukan rotasi/ putaran yang tinggi dalam menghisap dan mendorong air. 

C.    Kincir Air
Kincir air adalah komponen putaran air yang memberikan energi pada poros yang berputar. Kincir air merupakan sarana untuk merubah energi air menjadi energi mekanik berupa torsi pada poros kincir. (indonesiastudents: 2018).
Melalui tenaga mekanika yang dihasilkan dari arus air kali, dapat memberikan tenaga untuk mendorong hidrolik sehingga hidrolik dapat berfungsi sebagai penghisap dan pendorong air.

D.    Pompa Air Hidrolik Sistem


Gambar 1
Pompa Sistem Hidrolik

Sistem kerja pompa air hidrolik, sumber tenaga berasal dari arus air yang berfungsi untuk memutarkan kincir air. Dari sumber tenaga tersebut di pindahkan tenaganya ke hidrolik sistem yang berfungsi untuk menarik dan mendorong air. Agar air bisa terhisap maka menggunakan dua lubang pipah yang terdiri dari pipah masukan dan pipah pembuangan. Pipah masukan berfungsi untuk menghisap air dan pipah buang berfungsi untuk mendorong air. Ketika hidrolik mendorong maka harus ada alat yang berfungsi untuk menghadang agar air tidak keluar pada bagian pipah yang berfungsi untuk menghisap. Alat yang digunakan untuk menghadang air supaya tidak keluar  bagian hisap pipah menggunakan klep. Klep tersebut akan terbuka ketika hidolik ditarik/ menarik air dan akan tertutup ketika hidrolik sedang mendorong air. Begitupun dengan bagian keluar/ mendorong air klep akan tertutup jika hidrolik sedang menghisap air dan klep akan terbuka jika  hidrolik medorong air,




Share Post:

Yogi Iskandar


Yogi Iskandar

Yogi Iskandar

Sponsor By:

SUBSCRIBER


SUBSCRIBER

Iklan_Foot