Ujian Tengah Semester
Universitas Islam Al- Ihya Kuningan
Fakultas Kesehatan
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Semester : I (satu)
Mata Kuliah : Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
1.
Ilmu sosial dasar ( Basic Sosial Studies ) bukan
suatu disiplin ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri melainkan, hanyalah suatu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan
manusia sebagai makhluk sosial dan
masalah masalah sosial yang terwujud dari padanya. Sedangkan, Ilmu Budaya Dasar ( Basic humanities): Adalah
pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
a.
Berdasarkan
uraian diatas, bagaimana konsep ISBD dalam persepsi pemikiran sodara dalam
pebangunan sikap yang berdasarkan ilmu sosial dan berbudaya?
b.
Bagaimana
ciri manusia yang memiliki pemahaman ilmu sosial dan ilmu budaya, serta wujud
realisasi dari pemhaman ilmu tersebut?
2.
Dalam
ISBD mengkaji tentang, Manusia sebagai individu dan mahluk sosial serta Manusia dan Peradaban. Jelaskan ke empat aspek tersebut!
3.
Manusia
selaku individu mempunyai 3 naluri,yaitu :
a.
Naluri
untuk mempertahankan kelangsungan hidup.
b.
Naluri
untuk mempertahankan kelanjutan penghidupan keturunan.
c.
Naluri
ingin tahu dan mencari kepuasan.
Jelaskan
ke tiga aspek tersebut dalam pemahaman manusia sebagai mahluk individu dan
mahluk sosial serta budaya!
4.
Dalam ISBD mengkaji tentang Etika dan Estetika budaya, jelaskan pengertian Etika dan Estetika serta
bagaimana pemahaman konsep tersebut dalam kajian kesehatan masyarakat?
5.
Bagaimana
konsep pamahaman budaya dan pengaruh budaya dalam kehidupan manusia?
Ujian Tengah Semester
Universitas Islam Al- Ihya Kuningan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester : 1 (Satu)
Mata Kuliah : Konsep Dasar IPS
1.
Konsep
dasar ips adalah poko atau pangkal pendapat dalam menyelediki, menemukan, dan
meningkatkan pemahaman tentang informasi untuk memahami, mempelajari sesuatu
yang lahir, tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat.
a.
Jelaskan
pengertian tersebut!
b.
Kenapa
IPS menjadi salah satu mata pelajaran di SD?
2.
Terdapat persyaratan ilmu, sehingga hal
tertentu dapat dikatakan ilmu, yang diantaranya sebagai berikut: Objektif, Metodis, Sistematis, dan
Universal.
Jelaskan ke empat aspek tersebut!
3.
Jelaskan
Konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial: Sejarah ,Geografi , Ekonomi, Koperasi, Politik,
Pemerintahan, Sosiologi, Psikologi sosial, dan Antropologi!
4.
Jelaskan pengertian Stuktur pranata dan
proses sosial!
5.
Jelaskan Prinsip dasar pemerintahan,
Undang-undang, hukum dan pemerintahan, Warga Negara, warga masyarakat dan
Negara.
Ujian Tengah Semester
Universitas Islam Al- Ihya Kuningan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester : V (Lima)
Mata Kuliah : Teknologi Pembelajaran
1.
Teknologi pembelajaran merupakan usaha
sistematis dalam merancang, melaksanakan, dan mengavaluasi keseluruhan proses
belajar untuk suatu tujuan pembelajaran khusus, serta didasarkan pada
penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi
sumber manusia dan nonmanusia agar belajar dapat berlangsung efektif.
a.
Jelaskan
maksud dari usaha sistematis dalam teknologi pembelajaran!
b.
Jelaskan
pemahaman teknologi pembelajaran dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar
efektif!
2.
Jelaskan
Pergeseran Istilah Educational Technology ke arah Instructional Technology?
3.
Persepsi
berpikir teknologi pembelajaran terdiri atas:
a.
Teori
dan praktik
b.
Desain,
Pengembangan, Penggunaan, Manajeman dan Evaluasi
c.
Proses
dan sumber untuk belajar
Jelaskan ketiga
aspek tersebut?
4.
Bidang
atau kawasan Teknologi Pembelajaran terdiri atas:
a.
Sumber
belajar dengan lingkup yang luas, meliputi materi, alat (tools/equipment),
manusia, dan lingkungan.
b.
Belajar
individual atau personal
c.
Pendekatan
sistem
Jelaskan
Ketiga Aspek tersebut?
5.
Jelaskan
kawasan teknologi pembelajaran serta bagaimana strategi dalam
Disain/perancangan Teknologi Pembelajaran PGSD?
Ujian Tengah Semester
Universitas Islam Al- Ihya Kuningan
Fakultas Agama Islam
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Iptidaiyah
Semester : VII (Tujuh)
Mata Kuliah : Inovasi Pendidikan
1.
Inovasi
pendidikan diambil dari dua kata yakni Inovasi “innovation” sering
diterjemahkan segala hal yang baru atau pembaharuan dan Pendidikan. Inovasi
adalah memperkenalkan ide baru, barang baru, pelayanan baru dan cara-cara baru
yang lebih bermanfaat.
a.
Jelaskan
pengertian pendidikan!
b.
Bagaimana
konsep inovasi dalam pendidikan!
2.
Jelaskan persamaan dan perbedaan modernisasi
dan inovasi!
3.
Jelaskan
karakteristik inovasi pendidikan!
4.
Proses
inovasi pendidikan terdiri atas:
a.
Difusi
dan dimensi inovasi
b.
Proses
keputusan inovasi
c.
Model
proses inovasi pendidikan
Jelaskan ketiga
aspek tersebut bagaimana strategi dalam penerapan inovasi dalam pendidikan!
5.
Jelaskan
pentunjuk penerapan inovasi dalam pendidikan!